November 26, 2022

Sukabumi: Tiga gempa bumi dalam kurun waktu satu jam yang berpusat di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dengan magnitudo 4,9, 5,3, dan 4,2 pada Sabtu malam, 12 November getarannya dirasakan hingga wilayah Sukabumi.
 
“Kami sudah menyiagakan dan memobilisasi personel penanggulangan bencana untuk melakukan pendataan antisipasi gempa tersebut menimbulkan dampak di masyarakat, seperti kerusakan bangunan baik rumah warga, fasilitas umum, maupun sarana lainnya,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Imran Wardhani di Sukabumi, Sabtu, 12 November 2022.
 
Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa pertama 4,9 magnitudo terjadi sekitar pukul 19.29 WIB terletak pada koordinat 8.14 Lintang Selatan dan 107.35 Bujur Timur 119 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut di kedalaman 16 km.
 
Kurang dari satu jam terjadi gempa susulan berkekuatan 5,3 magnitudo sekitar pukul 20.18 WIB berlokasi di 8.18 LS dan 107.36 BT 122 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut di kedalaman 10 kilometer.
 

 
Selang beberapa menit dari gempa kedua sebagian warga Sukabumi kembali dikejutkan dengan getaran gempa berkekuatan 4,2 magnitudo pada pukul 20.29 WIB. Gempa tersebut berlokasi di 8.20 LS dan 107.32 BT 126 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut di kedalaman 4 kilometer.
 
Imran mengimbau warga Kota Sukabumi untuk tetap waspada mengantisipasi terjadinya gempa susulan. Namun demikian, masyarakat agar tidak mempercayai  informasi yang tidak jelas atau berita hoaks terkait gempa sehingga bisa membuat panik.
 
“Jika gempa menimbulkan dampak seperti kerusakan bangunan untuk segera melapor kepada kami, petugas penanggulangan bencana, dan keamanan terdekat agar bisa segera ditanggulangi,” tambahnya.
 
Sementara itu, staf Humas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi Ariel Solehudin mengatakan pihaknya sudah menyiagakan personel untuk memantau perkembangan pascagempa.
 
??????Informasi dari para relawan yang tersebar di berbagai kecamatan, baik di wilayah utara maupun selatan Kabupaten Sukabumi getaran gempa memang cukup terasa tetapi durasinya hanya sekejap saja atau kurang dari 3 detik.
 
Personel yang disiagakan di Markas PMI Kabupaten Sukabumi siap diterjunkan kapan saja untuk membantu warga terdampak bencana, menyiapkan armada kendaraan, alat pendukung, dan obat-obatan.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id

(WHS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.