Desember 5, 2022

Tasikmalaya: Seorang warga Cibereum, Tasikmalaya, Dudung, warga Cibeureum, mengatakan, gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Garut getarannya sangat terasa di wilayahnya. Guncangan gempa membuat warga berhamburan keluar.
 
“Warga merasakan getaran gempa bumi yang terjadi satu kali di rasakan pada pukul 19.29 WIB. Sekarang belum ada laporan terkait kerusakan rumah tetapi memang saat getaran terjadi membuat warga keluar rumah karena getaran tersebut dirasakannya berada di atas kursi ketika hendak makan dan lampu juga bergoyang,” katanya Dudung, Sabrtu, 12 November 2022.
 
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Hartanto, mengatakan, gempa bumi tektonik yang mengguncang Garut dan hasil analisis menunjukkan memiliki parameter dengan magnitudo 4.9 pada kedalaman 16 kilometer.


“Untuk jenis dan mekanisme Gempa bumidengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif dasar laut di lempeng eurasia (intraplate earthquake),” katanya.
 

Guncangan gempa bumi yang terjadi dirasakan oleh masyarakat di wilayah Cianjur, Tasikmalaya, Garut dan Sukabumi dengan Skala Intensitas II MMI dan untuk Kabupaten Bandung dengan skala Intensitas I- II MMI.
 
“Sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut dan hingga pukul 20.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kami, meminta kepada masyarakat agar tetap tenang tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan hindari dari bangunan yang retak dan rusak diakibatkan oleh gempa bumi,” ujarnya.
 
Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa pertama 4,9 magnitudo terjadi sekitar pukul 19.29 WIB terletak pada koordinat 8.14 Lintang Selatan dan 107.35 Bujur Timur 119 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut di kedalaman 16 km.
 
Kurang dari satu jam terjadi gempa susulan berkekuatan 5,3 magnitudo sekitar pukul 20.18 WIB berlokasi di 8.18 LS dan 107.36 BT 122 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut di kedalaman 10 kilometer.
  
Selang beberapa menit dari gempa kedua sebagian warga Sukabumi kembali dikejutkan dengan getaran gempa berkekuatan 4,2 magnitudo pada pukul 20.29 WIB. Gempa tersebut berlokasi di 8.20 LS dan 107.32 BT 126 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut di kedalaman 4 kilometer.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

(WHS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.