Desember 4, 2022

Baik oli gardan mobil maupun oli transmisi merupakan komponen penting yang dapat membantu menyalurkan tenaga ke ban. Meskipun mirip, keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Umumnya, oli gardan ini membantu melumasi gardan dalam mengatur kecepatan ban saat kendaraan berbelok. Tanpa gardan, ban kiri dan kanan mobil akan bekerja dengan kecepatan yang sama.

Idealnya, gardan kiri dan kanan harus memiliki kecepatan yang berbeda terutama saat mobil berbelok. Agar tidak macet, kehadiran oli gardan ini menjadi penting untuk membuat setiap belokan terasa enteng.

Apa itu oli gardan mobil?

Oli gardan mobil adalah oli yang dipakai sebagai pelumas gigi mobil. Tujuan utama digunakannya oli gardan adalah memaksimalkan performa mesin mobil. 

Pada dasarnya, oli gardan akan diaplikasikan pada komponen gardan atau differential. Spesifikasi oli gardan cenderung tinggi, karena gardan bekerja lebih berat dibandingkan dengan transmisi mobil. 

Dengan digunakannya oli gardan, maka komponen gardan mobil tidak mudah aus. Komponen yang dimaksud meliputi side gear, drive pinion, dan berbagai komponen lainnya.

Perbedaan oli transmisi dan oli gardan

Setidaknya ada beberapa jenis oli yang dibutuhkan kendaraan agar bisa bekerja dengan optimal, termasuk oli gardan, oli transmisi dan oli mesin. Ketiganya memang serupa, tetapi memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Oli gardan dan oli transmisi memang serupa. Keduanya juga saling berkaitan erat. Akan tetapi, apabila oli gardan dipakai untuk melumasi kontak gigi pada gardan, oli transmisi dipakai untuk melumasi komponen transmisi mobil.

Oli transmisi memungkinkan transmisi mobil untuk berganti dan berpindah gigi. Sehingga, ketika akan melakukan perpindahan gigi, gigi mobil tidak macet.

Ada lagi jenis oli lain yang sering digunakan pada mobil, yaitu oli mesin. Oli mesin yang berfungsi untuk melumasi komponen dan setiap partikel mesin. 

Pasalnya, kinerja komponen maupun partikel mesin perlu didorong oleh oli jenis ini agar kinerja mobil lebih maksimal. Di antara ketiganya, kebanyakan orang lebih familiar dengan oli mesin karena sering diiklankan. 

Ciri-ciri oli gardan mobil harus ganti

Penggantian oli gardan sangat krusial untuk mesin kendaraan demi menjaga mesin tidak cepat aus. Berikut ini beberapa ciri-ciri oli gardan mobil harus diganti.

1. Terasa getaran kencang pada mobil

Oli gardan yang jarang diganti akan menimbulkan getaran kencang baik saat melewati jalan lurus, ketika berbelok atau saat kecepatan meningkat. Apabila tanda ini muncul, kamu harus cek oli gardan mobil untuk segera diganti.

2. Tercium aroma terbakar pada gardan mobil

Bau terbakar yang tidak sedap bisa muncul dan bisa dideteksi di sekitar gearbox akibat gardan yang overheat. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal termasuk oli gardan kotor, habis, atau sudah kadaluarsa.

3. Muncul suara bising pada mobil

Suara yang dimaksud menyerupai suara mendengung kencang akibat komponen gardan saling bergesekan tanpa bantuan pelumas yang memadai. 

Apabila tidak diganti, suara bising akan semakin mengganggu kenyamanan kamu saat berkendara.

4. Sulit mengendalikan roda mobil

Roda ban mobil yang sulit dikendalikan bisa menjadi pertanda kualitas pelumas gardan yang sudah kotor atau habis. Jangan biarkan hal ini terjadi dalam waktu lama karena sangat berisiko menimbulkan kecelakaan.

5. Perubahan warna oli

Untuk mengetahui adanya perubahan warna oli gardan, kamu perlu cek langsung dengan mandiri atau di bengkel. Oli yang harus diganti biasanya berwarna abu-abu metalik atau agak gelap, dan bertekstur encer.

