Desember 5, 2022

Masih ingat dengan warga kampung miliarder di Tuban yang mendadak kaya karena mendapatkan uang ganti rugi pembebasan lahan dari Pertamina? Peristiwa ini tentu sempat viral di masyarakat dan menjadi sasaran empuk bagi warganet untuk berkomentar.

Warga yang mendapat uang miliaran rupiah, justru lebih memilih untuk membeli mobil mewah dan membangun rumah. Meski tidak ada yang salah dengan hal ini, apa yang mereka lakukan justru menjadi bumerang bagi mereka saat ini.

Terdapat berbagai kejadian yang cukup ngenes yang harus mereka alami, di antaranya mobil mewah yang mereka beli, cepat mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan karena pemilik mobil kurang mahir dalam berkendara dan minimnya pengetahuan seputar otomotif.


Namun hal yang paling menyesakkan adalah, saat ini (Januari 2022), ternyata warga desa Tuban banyak yang jatuh miskin. Padahal setahun sebelumnya, mereka adalah miliarder dadakan. Bahkan mereka terpaksa harus menjual hewan ternaknya untuk bertahan hidup. Kini warga kampung miliarder merasa sangat menyesal.

Pentingnya Investasi untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Oke, mari kita lupakan sejenak nasib masyarakat desa miliarder. Dari kejadian ini, kita bisa mengambil sebuah pelajaran penting, di mana kita wajib memahami literasi keuangan agar kita lebih pandai mengatur keuangan. Salah satu strateginya adalah dengan melakukan investasi.

Jika saja mereka menginvestasikan uang yang mereka terima, mungkin mereka tidak akan mengalami nasib yang malang seperti saat ini. Namun sayangnya mereka terburu-buru mengambil keputusan untuk membelanjakan uangnya sesuai keinginan, bukan kebutuhan.

Dengan berinvestasi, kita bisa menyimpan atau menempatkan dana pada periode tertentu, sehingga bisa mendapatkan keuntungan atau peningkatan nilai investasi di masa depan.

Perbedaan Investasi Jangka Pendek dan Investasi Jangka Panjang yang Perlu Kamu Ketahui

Pada umumnya, investasi dibedakan menjadi dua, yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Berikut adalah penjelasannya :

Investasi jangka pendek

Definisi investasi jangkap pendek, biasanya kurang dari tiga tahun. Yang termasuk ke dalam investasi jangka pendek di antaranya obligasi jangka pendek, sertifikat deposito dan pasar saham.

Investasi jangka panjang

Berbeda dengan investasi jangka pendek, pada investasi jangka panjang biasanya membutuhkan waktu di atas tiga tahun. Investasi yang satu ini bakalan cocok bagi kamu yang tertarik untuk menabung dalam jangka waktu yang lama, misalnya dana pensiun, biaya menikah dan biaya pendidikan.

Manfaat Investasi yang Perlu Diketahui. Sangat Baik untuk Masa Depanmu!

Dewasa ini, sudah semakin banyak masyarakat yang memahami betapa pentingnya melakukan investasi, mulai dari investasi properti, investasi saham, investasi emas, investasi reksadana dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena investasi dinilai jauh lebih menguntungkan dibanding menabung. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel : Menabung VS Investasi. Mana yang Terbaik?.

Berikut adalah manfaat investasi yang perlu kamu ketahui, agar bisa mengubah masa depanmu jadi lebih baik :

1. Meningkatkan aset

Jika kamu investasi dalam bentuk tanah ataupun properti, beberapa tahun ke depan, nilainya akan terus bertambah setiap tahun. Misalnya saja dalam sepuluh tahun kemudian kamu menjualnya, harganya bisa semakin tinggi. 

Untuk bisa mencapai aset bernilai tinggi, tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Kamu harus bersabar menunggu agar nilai jualnya semakin tinggi. Tanah dan properti termasuk ke dalam investasi jangka panjang.

2. Memenuhi kebutuhan di masa depan

Seiring berjalannya waktu, harga berbagai kebutuhan hidup akan terus naik setiap tahunnya. Misalnya saja biaya masuk sekolah juga akan mengalami kenaikan. Semakin tinggi jenjang pendidikannya, maka biaya pendidikan yang dibutuhkan juga semakin besar.

Agar kamu bisa memenuhi berbagai kebutuhan di masa depan, sebaiknya kamu perlu melakukan investasi. Adapun jenis investasi yang dipilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk biaya pendidikan, maka kamu bisa berinvestasi dalam bentuk emas.

3. Membuat gaya hidup lebih hemat

Ketika kamu telah berinvestasi secara rutin, biasanya kamu jadi lebih mudah untuk menjalani gaya hidup lebih hemat. Hal ini disebabkan karena kamu jadi lebih pandai dalam mengatur keuangan, memiliki sikap kehati-hatian saat menggunakan uang dan selalu berusaha untuk menghindari membeli hal-hal yang tidak penting dan bersifat lebih ekonomis.

Coba kamu bandingkan ketika kamu tidak pernah berinvestasi, kamu seakan tidak peduli dengan kondisi keuanganmu dan selalu mengikuti hawa nafsu untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu penting. 

4. Menghindari utang

Akibat menerapkan gaya hidup yang lebih hemat, biasanya orang yang rajin melakukan investasi cenderung menghindari utang, baik itu utang konsumtif maupun produktif. Karena mereka memiliki komitmen yang kuat untuk terus berinvestasi dan tidak tergoda dengan utang.

Orang yang gemar berinvestasi akan berpikirian jauh ke depan dan tidak mudah tergoda untuk membeli gengsi. Apalagi jika sampai berutang. Bukannya untung, kondisi keuangan malah akan kacau akibat utang piutang.

5. Menambah sumber penghasilan

Tidak bisa diragukan lagi, jika investasi mampu menambah penghasilan. Setiap uang yang kamu sisihkan, akan semakin bertambah di kemudian hari. Dengan begitu, kamu tidak lagi tergantung hanya dari satu sumber penghasilan saja, misalnya uang gaji bulanan.

Untuk mendapatkan profit yang besar, tentu kamu harus memilih jenis investasi yang tepat dan pandai memprediksi peluang. Jumlah profit atau keuntungan yang kamu dapatkan tergantung seberapa besar uang yang kamu investasikan. Semakin besar jumlahnya, maka biasanya keuntungannya juga semakin banyak.

Jadi, jangan pernah anggap sepele investasi. Berapapun nominalnya yang kamu investasikan, akan sangat bermanfaat untuk masa depan kamu. Yang terpenting adalah disiplin, konsisten, memilih investasi yang tepat dan pastinya ada uang yang ingin diinvestasikan.

Demikian informasi mengenai manfaat investasi yang perlu kamu ketahui, agar kamu bisa mengelola keuanganmu dengan lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat.

Artikel ini bersumber dari www.akubisnis.com.