Desember 8, 2022

Speedometer mobil adalah komponen di kabin mobil yang menunjukkan informasi mengenai jarak tempuh, temperatur mesin, kecepatan, serta RPM dan konsumsi bahan bakar pada mobil.

Pada speedometer juga terdapat lampu indikator sebagai penanda dari kondisi setiap bagian mobil, seperti indikator bahan bakar, check engine, airbag, air radiator, suhu mesin, dan lainnya.

Tak jarang, lampu speedometer mobil mati dan ini tentu membuat pemilik atau pengendara mobil kesulitan mengetahui kondisi mobil.

Lantas, apa fungsinya? Apa yang harus dilakukan bila lampu speedometer mobil mati? Bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengetahui lebih jauh, kalian wajib membaca tulisan ini sampai selesai!

Fungsi speedometer mobil

Bicara lebih jauh soal speedometer, ini merupakan komponen yang menyajikan layar berupa indikator penunjuk kondisi mesin. 

Komponen mobil satu ini terletak di balik setir kemudi, lokasinya berdekatan dengan odometer mobil. Melalui speedometer, pengemudi bisa mengetahui berbagai hal terkait kondisi mobil. Berikut ini kegunaan speedometer mobil.

  1. Mengetahui informasi tentang kapasitas atau volume bahan bakar
  2. Menampilkan informasi mengenai kecepatan mobil sehingga pengendara bisa mengatur laju mobil secara optimal
  3. Menampilkan informasi tentang posisi gigi transmisi serta menunjukkan kondisi lampu mobil, baik dalam keadaan menyala ataupun mati
  4. Mendapatkan informasi mengenai jarak tempuh yang sudah dilalui dalam satuan kilometer
  5. Mengetahui informasi mengenai temperatur udara di mobil 

Jadi, keberadaan speedometer bukan sekadar untuk mempercantik interior kendaraan, melainkan untuk menyajikan berbagai informasi penting terkait kendaraanmu.

Bagian-bagian speedometer mobil

Ada beberapa bagian dari komponen speedometer yang mungkin belum dipahami banyak orang. Berikut ini bagian-bagian speedometer.

1. Angka dan jarum

Pada speedometer, bagian yang akan paling terlihat adalah deretan angka disertai dengan jarum menyerupai jarum jam. Angka pada speedometer menunjukkan kecepatan.

Ketika jarum menunjuk ke arah angka tertentu, artinya kecepatan mobilmu saat itu sesuai dengan angka yang tertera dan ditunjuk oleh jarum.

Selain itu, angka dan jarum juga akan menginformasikan mengenai kondisi bahan bakar mobil, apakah sudah tercukupi atau sudah hampir habis.

Saat bahan bakar hampir habis, jarum pada speedometer akan bergerak turun menuju huruf ‘E’. Sementara, jika masih penuh, maka jarum akan menunjuk ke arah atas yang tertera huruf ‘F’.

2. Dudukan speedometer

Kamu juga akan melihat adanya dudukan speedometer yang menjadi penyangga atau tempat bagi speedometer untuk dipasang pada mobil. Dudukan ini juga menjadi tempat untuk memasang kaca pelindung.

3. Roda penggerak

Roda penggerak adalah roda berbentuk bulat kecil yang menjadi poros dari jarum speedometer. Roda inilah yang menggerakkan jarum agar jarum bisa berada di posisi yang sesuai dengan kecepatan mobil pada saat itu.

Cara kerja speedometer mobil

Ada dua jenis speedometer, yaitu speedometer analog atau speedometer digital. Masing-masing memiliki cara kerja yang berbeda. Berikut ini penjelasannya.

1. Speedometer digital mobil

Speedometer digital menggunakan angka digital untuk menunjukkan kecepatan mobil. Jenis speedometer ini digunakan pada kendaraan modern dan bekerja dengan menggunakan energi magnetik.

Sistem gir pada roda depan mobil akan disambungkan dengan cluster mobil. Pada cluster, terdapat kawat speedo yang menyambungkan dengan optocoupler.

Optocoupler inilah yang akan menghasilkan sinyal logic 1 untuk mengkalkulasi angka. Angka tersebut nantinya akan dimunculkan pada layar LCD untuk menunjukkan kecepatan mobil.

2. Speedometer analog

Jenis yang kedua adalah speedometer analog. Sebelum ada speedometer digital, sebagian besar kendaraan hanya bisa menggunakan speedometer analog. Oleh sebab itu, jenis ini lebih banyak ditemukan pada mobil lama.

Cara kerjanya dengan menghubungkan antara poros roda kendaraan dengan roda penggerak pada speedometer menggunakan kabel. 

Cara memperbaiki speedometer digital mobil

Ada beberapa kerusakan yang dapat terjadi pada speedometer digital. Beberapa di antaranya adalah jarum speedometer mobil goyang, lampu speedometer mobil mati, ada tanda seru di speedometer mobil, dan lainnya.