Merk oli gardan mobil yang bagus

Merk oli gardan mobil yang digunakan akan sangat mempengaruhi harga penggantiannya. Kamu bisa berkonsultasi dengan teknisi bengkel untuk menanyakan merk oli mobil terbaik yang paling direkomendasikan.

Atau, kalau kamu ingin melakukan riset sendiri, bisa juga perhatikan daftar merk oli gardan mobil yang bagus berikut ini. 

Merk Harga
Top 1 80W-90 1L GL-5 / MT-1 Rp85.000
Top 1 LSD 75W-90 1L GL-5 12 Rp138.000
Top 1 GEAR OIL MB 90 1L GL-5 / MT-1 Rp62.000
Top 1 GEAR OIL HD 140 1L GL-5 / MT-1 Rp68.000
Pertamina Rored EPA 90 1L Rp40.000
Unilub Gear SAE 90 MTF 1L Rp65.000
Valvoline Gear Gard Super 90 1L Rp56.000
Kendall Slip 80W-90 1L Rp150.000
Oli Shell Spirax S2 A 80w-90 1L Rp42.000
Mobil Mobilube HD GL-5 80W-90 1L Rp88.000
Castrol Gardan ALS9 Rp67.500
Unilub Gear SAE 140 MTF 1L Rp60.000
Unilub Gear SAE 90 MTF 1L Rp323.400
Top 1 Synthetic Gear Oil SAE 90 API GL 5 1L Rp90.000

Efek jika oli gardan tidak diganti

Ketika oli gardan tidak diganti dalam waktu lama, akan ada efek negatif yang dirasakan pada performa mobil. Apa saja efek-efek tersebut? Berikut ini penjelasannya.

1. Ada suara bising di mesin mobil

Oli yang tidak diganti akan menyebabkan gesekan kasar pada semua komponen gear. Akibatnya, gear transmisi akan mengalami kerusakan dan menimbulkan suara bising.

2. Mesin mobil overheat

Oli gardan bukan hanya berfungsi sebagai pelumas, tapi juga sebagai meningkatkan proses pendinginan di mesin mobil. Ketika oli ini tidak diganti, maka mesin lebih mudah mengalami overheat.

3. Mobil tidak mulus saat dikendarai

Kamu mungkin juga akan merasakan mobil tidak mulus ketika dikendarai. Karena, ketika oli tidak memadai untuk melumasi komponen, maka komponen gear akan bergesekan dengan kasar dan menjadi penyebab mobil tersendat-sendat saat jalan.

Fungsi oli gardan mobil

Secara garis besar, oli gardan membuat gardan menjadi licin dan tidak cepat rusak. Namun, secara spesifik oli gardan memegang peranan penting dalam kinerja kendaraan.  Berikut lima fungsi spesifik oli gardan yang wajib kamu tahu.

1. Sebagai pelumas gear ratio

Gear ratio merupakan salah satu komponen yang perlu dilumasi oleh oli gardan. Dengan begitu, komponen ini tidak akan mudah rusak. 

Pasalnya, kerusakan pada gear ratio bisa menyebabkan gesekan berlebihan antar komponen yang tidak diinginkan.

2. Menekan risiko kecelakaan

Oli gardan dapat memperlancar pengaturan kecepatan saat kendaraan berbelok. Apabila mobil tidak berbelok dengan tepat, akan menimbulkan kecelakaan yang fatal. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu rutin untuk ganti oli gardan.

3. Mencegah suara bising pada mesin

Gesekan pada komponen gear yang tidak lancar akan menimbulkan suara bising dari mesin. Contoh saat mesin mobil bunyi kletek kletek.

Dari sini lah peran oli gardan menjadi sangat penting karena bisa mencegah adanya suara bising dari mesin yang membuat penumpang merasa tidak nyaman.

4. Mengurangi gesekan yang ada pada komponen gardan

Oli gardan dibutuhkan untuk meminimalisir dan menahan gesekan yang tidak lancar pada komponen gardan. Setelah diberikan oli gardan, kinerja gardan akan lebih enteng dan tidak terhambat saat digunakan.

