Desember 4, 2022

Jakarta: Salah satu anak usaha PT Jababeka Tbk, yakni Jababeka Morotai melakukan?? penandatanganan kerja sama dengan Perempuan Indonesia Maju terkait kerja sama pemasaran proyek investasi yang dimiliki Jababeka Morotai di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai.
 
Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahaja Purnama, Direktur PT Jababeka Morotai Setiawan Mardjuki dengan Ketua Umum Perempuan Maju Indonesia Maylana Togas.
 
Pasca penandatanganan ini, Basuri mengatakan, kedua belah pihak akan berkolaborasi melakukan pemasaran dengan mencari atau mengumpulkan investor untuk mengembangkan KEK Morotai. Ia menyebut, Morotai memiliki berbagai keunggulan.


“Sebab, Indonesia bagian timur punya keunggulan pariwisata yang merupakan sebuah resources yang bisa terus menerus atau renewable energy. Bukan sumber daya alam, seperti tambang, yang bisa habis,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 11 November 2022.
 
Basuri juga berharap, Perempuan Indonesia Maju bisa meluangkan waktu untuk mengunjungi Pulau Morotai agar dapat melihat KEK Morotai langsung. Mereka juga bisa membuat kegiatan, seperti seminar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk masyarakat lokal.
 
“Sehingga, kerja sama antara Jababeka Morotai dan Perempuan Indonesia Maju bisa dilihat dan dirasakan oleh masyarakat Morotai,” ungkapnya.
 
Maylana menjelaskan, pihaknya telah membuat rencana kerja dan berniat mengajak masyarakat lokal Morotai untuk ikut terlibat dalam kegiatannya. Karena, tanpa hadirnya masyarakat lokal, pemberdayaan masyarakat lokal tidak akan sempurna atau berjalan dengan baik.
 
“Kita sudah bikin plan dan sudah saya sampaikan ke Pak Basuri. Mungkin kita bisa buat satu produk (makanan) saja. Pilot project-nya dari kerja sama ini bisa dimulai dengan membuat produk makanan, misal kerupuk amplang khas Samarinda,” ujar dia.
 

 
Ia juga berharap masyarakat morotai, terutama ibu-ibu bisa memiliki produk khas Morotai sendiri yang bisa dijual di Pulau Morotai dan di luar Morotai. Namun, untuk langkah awal bisa lewat kerupuk amplang terlebih dahulu sebagai pemberdayaan masyarakat lokal.
 
“Selain itu, kita akan bantu bikin flyer dan gimmick-gimmick di sosial media. Karena sosial media sangat penting di era saat ini untuk menciptakan word of mouth. Dengan begitu, kita jadi bisa saling menguatkan, saling mengisi,” ungkapnya.
 
PT Jababeka Morotai merupakan badan usaha pengembang dan pengelola KEK Morotai seluas lebih dari 1.500 Ha yang bergerak di bidang pariwisata, industri, logistik dan pengolahan ekspor. KEK Morotai memiliki keunggulan geostrategis, historis dan wisata bahari.
 

(END)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.