Desember 5, 2022

Ada berbagai gejala bushing arm mobil rusak yang perlu dikenali oleh setiap pemilik kendaraan mengingat komponen ini memiliki peran penting untuk menjaga kaki-kaki mobil agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

Bushing arm juga terletak pada bagian kolong mobil bagian belakang (kaki-kaki) sehingga sering terlupakan.

Padahal, komponen ini terbuat dari bahan karet dan memiliki peranan yang sangat penting untuk meredam guncangan sehingga berkendara menjadi lebih nyaman.

Jadi, apabila ciri ciri bushing arm mobil rusak mulai terasa tentu tidak boleh diabaikan begitu saja karena selain berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara namun juga akan sangat mengganggu kinerja mobil saat dioperasikan.

Kira-kira apa saja gejala bushing arm mobil rusak yang perlu diperhatikan supaya dapat dengan cepat memberikan tindakan? Simak ulasannya pada artikel ini!

Gejala bushing arm mobil rusak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika bushing arm merupakan komponen di dalam mobil yang terbuat dari bahan dasar karet dan berfungsi untuk menjaga stabilitas kaki-kaki mobil supaya dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. 

Selain itu, bahan dasar karet pada komponen ini juga akan membantunya untuk meredam getaran saat mobil sedang berjalan.

Oleh sebab itu, walaupun komponen ini berada pada bagian kolong mobil tentu akan tetap terasa oleh pengemudi apabila terjadi kerusakan.

Namun, bagaimana ciri ciri bushing arm mobil rusak dapat bisa segera memberikan penanganan yang tepat? Berikut adalah beberapa diantaranya,

1. Mobil tidak stabil saat berjalan

Gejala bushing arm mobil rusak yang paling mudah untuk dikenali adalah mobil yang terasa tidak stabil saat berjalan. 

Jadi, bila kamu mula merasa mobil kurang stabil khususnya pada saat kecepatan tinggi dan di jalanan yang kurang mulus maka itu sudah merupakan ciri ciri bushing arm mobil rusak sehingga harus lebih berhati-hati.

2. Muncul suara berdecit dan bising dari bawah jok depan

Munculnya suara berdecit dari bawah jok juga dapat menjadi salah satu gejala bushing arm mobil rusak yang harus diperhatikan.

Gangguan ini seringkali terjadi karena bagian karet sudah mengalami retak karena adanya beban yang cukup berat pada bagian bushing.

Ditambah, hal ini juga dapat dipicu karena terlalu sering melewati jalanan yang rusak sehingga mempercepat kerusakan pada bagian karet tersebut.

Selain itu, suara decit ini disebabkan adanya suara mesin (bagian sasis dan arm) yang beradu pada bagian bawah jok depan sehingga akan sangat mengganggu ketika berkendara.

3. Adanya keretakan pada karet bushing

Gejala bushing arm mobil rusak yaitu karena adanya keretakan pada karet bushing. Apabila komponen ini mulai mengalami retak tentu tidak akan bisa lagi bekerja secara optimal. 

Keretakan ini seringkali terjadi karena bushing bekerja terlalu berlebihan terlebih karena mobil sering melewati jalanan rusak sehingga strut bar malah bisa pecah.

Efek bushing arm mobil rusak

Apabila telah muncul berbagai gejala bushing arm mobil rusak maka tentu harus segera diberikan tindakan perbaikan di bengkel langgananmu. Sebab, ada berbagai efek bushing arm mobil rusak yang akan terjadi jika gangguan dibiarkan terus menerus, diantaranya adalah:

  • Potensi bahaya selama berkendara yang semakin tinggi karena karet bushing yang rusak dapat membuat mobil menjadi kurang stabil saat dioperasikan.
  • Berkendara menjadi tidak nyaman karena terdapat bunyi bising mengganggu antara sasis dan arm sekaligus setir mobil dan roda semakin terasa sulit untuk dikontrol.
  • Decitan yang dihasilkan oleh  sasis dan arm juga akan meningkatkan potensi bahaya karena besar kemungkinan percikan api yang tercipta dari gerakan tersebut.