5. Memperkecil risiko mesin kepanasan

Proses pendinginan komponen gardan bergantung pada oli gardan. Kinerja komponen yang lancar bisa mencegah risiko overheat pada mesin kendaraan. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk ganti oli gardan secara berkala.

Berapa lama oli gardan mobil harus diganti?

Penggantian oli menjadi suatu hal yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil. Jika dibiarkan rusak akibat jarang diganti, biaya perbaikannya bisa lebih mahal dibandingkan biaya mengganti oli gardan, loh.

Maka dari itu, pastikan untuk memperhatikan waktu penggantian oli gardan mobil. Lantas, berapa KM waktu ganti oli gardan mobil yang ideal? 

Ternyata, waktu ideal untuk mengganti oli gardan yaitu saat odometer sudah mencapai jarak 4-8 ribu kilometer. Biasanya, jarak tersebut ditempuh dalam waktu sekitar 3-4 bulan. Artinya, penggantian oli gardan mobil sebaiknya dilakukan setiap 3-4 bulan sekali.

Perlu diketahui bahwa terdapat pendapat yang berbeda-beda akan waktu penggantian oli gardan, karena ada yang berada di kisaran waktu bulanan bahkan tahunan.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk melihat manual book mobil kamu untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat. Karena, setiap mobil memiliki kondisi mesin mobil yang berbeda-beda. 

Bila perlu, kamu bisa membawa mobil ke bengkel untuk cek oli gardan atau sekedar bertanya pada montir mengenai waktu ideal mengganti oli gardan.

Kapan ganti oli gardan mobil manual?

Kapan waktu yang tepat untuk harus ganti oli gardan mobil, khususnya yang bertransmisi manual? Hal ini tergantung dari spesifikasi oli gardan dan jarak tempuh kendaraan.

Namun secara umum, waktu ganti oli gardan mobil transmisi manual bisa berlangsung setiap dua tahun sekali atau dengan jarak tempuh kendaraan lebih dari 40.000 km.

Waktu ganti oli gardan transmisi matic

Mungkin kamu juga bertanya-tanya, berapa KM atau berapa bulan sekali waktu yang dibutuhkan untuk ganti oli gardan pada mobil matic?

Sama halnya dengan mobil transmisi manual, oli gardan pada mobil matic memiliki jangka waktu penggantian setiap 40.000 km. Perbedaannya, penggantian oli transmisi pada mobil matic bisa dilakukan setiap jarak tempuh 80.000 km.

Cara mengganti oli gardan mobil

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk ganti oli gardan mobil. Cara pertama adalah mengganti oli tersebut sendiri, atau dengan membawa mobil ke bengkel mobil terdekat.

Cara mengganti oli gardan mobil sendiri

Kamu bisa, loh, mengganti oli gardan dengan mandiri. Pastikan kamu telah mematikan mesin kendaraan yang terparkir dalam kondisi permukaan yang rata, dan ganti oli apabila kondisi gardan sudah dingin. 

Lalu, buka baut pengisian oli di bagian bawah mobil, dan kuras oli lama sampai habis. Setelah itu, sambungkan botol oli dengan selang ke bagian pengisi bawah mobil sampai mencapai batasnya. Langkah ini diakhiri dengan menutup dan mengencangkan baut seperti semula.

Cara mengganti oli gardan di bengkel

Jika kamu menginginkan hasil yang lebih rapi, tak ada salahnya untuk menggunakan bantuan dari montir profesional. Sebelumnya, kamu harus mengidentifikasi adanya ciri-ciri oli gardan yang harus segera diganti.

Setelah merasakan ciri-ciri tersebut, segera bawa mobilmu ke bengkel dan minta montir untuk cek kondisi oli gardannya. Apabila sudah waktunya, oli harus segera diganti.

Biaya ganti oli gardan mobil

Harga oli gardan mobil memiliki perbedaan karena dijual dalam sediaan volume yang beragam. Selain itu, merek juga menentukan harga. Semakin mahal biayanya, semakin bagus pula kualitas yang ditawarkan oleh merek tertentu.

