Desember 6, 2022

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi susu harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Penderita diabetes tetap bisa meminum susu, selama susu tersebut merupakan jenis susu khusus untuk diabetes.

Susu pada umumnya memang mengandung karbohidrat yang dapat memberi dampak signifikan pada naiknya kadar gula darah. 

Namun bukan berarti penderita diabetes harus berhenti konsumsi susu. Saat ini ada banyak jenis susu rendah kalori yang bisa kamu pilih agar gula darah tetap dalam batas aman.

Jenis susu khusus untuk diabetes

Bagi penderita diabetes yang merasa tak punya pilihan produk susu yang tepat, kamu tak perlu berkecil hati. Sebab, ada banyak sekali ragam susu rendah karbohidrat yang saat ini beredar di pasaran. 

Mulai dari susu sapi organik bebas lemak sampai susu kurma tanpa pemanis tambahan, semuanya bisa diminum. Berikut ini jenis susu buat diabetes.

1. Susu sapi organik bebas lemak

Susu sapi organik rendah lemak merupakan salah satu jenis susu yang baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes. 

Susu sapi organik adalah susu yang dihasilkan dari sapi yang bebas dari obat antibiotik serta hormon reproduksi dan pertumbuhan. 

Makanan yang dikonsumsi sapi organik hanyalah rumput dan pangan lain yang bebas pupuk kimiawi, pestisida, serta biji-bijian GMO.

Menurut penelitian, susu yang dihasilkan sapi dengan pangan organik memiliki kadar asam lemak omega-3 yang lebih tinggi dan menyehatkan. Per cangkirnya, susu ini mengandung 12 gram karbohidrat dan 8 gram protein.

2. Susu almond tanpa pemanis

Susu nabati juga patut untuk dicoba oleh kamu yang menderita diabetes. Salah satu yang direkomendasikan adalah susu almond tanpa pemanis. 

Susu ini dinilai lebih rendah lemak dan kalori ketimbang susu sapi, sehingga dapat menjadi pilihan alternatif yang baik untuk penderita diabetes.

Satu gelas susu almond tanpa pemanis mengandung 41 kalori, 2 gram karbohidrat, dan 3 gram lemak sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

3. Susu kedelai untuk diabetes

Susu kedelai untuk diabetes secara khusus mencakup susu kedelai organik yang tidak ditambahkan dengan pemanis.

Susu kedelai merupakan susu olahan biji kedelai yang telah dihaluskan dan disaring sehingga terasa lembut dengan cita rasa yang khas. Manfaat susu kedelai sangat beragam, salah satunya untuk mengendalikan gula darah.

Satu gelas susu kedelai mengandung sekitar 2-4 gram lemak sehat, 7 gram protein, 61 miligram kalsium, dan 4-20 gram gula. Namun, jika kamu memilih susu kedelai tanpa pemanis, kamu bisa meminimalisir kadar gula di dalamnya. 

4. Susu kambing rendah lemak

Susu rendah lemak untuk diabetes yang direkomendasikan adalah susu kambing. Susu kambing juga tergolong rendah lemak dan kaya akan kalsium. 

Di Indonesia, ada susu dari kambing etawa yang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Kambing etawa sendiri merupakan kambing hasil persilangan kambing lokal dengan kambing jamnapari dari India. 

Susu kambing etawa mengandung A2-Betakasein dan asam amino esensial yang dapat membantu proses pembentukan insulin sehingga sangat baik dikonsumsi pengidap diabetes.

5. Susu kurma tanpa pemanis

Sebagai buah dengan rasa yang sangat manis, kurma seringkali dinilai sebagai buah terlarang bagi penderita diabetes. 

Akan tetapi, kurma termasuk buah yang memiliki nilai indeks glikemik (GI) yang rendah, yaitu dibawah 55. 

Indeks glikemik yang rendah menunjukkan bahwa makanan dicerna oleh tubuh secara perlahan, sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah naik secara drastis.

