Desember 8, 2022

Doha: Tim Nasional Belanda harus bersusah payah menaklukkan Timnas Senegal di laga penyisihan Grup A Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Thumama, Doha, Selasa 22 November 2022 dini hari WIB. De Orange baru bisa memecah kebuntuan dengan dua golnya di menit-menit terakhir laga. Gol Belanda dicetak Cody Mathès Gakpo menit 84 dan D Klassen menit 90+9
 
Senegal, yang tampil tanpa diperkuar Sadio Mane yang cedera, tampil lepas sejak kick-off. Juara Afrika 2021 itu tak memberikan kesempatan kepada Belanda pada babak pertama. Beberapa kali, serangan Senegal yang dibangun lewat kaki Répin Diatta kerap menyulitkan Virgil van Dijk.
 
Namun, tidak hadirnya Mane membuat sejumlah serangan Senegal kandas dan gagal menjadi gol. Babak pertama, anak asuh Louis van Gaal sukses menahan juara Afrika ini dengan skor kacamata alias 0-0.


Babak kedua, seperti babak pertama Senegal masih memegang kendali permainan. Sementara Belanda yang mengandalkan Frankie de Jong sebagai otak serangan masih belum menemui celah di pertahanan Senegal yang dikawal Koulibaly.
 
Sayangnya, hingga laga berjalan lebih satu jam, pasukan Singa Teranga, julukkan Senegal, juga belum menghasilkan gol.
 
Tertekan, Van Gaal mulai memasukkan Memphis Depay di lini serang pada menit 62, menggantikan Jansen yang kerap kesulitan menembus pertahanan Senegal. Sejumlah pemain juga dimasukkan Van Gaal untuk memberi tenaga baru di lini tengah.
 
Peluang matang Senegal didapat Boulaye pada menit 65. Sayang sepakannya usai menerima umpan terobosan Diatta dari skema serangan balik masih bisa diselamatkan kiper Belanda Andries Noppert yang bermain gemilang. Peluang Idrisa juga masih bisa diselamatkan Noppert beberapa menit berselang.
 
Hingga 10 menit laga tersisa, laga masih berjalan imbang. Sampai pada menit 84, De Jong yang melihat pergerakan Cody di kotak penalti melepaskan umpan lambung. Kiper Senegal Mendy yang terlambat mengantisipasi kalah cepat karena bola mengenai kepala Cody dan masuk ke gawangnya. Skor 1-0 untuk Belanda.
 
Tertinggal, Senegal memasukkan sejumlah pemain untuk menyamakan kedudukan. Guaye sempat membuat asa Senegal dengan tendangan kerasnya. Namun, Noppert lebih sigap menghalau bola.
 
Pun begitu dengan peluang Koulibaly yang melepaskan tendangan keras kaki kiri. Lagi-lagi, Noppert dengan sigap tangannya menghalau bola dengan aksi lompatannya.
 
Di tengah frustasi, Klassen yang baru dimasukkan justru mencuri gol. Berawal dari serangan balik yang dibangun Depay, bola sepakannya masih bisa dihalau Mendy. Bola rebound ke arah Klaassen langsung disambar dengan kaki kiri. Sempat menepis bola, kerasnya tendangan Klaassen menembus gawang Mendy untuk kedua kali. Skor 2-0 untuk Belanda.
 
Tak lama berselang, wasit asal Brasil Walter Sampaio meniup peluit panjang tanda akhir pertandingan. Menang, Belanda menggusur Ekuador dari puncak klasemen sementara Grup A meski memiliki nilai sama 3.
 
Di laga berikutnya, Senegal akan menghadapi Ekuador, sedangkan Belanda bertemu tuan rumah Qatar pada 29 November mendatang.

Susunan pemain:

Senegal (4-2-3-1):
Edouard Mendy, Koulibaly, Cisse, Idrissa Gueye, Nampalys Mendy, Kouyate (Pape Gueye 73′), Boulaye Dia (Bamba 69′), Diatta (Jackson 74′), Sarr, Sabaly, Diallo (Jakobs 62′).
 
Belanda (3-4-3): Noppert, De Ligt, Van Dijk, Ake, Bergwijn (Klaassen 79′), Gakpo (De Roon (90+4′), Berghuis (Koopmeiners 79′), Blind, Janssen (Depay 62′), De Jong, Dumfries.
 
Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar
Hasil Grup A: Susah Payah, Belanda Tekuk Senegal 2-0
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

 

(RIZ)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.