Desember 4, 2022

Solo: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mewajibkan pendatang sudah vaksinasi booster sebelum melakukan perjalanan ke Solo. Hal itu menyusul naiknya angka covid-19 di Kota Solo.
 
“Banyak event di Solo. Intinya semua event akan tetap berjalan normal. Misalnya untuk Muktamar (Muhammadiyah) saya wajibkan untuk vaksinasi booster. Atau minimal swab PCR. Ini berlaku untuk semua event ya. Suntik booster sebelum perjalanan ke sini (Solo),” ujarnya di Solo, Jawa Tengah, Senin, 7 November 2022.
 
Diakuinya, kasus covid-19 di Solo kembali merangkak. Saat ini kasus aktif covid-19 di Kota Solo berada di angka 100, Gibran memastikan kembali memperketat regulasi terkait vaksinasi booster.


Dia juga memastikan ketersediaan vaksin covid-19 di Solo. Namun pemanfaatannya hanya untuk masyarakat lokal.
 
“Untuk yang lain (pendatang) vaksin di daerahnya masing-masing ya. Solo ada tapi khusus untuk warga Solo. Nanti saya akan komunikasikan dengan panitia (Muktamar dan event lain) terkait syarat booster ini. Nanti masuk kawasan tertentu seperti Stadion Manahan wajib memakai Peduli Lindungi,” imbuhnya.
 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan jumlah vaksin tersedia di Solo saat ini 20 ribu dosis. Stok teesebut ditargetkan tersalurkan pekan ini.
 
“Targetnya ya secepatnya habis, minggu ini. Nanti kalau habis minta pusat lagi. Ya untuk warga Solo karena belum 100 persen booster-nya. Yang ada sekarang vaksin Pfizer,” ungkapnya. 
 
Sementara itu, sejumlah event akbar yang akan dilaksanakan di Kota Solo selama November 2022 di antaranya Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi pada 12-16 November 2022. Kemudian Festival Masjid Nasional dan Peresmian Masjid Sheikh Zayed oleh Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan pada 14-17 November 2022.
 
Selanjutnya, Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah diselenggarakan pada 18-20 November 2022, serta Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional se-Indonesia pada 23-27 November 2022, dan Konser Akbar 30 th Dewa 19 pada 26 November 2022.
 

(MEL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.