Jika ingin meminum susu kurma, pastikan kandungannya murni buah kurma segar dan tanpa pemanis tambahan, ya.

6. Susu skim

Susu skim adalah susu rendah lemak yang cocok untuk penderita diabetes. Bukan hanya itu, kandungan dalam susu skim juga dipercaya mampu mengontrol risiko penyakit jantung dan membatasi asupan lemak jenuh.

Di dalam satu gelas susu skim, setidaknya terdapat 83 kalori dan 0,1 gram lemak jenuh. Angka ini sangat rendah apabila dibandingkan dengan susu murni yang mengandung sampai dengan 5 gram lemak jenuh.

Merk susu untuk diabetes

Sebelumnya sudah disebutkan jenis susu apa yang baik untuk penderita diabetes. Di Indonesia, ada beberapa merk susu khusus untuk diabetes. Berikut ini daftar merk susu khusus untuk diabetes dan estimasi harganya.

1. Mirota Lactona Dia-B – Rp52.885

Mirota Lactona Dia-B merupakan susu yang dirancang dengan kandungan serat pangan yang tinggi serta kaya akan protein. 

Serat serta protein pada susu ini membuat Mirota Lactona Dia-B dipercaya efektif untuk melancarkan sistem pencernaan. Mirota Lactona Dia-B tersedia dalam ukuran 300 gram dengan harga Rp52.885.

2. Appeton Wellness 60+ Diabetic – Rp317.000

Kalau kamu mencari susu diabetes untuk lansia, Appeton Wellness 60+ Diabetic adalah jawabannya. Secara khusus, merek susu ini diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lansia yang sudah berusia 60 tahun ke atas.

Susu ini melepaskan kandungan karbohidrat dengan lebih lambat, sehingga bisa memberikan asupan energi ke dalam tubuh secara efektif tanpa membuat kadar gula darah melonjak.

Selain itu, susu ini juga memiliki keunggulan lain, yaitu bebas laktosa dan bebas gluten serta kolesterol, sehingga bisa menjadi pilihan susu penambah berat badan untuk penderita diabetes.

Akan tetapi, harga susu ini cukup mahal. Appeton Wellness 60+ Diabetic ukuran 400 gram bisa didapatkan dengan harga Rp317.000.

3. Diabetasol Susu Rasa Vanilla – Rp140.700 

Bagi penderita diabetes, sebenarnya disarankan untuk menghindari susu dengan perasa tambahan. 

Namun, Diabetasol Susu Rasa Vanilla dirancang secara khusus untuk penderita diabetes, sehingga tetap aman dikonsumsi meski mengandung rasa vanila.

Diabetasol Susu Rasa Vanilla bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp140.700 untuk kemasan berukuran 600 gram.

4. Tropicana Slim Skim Milk Original – Rp198.400

Susu skim merupakan susu rendah lemak untuk diabetes yang sangat direkomendasikan. Bagi kamu yang mencari susu skim, cobalah Tropicana Slim Skim Milk Original.

Bukan hanya baik untuk diabetes, Tropicana Slim Skim Milk Original juga dipercaya baik untuk penderita kolesterol. Tropicana Slim menghadirkan varian rasa cokelat, vanila, dan kopi untuk susu skim ini.

Tropicana Slim Skim Milk Original bisa didapatkan dengan harga Rp198.400 untuk kemasan berukuran 1 kilogram.

5. Abbott Glucerna Triple Care Powder – Rp698.000

Rekomendasi susu khusus untuk diabetes yang berikutnya adalah Abbott Glucerna Triple Care Powder. Susu ini memiliki harga yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan merek susu lainnya.

Di dalam susu ini, terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang mampu menjaga kesehatan sirkulasi pembuluh darah bagi penderita diabetes. 

Susu ini juga mengandung chromium picolinate yang bisa membantu mengendalikan berat badan dengan cara mendorong metablisme karbohidrat. Susu ini bisa dibeli dengan harga Rp698.000 untuk ukuran 850 gram.