Oli gardan ini tersedia dalam berbagai kemasan, dengan yang paling kecil berukuran 1 liter dan paling besar ada di kapasitas 4 liter. Berikut ini spesifikasi harganya: 

  • Oli gardan kemasan 1 liter: Rp40 ribu – Rp320 ribu
  • Oli gardan kemasan 4 liter: Rp143 ribu – Rp430 ribu

Kemasan 4 liter, terbilang lebih ekonomis dibandingkan pembelian oli gardan ukuran 1 liter. Namun, pembelian biasanya harus berjumlah 4 botol masing-masing berukuran 1 liter. 

Terkadang, selain oli gardan yang perlu diganti, gardan juga bisa mengalami kerusakan sehingga diperlukan servis keseluruhan terhadap komponen gardan tersebut.

Jika demikian, maka selain harga oli, kamu juga perlu mempersiapkan dana untuk biaya perbaikan gardan mobil yang cenderung tidak murah, dimulai dari Rp3 juta.

Penyebab oli gardan mobil rembes

Terkadang, selain masa pemakaian yang lama, oli gardan juga perlu diganti karena oli tersebut sudah rembes. Lantas, apa penyebab oli gardan mobil rembes? Berikut ini penjelasannya. 

1. Baut kurang kencang

Salah satu penyebab paling umum yang memicu kebocoran oli gardan adalah baut pada gardan yang kurang kencang. Misalnya, setelah sebelumnya oli diganti, baut penutup tidak ditutup dengan tepat sehingga oli jadi rembes.

2. Seal gardan rusak

Seal adalah salah satu komponen gardan. Seal ini berfungsi untuk menutup atau melindungi komponen gardan agar fungsi gardan tetap optimal.

Ketika seal rusak, maka oli di dalam gardan bisa mengalami kebocoran atau rembes. Biasanya, oli bocor yang disebabkan oleh kerusakan seal akan terlihat di sekitar ban mobil bagian belakang.

Oli gardan mobil rembes apakah berbahaya? 

Oli gardan berfungsi untuk melumasi komponen gardan, sehingga gigi dan bearing mobil lebih mudah bergerak. Ketika oli rembes, maka gigi dan bearing tidak mendapat pelumasan sebagaimana mestinya.

Akibatnya, ketika terus digunakan, gigi dan bearing lebih mudah panas dan macet. Lama-kelamaan, gigi dan bearing yang macet akan memicu lebih banyak kerusakan pada komponen lain di mesin mobilmu. 

Ketika mesin mobil rusak parah, mobil tidak bisa lagi dikendarai dengan maksimal. Tentunya ini membuat mobil jadi berbahaya ketika dipakai untuk berkendara.

Bayar biaya perawatan mobil dengan asuransi kendaraan

Tips dari Lifepal! Jangan sampai kamu terlambat memperbaiki komponen gardan mobilmu. Ketika melihat adanya ciri-ciri oli gardan perlu diganti, segera lakukan penggantian, baik sendiri di rumah atau dengan datang ke bengkel.

Simak pula ulasan mengenai oli transmisi manual di artikel Lifepal lainnya!

Tak perlu khawatir dengan biaya ganti oli gardan yang mahal. Karena, kamu bisa menggunakan asuransi kendaraan untuk menanggung biaya perbaikan mobil yang rusak. Simak penjelasannya di video berikut.

Merawat dan memperbaiki mobil sesuai dengan yang kamu inginkan tentunya tidak murah. Saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, tentu kamu tak ingin biaya perbaikan mobil membebani pengeluaran, bukan?

Segera daftar asuransi mobil yang sesuai dengan anggaranmu supaya kamu tidak mengeluarkan biaya ekstra saat harus memperbaiki mobil ke bengkel. Ada dua jenis asuransi yang bisa dipilih, yaitu: 

  • Asuransi mobil all risk, asuransi yang menanggung segala bentuk risiko kerugian pada mobil, mulai dari kerusakan ringan hingga berat bahkan sampai kehilangan mobil karena pencurian
  • Asuransi mobil TLO (total loss only), asuransi yang menanggung biaya kerugian apabila kerugian mencapai 75 persen dari nilai mobil sebelum mengalami kerugian

Bingung menentukan jenis asuransi mobil yang paling sesuai untukmu? Coba ikuti kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini, ya.

Pertanyaan seputar oli gardan mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.