Untuk dapat mengetahui sumber kerusakan, perlu dilakukan pengecekan satu per satu pada bagian speedometer. Berikut ini caranya: 

  1. Cabut semua pin yang tersambung ke speedometer, lalu pasang kembali
  2. Jika speedometer masih rusak atau eror, diperlukan pengecekan kabel satu per satu pada pin tersebut
  3. Cek menggunakan volt meter untuk memastikan bahwa semua pin atau kabel tidak ada masalah

Setelah diketahui penyebabnya, kamu bisa menyesuaikan upaya perbaikan dengan penyebab tersebut. Berikut ini beberapa caranya.

1. Cara memperbaiki jika panel rusak

Untuk masalah speedometer mati yang dikarenakan panel rusak, tindakan terbaik mengatasinya adalah mengganti satu paket speedometer. 

Jika kalian hanya mengganti pada bagian panel yang rusak, hal ini justru akan memakan lebih banyak biaya. Pasalnya, harga satu panel jauh lebih mahal daripada satu paket panel.

2. Cara memperbaiki jika ada masalah sistem kelistrikan

Lantas, bagaimana jika speedometer mati lantaran masalah sistem kelistrikan? Jiak begini, kalian sebagai pemilik mobil dapat mencari sumber kerusakannya terlebih dulu. 

Atau kalian bisa membawa mobil ke bengkel untuk dicek sumber masalahnya. Setelah ditemukan, lakukan penggantian hanya pada komponen rusak dan tidak perlu keseluruhan. 

Mengingat penyebab speedometer mati kebanyakan berasal dari komponen dalam mesin maupun sistem kelistrikan, kalian perlu menyerahkan masalah ini ke pihak bengkel yang lebih profesional.

Cara mengatasi speedometer mobil mati

Ada beberapa faktor yang menyebabkan lampu speedometer mati. Menurut situs resmi Auto2000, ada tiga kemungkinan yang menyebabkannya. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mati karena masalah sistem kelistrikan

Speedometer pada dasarnya memiliki hubungan erat dengan sistem kelistrikan mobil. Dengan demikian, jika sistem kelistrikan mobil mengalami gangguan, speedometer juga bisa terganggu atau bahkan mati. 

Untuk memastikan penyebab speedometer mati adalah masalah sistem kelistrikan, pemilik kendaraan atau pihak bengkel perlu memeriksa jalur kabel yang menuju speedometer.

2. Panel error

Faktor kedua yang kemungkinan menyebabkan speedometer mati adalah panel error. Pada umumnya, jika ada panel yang rusak, lampu bisa mati. Meski panel yang rusak hanya satu, hal ini tetap memengaruhi lampu indikator speedometer.

Untuk memastikan penyebab lampu speedometer mati adalah panel error, pemilik kendaraan atau pihak bengkel dapat menggunakan alat bernama scan tool. Panel yang kedapatan rusak perlu segera diganti dengan yang baru.

3. Kerusakan pada sensor

Hal ketiga yang kemungkinan membuat lampu speedometer mati adalah sensor speedometer rusak pada kendaraan dengan sensor elektronik. Sebagai informasi, sensor ini terletak pada bagian transmisi.

Jika sensor speedometer kendaraan rusak, soket longgar dan terlepas, hingga gear transducer aus, pengemudi tidak dapat memprediksi kecepatan kendaraan. 

Kerusakan ini juga memicu lampu check engine menyala pada kebanyakan mobil Engine Fuel Injection (EFI).

Pada tipe kendaraan dengan rem ABS, sensor kecepatan juga terpasang pada roda-roda. Akibatnya, jika sistem rem ABS mengalami kerusakan, kondisi tersebut sudah pasti jadi penyebab speedometer mati. 

Sementara itu, untuk kendaraan yang masih menggunakan tali speedo, putusnya tali dapat menyebabkan speedometer tidak bergerak.

Biaya service speedometer mobil

Biaya servis ini sebenarnya berbeda-beda, tergantung jenis mobil, tingkat keparahan kerusakan, serta lokasi bengkel yang didatangi. Dilansir dari Otoklix, secara garis besar berikut biaya service speedometer mobil.

Jenis kerusakan Biaya
Ganti speedometer copotan Rp650 ribu- Rp1,2 juta
Integrated Circuit Rp900 ribu- Rp1,4 juta
Service speedometer digital Rp350 ribu
Jarum speedometer tidak bergerak Rp600 ribu
Jarum speedometer melemah Rp150-300 ribu
Jarum temperatur mesin tidak bergerak Rp100 ribu
Kerusakan pada speedometer digital Rp200 ribu

Gambar speedometer mobil

speedometer mobil

Jangan lupa juga dengan asuransi mobil

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, lampu pada speedometer bisa mengindikasikan masalah yang terjadi pada kendaraanmu. Karenanya kamu harus memperhatikannya.

Seperti yang sudah diketahui juga, biaya perawatan dan perbaikan mobil itu tidak sedikit. Pastinya, kamu enggak mau kan kalau uang tabungan dan dana investasimu terkuras karenanya.

Dengan adanya asuransi mobil kamu enggak perlu mengkhawatirkannya lagi. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan jaminan finansial berupa ganti rugi perbaikan ataupun kehilangan mobil.

Kalau kamu masih bingung jenis asuransi mobil apa yang cocok untukmu, kamu bisa mengisi kuis asuransi mobil terbaik berikut untuk mengetahuinya:

Pertanyaan seputar speedometer mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.