Selain itu,  efek bushing arm mobil rusak ini juga harus diperhatikan mengingat besar kemungkinan gangguan tersebut akan menyebabkan kecelakaan bahkan hingga kematian apabila tidak segera ditanggapi dengan serius.

Dimana, hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi munculnya gejala dan efek bushing arm mobil rusak adalah mengganti komponen yang dirasa sudah lewat masa  pakainya ataupun sudah mengalami gangguan.

Ditambah, kamu juga dapat mengurangi penyebab bushing arm rusak sedini mungkin dengan cara mengemudi dengan teknik yang benar terutama mengurangi kecepatan saat jalanan rusak dan berlubang. 

Selanjutnya, penting juga untuk mengetahui kapasitas muatan mobil agar mesin tidak sering bekerja ekstra diluar batas kemampuanya. 

Terakhir, penyebab bushing arm rusak lainnya yang harus dihindari yaitu dengan rutin mengecek usia karet bushing arm, sebab ia punya masa pakai yang akan mengalami kualitas dan kinerja seiring berjalannya waktu.

Harga bushing arm mobil

Apabila telah muncul gejala bushing arm mobil rusak, maka umumnya kamu perlu menggantinya segera dengan yang baru agar kendaraan dapat berfungsi kembali dengan normal.

Harga bushing arm mobil ini cukup beragam tergantung dari jenis dan merk yang digunakan. 

Sebagai gambaran, berikut adalah kisaran harga bushing arm mobil yang dapat kamu pilih dan pertimbangkan saat hendak membelinya, diantaranya adalah:

​​

Nama Bushing Arm Kisaran Harga
Bushing Lower Arm Depan (Besar) Honda Mobilio Brio BRV Rp. 700 Ribu
Bushing Center Arm Suzuki Genuine Bell Crank Rp. 250 Ribu
Upper Control Arm Depan (Atas) Innova Rp. 750 Ribu
Bushing arm besar New Vios Yaris RBI Rp. 100 Ribu
BUSHING ARM RELAY MONOSHOCK VIXION R15 Rp. 125 Ribu
Lateral Control Panhard Bushing Set Toyota Innova Rp. 300 Ribu
Bushing Lower Arm Depan (Besar) MAZDA CX5 Rp. 900 Ribu
Nissan Livina Bushing Low Arm Abu Bushing Rp. 183 Ribu
Bushing Lower Arm Depan (Kecil) MAZDA CX5 Rp. 700 Ribu

 

Tips dari Lifepal! Ada berbagai gejala bushing arm mobil rusak yang perlu dikenali oleh setiap pemilik kendaraan agar potensi bahaya selama berkendara dapat diminimalisir. 

Beberapa gejala yang wajib langsung disadari agar dapat memberikan penanganan yang tepat yaitu saat mobil mulai terasa tidak stabil, muncul suara bising dan deceit yang mengganggu hingga ditemukan keretakan pada bagian bushing.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Pentingnya asuransi mobil

Salah satu hal paling penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan yaitu adalah melengkapinya dengan asuransi mobil. 

Sebab, asuransi mobil akan memberikanmu perlindungan berupa ganti rugi atas segala resiko yang mungkin terjadi pada kendaraan milikmu mulai dari kerusakan akibat kecelakaan, kehilangan karena tindak pencurian hingga jaminan hukum pihak ketiga jika dibutuhkan.

Tidak hanya itu saja, asuransi mobil ini juga dapat memberikan jaminan ganti rugi jika kendaraan yang didaftarkan mengalami masalah seperti mogok, penyok, lecet hingga kerusakan yang parah baik karena tabrakan, kebakaran, huru-hara hingga bencana alam.

Manfaat yang ditawarkan oleh asuransi mobil ini tentu akan membuatmu merasa lebih tenang karena kondisi finansialmu masih akan tetap terjaga walaupun ada musibah dan kerugian yang menimpa.

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar gejala bushing arm mobil rusak

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.