6. Unisoy Nutritious Soya Milk Powder – Rp73.250

Susu kedelai juga baik khusus untuk diabetes. Secara khusus, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi susu kedelai organik. Unisoy Nutritious Soya Milk Powder adalah salah satunya.

Susu ini terbuat dari 100 persen kacang kedelai organik serta tinggi akan kalsium dan rendah lemak. Untuk ukuran 350 gram, susu ini bisa didapatkan dengan harga Rp73.250.

7. Anlene Gold Plus – Rp31.155

Ada lagi susu yang dikhususkan untuk dewasa, yaitu Anlene Gold Plus. Bukan cuma baik untuk mengendalikan kadar gula darah, susu ini juga baik untuk menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan.

Harga susu Anlene Gold Plus sangat terjangkau. Kamu bisa mendapatkan Anlene Gold Plus ukuran 175 gram dengan harga Rp31.155 saja.

Manfaat susu khusus untuk diabetes

Susu merupakan salah satu sumber nutrisi lengkap yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, misalnya kalsium dan protein yang membantu memelihara kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Penderita diabetes juga cenderung memiliki struktur tulang yang lemah yang juga dipengaruhi oleh gangguan saraf kaki pada penderita. Maka dari itu asupan kalsium sangat penting untuk menunjang kesehatan tulang.

Selain itu, susu juga bisa menjadi asupan sehat pengganti makanan yang baik bagi penderita diabetes yang sedang diet diabetes melitus dan mengatur pola makan sehat. Sebab, susu memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Syaratnya, pilihlah jenis susu dengan kadar lemak, gula, karbohidrat yang rendah serta memiliki indeks glikemik yang juga rendah.

Kamu juga bisa memilih aneka produk susu instan yang diproduksi khusus untuk penderita diabetes seperti Diabetasol, Tropicana Slim Skim Milk, Nestle Nutren Diabetes, Abbott Glucerna Triple Care Powder, dan lain-lain.

Cara memilih susu untuk diabetes yang tepat

Sebelum memilih susu bagi penderita diabetes, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa poin berikut ini.

1. Perhatikan kadar gula

Hal paling utama yang harus diperhatikan saat memilih susu untuk penderita diabetes adalah kandungan gulanya. 

Tak hanya bisa meningkatkan kadar gula darah, tapi gula pun akan menyebabkan kondisi resistensi insulin. 

Resistensi insulin adalah kondisi dimana sel-sel tubuh tidak lagi bisa menggunakan gula darah dengan baik akibat adanya gangguan dalam merespons insulin. Akhirnya terjadi penumpukan glukosa dalam darah.

Maka dari itu, pilihlah susu dengan kadar gula yang paling rendah dan tak mengandung bahan pemanis.

2. Perhatikan kadar karbohidrat

Asupan karbohidrat harian yang dianjurkan bagi penderita diabetes berkisar antara 15 hingga 30 gram dalam satu porsi. 

Jika kamu ingin minum susu, perhatikan kadar karbohidrat yang terkandung di dalamnya. Jangan sampai susu yang kamu pilih mengandung karbohidrat lebih dari 30 gram per satu takaran saji.

3. Perhatikan kandungan lemaknya

Selalu pilih susu diabetes yang rendah lemak trans dan lemak jenuh. Sebaliknya, pilih susu yang memiliki kandungan MUFA (Monounsaturared Fatty Acid) dan PUFA (Polyunsaturated Fatty Acid).

MUFA dan PUFA adalah jenis lemak tak jenuh yang sangat baik dikonsumsi, karena sifatnya yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah serta menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah.

4. Pilih yang tinggi kalsium dan vitamin D

Karena penderita diabetes cenderung memiliki struktur tulang yang lebih rapuh ketimbang orang lain pada umumnya, maka asupan kalsium dan vitamin D yang cukup sangat membantu dalam memelihara kesehatan tulang. 

