Desember 8, 2022

SURYA.co.id I Piala Dunia Qatar akan dimulai 20 November 2022. Panggung sepak bola terakbar di jagad ini akan menjadi panggung para pemain untuk memamerkan kemampuan, utamanya untuk para pemain muda.

Sejarah mencatat Pele pertama kali memamerkan dirinya di Piala Dunia 1958, memimpin Brasil meraih kejayaan pada usia 17 tahun.
Di piala dunia terakhir 2018 di Rusia, muncul Kylian Mbappe yang berusia 19 tahun moncer bersama Timns Prancis. Kylan Mbeppe mencetak empat gol dan mengantarkan Prancis menjadi juara.

Bagaimana dengan Piala Dunia Qatar 2022? Berikut lima pemain muda yang diperkiarakan akan bersinar.

Pedri – Spanyol

Selebrasi gelandang Barcelona Spanyol Pedri (tengah) usai mencetak  gol ke gawang Sevilla memanfaatkan Ousmane Dembele (kanan).  Barcelona menang 1-0 FC di stadion Camp Nou
Selebrasi bintang muda Barcelona Spanyol Pedri (tengah) usai mencetak gol ke gawang Sevilla memanfaatkan Ousmane Dembele (kanan). Barcelona menang 1-0 FC di stadion Camp Nou (AFP)

Baca juga: Jeda Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol: Klasemen, Top Skor, dan Jadwal Pasca Jeda

Di usianya yang baru 19 tahun, Pedri bisa dibilang merupakan pemain terpenting Spanyol. Dia memainkan peran kunci dalam perjalanan Spanyol ke semifinal di Euro 2020.
Di ajang ini, Pedri meraih penghargaan Pemain Muda Terbaik.

Sejak saat itu, ia terus menjadi bintang Barcelona.

Eduardo Camavinga – Prancis


Timnas Prancis kehilangan N’Golo Kante dan Paul Pogba karena cedera. Pasangan ini memainkan peran besar dalam kemenangan mereka di tahun 2018. Tentu ini menjadi kerugian besar tim Ayam Jantan.

Baca juga: 5 Momen Piala Dunia Paling Dikenang; Gol Tangan Tuhan, hingga Kekalahan Brazil Paling Memalukan

Kondisi ini akan membuat pelatih Prancis memberi kesempatan bagi duo Real Madrid Eduardo Camavinga dan Aurelien Tchouameni kemungkinan akan menjadi duet lini tengah pilihan pertama Didier Deschamps.

Camavinga telah mendapat pengalaman dan tampil bagus bersama raksasa Spanyol Real Madrid. Dia tampil 40 kali musim lalu, membantu mereka meraih kemenangan di La Liga dan Liga Champions.

Jamal Musiala – Jerman

Setelah memainkan peran yang kurang maksimal di Euro 2020, Jamal Musiala kini siap menjadi pemain reguler di panggung internasional.

Playmaker ini telah tampil di delapan pertandingan Die Mannschaft pada tahun 2022, mulai dari lima pertandingan.

Di level klub, remaja itu luar biasa. Dia saat ini menjadi pencetak gol terbanyak keempat di Bundesliga dengan total sembilan. Ini hanya dikalahkan oleh Christopher Nkunku, Niclas Fullkrug, dan Marcus Thuram. Keunggulan lainnya, ia telah membukukan delapan assist di semua kompetisi.

Jude Bellingham – Inggris

Jude Bellingham, Wonderkid Borussia Dortmund
Jude Bellingham – Pemain muda Timnas Inggris dan klub Borussia Dortmund (bolasport.com)

Salah satu pemain muda paling dicari di Eropa, Jude Bellingham diharapkan berada di starting XI Inggris di Qatar.
Pemain Borussia Dortmund ini menawarkan semua yang dibutuhkan seorang gelandang. Dia tenang saat menguasai bola, kuat, memiliki kecepatan tinggi, dapat mengontrol permainan, bertarung dengan baik, dan dapat mencetak gol.

Josko Gvardiol – Kroasia

Sejak mencapai final pada 2018, banyak yang berubah bagi Kroasia. Para pemain seperti Ivan Rakitic, Mario Mandzukic, dan Danijel Subasic telah pensiun. Sementara Luka Modric, Ivan Perisic, Dejan Lovren, dan Domagoj Vida kini berusia 30-an.

Kemunculan Josko Gvardiol akan menjanjikan bagi tim besutan Zlatko Dalic.
Pemain dengan posisi bek ini bek telah menarik banyak perhatian selama setahun terakhir, menyusul beberapa penampilan impresif untuk RB Leipzig
Jika dia tampil bagus di turnamen ini, itu bisa cukup untuk memberinya uang besar di bulan Januari.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.