Desember 5, 2022

SURYA.CO.ID, LAMONGAN – Coffe morning di Minggu pertama bulan Nopember 2022 dimanfaatkan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi untuk melakukan evaluasi kinerja, pada semua organisasi perangkat daerah (OPD) di lantai 7 ruang Gajah Mada, Senin (7/11/2022).

Selain evaluasi menyeluruh, orang nomor satu di Lamongan ini juga memberi arahan kepada kadis, kabag dinas instansi terkait.

Yuhronur fokus membahas dinamika tata kelola pemerintahan dan isu yang sedang berkembang di masyarakat.

Serta komitmennya mewujudkan visi misi Lamongan mencapai kejayaan yang berkeadilan.

Pada kesempatan itu, Kaji Yes mengintruksikan pada semua pejabat bawahannya untuk merespon aspirasi dan aduan masyarakat pada kanal pengaduan Lapor Pak Yes dengan baik.

Agar meningkatkan kepercayaan publik akan kinerja yang dilakukan pemerintah Kabupaten Lamongan.

“Aspirasi masyarakat pada Lapor Pak Yes harus bisa direspon dengan baik, agar dapat meningkatkan kepercayaan publik, ” tegasnya di depan para OPD.

Yuhronur membeberkan data, berdasarkan data dari Diskominfo Lamongan, laporan terbanyak masuk pada kategori administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, yakni 319 laporan dari 889 laporan masyarakat.

“Tidak semua laporan yang disampaikan ini isinya negatif, ada juga yang hanya menanyakan terkait informasi,” kata Yuhronur.

Dikatakan, respon dari perangkat daerah atas aduan masyarakat ini menjadi keharusan.

Tidak semua aduan dapat diselesaikan dalam waktu yang cepat, namun diharapkan adanya respon, jawaban, maupun penjelasan atas aduan ini harus dilakukan maksimal 1 x 24 jam.

Sepanjang Januari-Oktober 2022 telah ada 889 laporan di kanal Lapor Pak Yes. 788 sudah ditindaklanjuti, masih ada 96 laporan yang masih proses tindak lanjut, dan ada 5 di antaranya belum ditindaklanjuti.

“Untuk yang belum tolong dilihat progresnya,” tegasnya.

Ia hanya berharap kecepatan tindak lanjut akan aduan masyarakat, Yuhronur juga mengajak untuk mengoptimalkan potensi alam yang dimiliki Lamongan, mempercepat realisasi pembangunan fisik.

Terus meningkatkan kesiapsiagaan bencana khususnya bencana banjir akibat hidrometeorologi, serta mengajak seluruh Kepala OPD untuk bijak dalam merencanakan anggaran pada tahun 2023.

“Setiap orang harus memiliki pandangan yang sama, komitmen yang sama, dan optimis yang tinggi. Mari kita semuanya membangun budaya kerja dengan menjaga integritas, loyalitas, dan sinergi,” pungkasnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.