Pilihlah susu dengan kandungan vitamin D dan kalsium yang tinggi. Kombinasi vitamin D dan kalsium yang terkandung dalam susus dapat mrnjaga kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Usia untuk mulai minum susu diabetes

Penyakit diabetes banyak diderita oleh mereka yang berusia 30 tahun ke atas dan kian memburuk begitu menginjak usia 40 tahun ke atas. 

Namun, saat ini banyak sekali penderita diabetes usia muda, bahkan banyak yang masih tergolong remaja. Hal ini disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang kurang baik. 

Untuk itu, tidak ada salahnya mengganti susu yang biasa kamu konsumsi dengan susu diabetes yang rendah gula dan karbohidrat sedini mungkin sebagai tindakan pencegahan diabetes. 

Susu diabetes dapat dikonsumsi sejak usia 20 tahunan atau ketika kamu mulai merasakan gejala awal diabetes. 

Jenis susu yang perlu dihindari penderita diabetes

Penderita diabetes tentu membutuhkan nutrisi yang terkandung dalam segelas susu. Sayangnya, tak semua susu mendatangkan manfaat bagi penderita diabetes. Beberapa diantaranya justru bisa meningkatkan kadar gula darah. 

Maka dari itu, penderita diabetes harus pintar-pintar memilih produk susu yang akan dikonsumsi. Ini adalah kriteria susu yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes:

Susu dengan perasa tambahan

Hindari susu yang mengandung perasa tambahan seperti cokelat, cappuccino, strawberry, dan lain-lain. 

Sebab, dengan adanya perasa tambahan, maka jumlah gula dan karbohidratnya pun bertambah. Sebaiknya pilih susu dengan rasa yang alami tanpa perasa tambahan.

Susu dengan pemanis tambahan

Pilih susu yang bebas dari pemanis tambahan. Sebab tanpa disadari, adanya pemanis tambahan justru bisa membahayakan penderita diabetes yang mengonsumsinya. 

Kadar gula yang tinggi bisa jadi bencana bagi penderita diabetes. Sebab, semua penderita diabetes harus membatasi asupan gula hariannya jika tak ingin penyakitnya bertambah parah.

Susu dengan kandungan lemak yang tinggi

Kamu sebaiknya menghindari susu yang memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi. Salah satu yang wajib dihindari adalah susu dengan label full cream karena mengandung lemak yang cukup tinggi.

Pilihlah susu rendah lemak atau yang mengandung lemak tak jenuh karena membawa manfaat yang baik untuk kesehatan jantung dan peredaran darah.

Susu dengan kandungan karbohidrat tinggi

Hindari susu yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi melampaui batas normal asupan karbohidrat harian penderita diabetes. 

Sebab, karbohidrat akan mengakibatkan tingginya kadar gula dalam darah sehingga akan memperburuk kondisi penyakit diabetes yang diderita.

Lindungi diri dengan asuransi kesehatan

Tips dari Lifepal! Sebaiknya, siapkan asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga pada risiko yang bisa ditimbulkan oleh penyakit kritis seperti diabetes.

Penting untuk memiliki perlindungan asuransi kesehatan agar kamu bisa fokus pada penyembuhan, bukan biayanya. Sebab, biaya pengobatan sudah diatasi oleh asuransi.

Selain itu, berikan perlindungan tambahan dari asuransi penyakit kritis yang meng-cover biaya pengobatan untuk menangani penyakit kritis, seperti kanker, stroke, serangan jantung mendadak, dan gagal ginjal. 

Biasanya asuransi ini akan menanggung semua biaya perawatan dan pengobatan nasabahnya yang mengidap penyakit kronis. Lagipula, dengan memiliki asuransi, rasa khawatir dan cemas melihat tagihan pengobatan jadi teratasi. 

Jangan lupa juga untuk memiliki dana darurat, ya! Coba hitung berapa jumlah dana darurat yang kamu butuhkan menggunakan kalkulator dana darurat dari Lifepal berikut ini. 

Pertanyaan seputar susu khusus untuk diabetes

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.