Desember 6, 2022

Pereli lintas negara asal Indonesia bakal kembali beraksi di ajang reli lintas negara di Asia terkemuka yakni Asia Cross Country Rally 2022. Event yang kembali digelar dari Thailand ke Kamboja, 21-26 November 2022 ini bakal diikuti beberapa pereli asal Indonesia. Selain di kategori mobil, di kategori motor juga beberapa pereli Indonesa tampil cukup konsisten.
 
Indonesia Cross Country Rally Team terdiri dari kelas mobil yang akan diperkuat oleh Memen Harianto dan Rimhalsyah memacu Jeep Cherokee, dan tim motor dipimpin Rudy Poa menggunakan KTM 790 Adventure R serta Muffi Muis Karim dan Habib Fadhlurrohman menggunakan Honda CRF 250 Rally. Didukung JNE dan Furukawa Battery, nama-nama ini akan kembali beraksi di ajang yang cukup keras itu. 
 
Menurut Rudy Poa, rider sekaligus ketua rombongan, semua persyaratan mengikuti lomba dan persiapan fisik serta teknis telah dilakukan. ”Segala persyaratan sudah kita penuhi dan pihak penyelenggaran juga sangat menantikan kehadiran tim Indonesia setiap tahunnya. Tahun ini kita kembali mengikuti dua kelas yakni mobil dan motor dengan segala persiapan yang terus kita lakukan sambil berjalan untuk menuai hasil baik nantinya,” ujar Rudy melalui keterangan resminya sebelum mengawali balapan besok. 


Rudy menegaskan bahwa mereka tentunya pasang target terbaik dan bisa naik podium di setiap leg-nya. Untuk itu latihan navigasi menjadi salah satu materi utama yang mereka pelajari dan persiapkan. Mengingat pembacaan navigasi yang mereka sebut dengan navigasi tulang ikan itu, bukan hal yang gampang dipahami.
 
Baca Juga:

Lamborghini Kebal Dari Resesi 2023, Kok Bisa?

 
Reli sejauh hampir 2.000 Km ini akan banyak menggunakan lintasan tanah di area Buriram hingga finis di Siem Reap Kamboja. Penyelenggaraan AXCR selalu melibatkan unsur budaya di negara penyelenggara seperti halnya tempat finis di Siem Reap Kamboja yang terkenal dengan Angkor Wat, sebuah destinasi budaya berupa bangunan candi sebagai monumen keagamaan terbesar di dunia. 
 
Kejuaraan ini kembali bergulir setelah dua tahun tidak digelar karena pandemi dan diadakan setiap bulan Agustus. Tim Indonesia tidak ketinggalan untuk ikut berkompetisi dengan menjadi peserta di dua kelas yang dilombakan yakni Auto (mobil) dan Moto (Sepeda Motor). Para pereli yang bertanding di AXCR ke-27 tahun ini datang dari Jepang, Korea, Vietnam, Taiwan, Malaysia, Thailand dan Kamboja. 
 
Rudy menambahkan, tahun ini dirinya membawa motor KTM 790 Adventure R dan ikut kelas M3 khusus untuk big bike. “Kelas ini baru dipertandingkan di AXCR tahun ini, dengan pengaman sebelumnya mengikuti AXCR saya mencoba kelas baru ini dengan target tentunya juara,” sebut Rudy yang sudah tahun keenam mengikuti AXCR sebagai manajer tim. 
 
Ada pun beberapa modifikasi pada motor pereli nasional ini mulai dari pemasangan alat navigasi Road Book, Rally Kit,menggunakan ban full offroad soft compound dengan pelek diameter lebih kecil, handguard, foam grip untuk genggaman lebiih lembut dan antigetar, steering damper, pelindung kopling, footpeg lebih rendah, tuas rem lebih pendek,pelindung rantai, knalpot freeflow serta pemasangan sidebag.
 

(UDA)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.