Desember 8, 2022

Bali: Perhelatan KTT G20 di Bali akan berlangsung dalam waktu dekat. Mata tertuju pada apakah Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan hadir pada KTT yang berlangsung 15-16 November 2022 itu.
 
Presiden Joko Widodo mengaku telah menghubungi Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Vlodymyr Zelensky, terkait mengenai kepastian kehadiran mereka.
 
“Pada KTT G20 di Bali nanti,  Putin Dan Zelensky akan menghadiri G20 Jika kondisi-nya memungkinkan,” ujar Jokowi, saat ditemui wartawan Bali, 8 November 2022.
 

Sebelumnya, pada minggu lalu, Zelensky dalam pidato mingguan melalui videonya mengatakan bahwa dia tidak akan ambil bagian dalam pertemuan puncak Kelompok ekonomi utama, G20 jika Presiden Rusia Vladimir Putin turut hadir.


Zelensky mengatakan, kepada wartawan setelah pembicaraan di Kyiv dengan Presiden Yunani bahwa dia telah diundang untuk berpartisipasi dalam KTT pada 15-16 November oleh Presiden Indonesia Joko Widodo.
 
“Posisi pribadi saya dan posisi Ukraina adalah jika pemimpin Federasi Rusia ambil bagian, maka Ukraina tidak akan ambil bagian. Kita lihat saja nanti seperti apa,” kata Zelensky seperti dikutip dari AFP, Jumat 4 November 2022.
 
Adapun Putin yang hadir dalam forum Valdai Discussion Club di Moskow pada 27 Oktober lalu, Putin merespons pertanyaan dari Pengamat Pertahanan dan Militer Connie Rahakundini Bakrie mengenai KTT G20.
 
Putin mengawali jawabannya dengan mengatakan bahwa hubungan Indonesia-Rusia terjalin sangat baik hampir di sepanjang riwayat sejarah kedua negara.
 
“Saya berterima kasih atas kepemimpinan dan undangan Presiden (Jokowi) untuk hadir di G20. Kami sedang memikirkan bagaimana untuk menyikapi hal tersebut,” ucap Putin.
 
“Pejabat tinggi Rusia sudah pasti akan hadir di sana. Mungkin saya juga akan pergi. Saya akan memikirkan hal ini lagi,” sambungnya.
 
Sebelumnya pada pertengahan Oktober lalu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan, hotel untuk dipakai oleh Putin saat KTT G20 sudah dipersiapkan oleh tuan rumah. Meski demikian, ia masih belum dapat memastikan jika Putin hadir dalam pertemuan puncak G20 di Bali tersebut.
 

(FJR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.