Desember 5, 2022

Jakarta: Hape atau smartphone memiliki fitur bernama Hotspot atau Tethering. Fungsinya adalah menyediakan koneksi internet dalam bentuk WiFi jadi bisa menyediakan internet ke perangkat lain termasuk laptop saat kualitas WiFi di sekitar Anda lebih buruk.
 
Koneksi WiFi yang disebarkan oleh smartphone lewat fitur Hotspot atau Tethering berasal dari internet layanan seluler berlangganan Anda. Mirip WiFi di kafe atau tempat umum, koneksi dari Hotspot atau Tethering dilengkapi dengan password atau kata sandi.
 
Fungsi password tadi adalah untuk membuat koneksi internet dari smartphone Anda aman dan hanya pengguna atau perangkat lain yang Anda kenal bisa terhubung ke WiFi dari Hotspot di smartphone.


Biasanya, hape atau smartphone yang baru dibeli juga hadir dengan password Hotspot atau Tethering yang dibuat secara acak. Hal ini menyulitkan Anda mengingat password atau kata sandi tersebut. 
 
Berikut ini Medcom.id membuat langkah mengganti password Hotspot atau Tethering di hape Xiaomi agar lebih mudah diingat. Kami mencobanya di Xiaomi 12 Pro dengan Android 12, tapi langkahnya sebagian akan sama dengan smartphone Android merek lain.
 
1. Cari menu Settings atau Pengaturan dan pilih menu tersebut.
 
2. Selanjutnya cari dan pilih menu Portable Hotspot.
 
3. Di sini Anda akan melihat berbagai menu pengaturan Hotspot alias Tethering, pilih menu “Set up portable hotspot”.
 
4. Anda akan disajikan layar berisi kolom Password untuk mengisi atau mengubah kata sandi koneksi Hotspot atau Tethering. Ganti password sesuai keinginan Anda dan tekan ikon mata agar kata sandi terbaca.
 
5. Di menu yang atas yaitu di bagian atas ada kolom SSID, di sini Anda bisa mengganti nama dari Hotspot atau Tethering agar mudah dikenali saat berada di tempat umum.
 
6. Apabila sudah selesai tekan ikon centang atau checklist di pojok kanan atas.
 
Kini Anda bisa mengaktifkan Hotspot atau Tethering dari halaman menu sebelumnya atau dengan mudah dan cepat lewat ikon yang ada di kolom notifikasi bar dengan cara menarik sisi atas layar dengan jari ke bawah.
 
Logo Hotspot atau Tethering memiliki logo sinyal yang mirip dengan ikon WiFi. Jadi jangan sampai tertukar ya!
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id.
 

(MMI)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.