Desember 5, 2022

Cara menggunakan cruise control Fortuner nyatanya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Hal ini tentu akan membantu untuk memberikan kenyamanan pada pengemudi tanpa perlu repot untuk menahan pedal gas untuk waktu yang lama.

Cruise control adalah sebuah fitur untuk membantu pengemudi menahan pedal gas di posisi stabil tanpa perlu menahan pedalnya. Jadi, begitu cruise control aktif maka kamu tidak perlu lagi untuk menginjak gas.

Tentu mobil akan melaju dengan konstan melalui bimbingan komputer sesuai dengan kecepatan yang telah ditentukan oleh pengemudinya. Namun bagaimana cara menggunakan cruise control Fortuner yang benar dan tepat? Simak ulasannya!

Cara menggunakan cruise control Fortuner

Kehadiran fitur cruise control Fortuner ini tentu membuatnya sangat cocok untuk digunakan saat jalanan sedang lengang seperti di dalam tol dan pastikan untuk tidak mengaktifkan fitur ini pada jalanan yang padat dan ramai untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Namun untuk mengaktifkannya tentu dibutuhkan cara yang tepat agar tidak salah dan malah merusak komponen di sekitarnya.

Umumnya, fitur cruise control dapat kamu temukan pada mobil Toyota Fortuner dengan tipe VRZ, TRD, dan SRZ.

Walaupun begitu, jika kamu hendak mengaktifkan fungsinya maka cara menggunakan cruise control ini antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kecepatan mobil

Penting untuk menjaga laju mobil untuk tetap konstan pada kisaran angka 60- 80 km/jam.

Apabila sudah dirasa cukup aman dan nyaman, maka kamu dapat langsung menyalakan fungsi smart cruise control yang berada pada samping tuas dengan hanya menekan tombol ON/OFF-nya saja.

Saat cruise control aktif biasanya akan ditandai dengan munculnya simbol berbentuk spidometer yang bergambar lambang putih dengan warna hijau.

2. Menekan tombol set

Supaya mobil dapat melaju dengan konstan pada kecepatan yang ingin ditentukan, maka kamu dapat menekan tombol bertuliskan set terlebih dahulu pada cruise control.

Jika sudah diaktifkan, maka pengemudi sudah diperbolehkan untuk melepaskan kaki dari pijakan pedal gas dan meregangkan tubuh.

3. Mengatur kecepatan mobil

Apabila fitur cruise control Fortuner sudah aktif maka kamu dapat menaikkan maupun menurunkan kecepatannya dengan menekan tanda plus maupun minus yang tertera di sana. 

Hal ini masih perlu untuk dilakukan walaupun Fortuner sudah dibekali sensor radar yang mampu untuk mendeteksi kondisi lalu lintas di sekitarnya.

Jadi, kendaraan akan melambat jika sensor mengidentifikasi adanya pergerakan kendaraan lain di bagian depan.

Barulah setelah jalanan menjadi lebih lengang, barulah sensor akan secara otomatis mengembalikan kecepatan mobil ke angka awal. 

4. Menonaktifkan cruise control Fortuner

Cara menggunakan cruise control Fortuner khususnya saat hendak menonaktifkannya tentu tidak akan jauh berbeda dengan jenis mobil lainnya yang memiliki fitur yang sama. 

Supaya dapat menjalankannya, kamu perlu menekan tombol bertuliskan cancel pada cruise control  lalu dapat langsung dilanjutkan dengan menginjak pedal gas seperti biasanya.

Tombol dasar pada cruise control Fortuner

Jika kamu telah mengetahui cara menggunakan cruise control, maka tentu hal itu harus sepaket dengan tombol dasar untuk mengoperasikannya.

Beberapa tombol pada cruise control Fortuner yang perlu kamu ketahui fungsinya sehingga dapat mengoperasikan dengan benar yaitu adalah:

1. ON/OFF

Tombol ini bertujuan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan cruise control. Bila fitur sudah aktif maka dapat kamu ketahui pada bagian dashboard mobil.

2. Res +

Tombol ini hanya digunakan jika pengendara ingin menambahkan kecepatan mobil. Jika pengemudi menekan tombol ini maka mobil akan berakselerasi sebanyak 1 mph. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan tombol ini untuk menggunakan kembali kecepatan yang sudah ditentukan sebelumnya.

3. Set –

Berkebalikan dengan “Res +”, tombol “Set –” hanya dapat berguna untuk mengurangi kecepatan pada kendaraan yang telah ditentukan sebelumnya, Jadi, setiap kali kamu menekan tombol ini maka kecepatan pada mobilmu akan berkurang 1 mph.

4. Cancel

Jika kamu ingin menonaktifkan fitur cruise control maka tombol cancel yang biasanya berada pada sisi kanan setir mobil dapat dapat kamu tekan. Jadi, kamu dapat langsung menggunakan pedal gas untuk mengatur kecepatan seperti biasa.

Fungsi cruise control

Secara umum, cruise control merupakan salah satu fitur inovasi dari Toyota untuk mengatur kecepatan mobil tanpa perlu menginjak pedal gas sehingga lebih nyaman saat berkendara. 

Namun perlu diperhatikan jika terdapat batas kecepatan maksimal dan minimal saat menggunakan fitur ini di jalan raya. Jadi fitur semi otomatis ini sangat berguna untuk digunakan saat perjalanan jauh dengan lalu lintas lancar seperti tol yang tanpa macet.

Tentu adanya fitur cruise control Fortuner ini akan memudahkan para pengemudi untuk berkendara jauh sehingga tidak perlu menginjak pedal gas secara terus menerus. 

Tidak hanya itu saja, adanya hal ini juga mampu untuk menjaga kecepatan mobil agar tetap stabil pada angka yang sudah ditentukan.

Tips dari Lifepal! Cara menggunakan cruise control Fortuner nyatanya cukup mudah dan akan membantu untuk memberikan kenyamanan pada pengemudi tanpa perlu repot untuk menahan pedal gas untuk waktu yang lama.

Walaupun terlihat seperti fitur semi-otomatis, namun penting juga untuk selalu fokus saat berkendara supaya dapat mengatur kecepatan sesuai dengan kondisi lalu lintas. 

Ditambah untuk alasan keamanan, fitur in baiknya hanya digunakan untuk perjalanan jauh dengan kondisi medan yang lengang seperti tol antar kota yang sepi.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Apa manfaat penting asuransi mobil?

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika pemilik kendaraan memberikan perlindungan tambahan berupa asuransi mobil. 

Sebab, asuransi mobil akan memberikan jaminan ganti rugi atas segala resiko yang mungkin terjadi pada kendaraan kamu mulai dari kerusakan, kecelakaan hingga kehilangan akibat pencurian. 

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan mengingat setiap pemilik asuransi dapat meminimalisir kerugian akibat kehilangan mobil, menambahkan perlindungan dari resiko kerusakan sekaligus adanya pengalihan tanggung jawab dari pihak ketiga.

Seluruh manfaat yang ditawarkan ini tentu akan membantumu untuk memiliki perencanaan keuangan yang lebih matang karena bila ada resiko pada mobil yang membutuhkan banyak biaya, maka asuransilah yang akan mengurusnya sesuai dengan polis yang berlaku.

Apalagi biaya servis mobil dan perawatan juga tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar cara menggunakan cruise control Fortuner

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.