Desember 6, 2022

SURYAMALANG.COM|MALANG – Bagi masyarakat yang ingin berobat sekaligus berwisata di Malang, akan segera terwujud.

Rumah sakit di Malang yakni Rumah Sakit Persada (Persada Hospital), sedang menjajaki kerjasama dengan institusi kesehatan asal Amerika Serikat, Mass General Brigham Hospital.

Wakil Direktur Persada Hospital, Ardantya Syahreza mengatakan, pihaknya tengah mengembangkan berbagai layanan medis unggulan.

Hal itu dilakukan, untuk mewujudkan Malang sebagai kawasan Medical Tourism yang efektif berjalan pada tahun 2023 mendatang.

Menurutnya, potensi masyarakat Indonesia dari beberapa wilayah seperti Jakarta dan Surabaya sangat besar.

Hal ini terbukti dari hasil riset yang dilakukannya, bahwa masyarakat Indonesia setiap tahun pergi berobat sekaligus berwisata di luar negeri mengeluarkan uang sekitar 11,5 miliar USD.

Mereka memilih berobat ke negara-negara seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

“Sementara kami juga melihat, bahwa di rumah sakit kami beberapa pasien dari Kalimantan, Sulawesi, Medan. Mereka datang kesini untuk berobat, artinya kualitas kita tidak kalah, dan memang untuk pelayanannya harus ditingkatkan,” ujarnya kepada TribunJatim.com, Minggu (20/11/2022).

Dirinya menilai, bahwa wilayah Malang Raya memiliki destinasi tempat wisata alam dan buatan yang menjanjikan bagi wisatawan dari luar daerah. Seperti adanya destinasi Gunung Bromo, berbagai wahana permainan tempat wisata dan ditopang keindahan alam yang hijau di Kota Batu serta lainnya.

“Ini artinya kalau kita kombinasikan antara kualitas healthcare dan destinasi, harus menjadi suatu pilihan bagi orang di Jakarta atau Indonesia manapun untuk datang kesini,”

“Kita pun bisa menjadi kawasan medical tourism yang cukup diminati orang, apabila healthcare kita kolaborasikan dengan industri pariwisata,” bebernya.

Pihaknya juga sudah mulai berkomunikasi dengan pelaku industri pariwisata untuk mendukung terwujudnya Malang Medical Tourism. Seperti industri penginapan, tempat wisata dan lainnya.

“Hotel seperti Grand Mercure sudah menyampaikan kalau terbuka untuk kerjasama, Jatim Park juga sudah, kita juga ada obrolan untuk mengembangkan sebuah rehab atau wellness holistic center di Batu, jadi ini masih digiring betul-betul,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah mulai berkomunikasi dengan rumah sakit lainnya di Malang untuk mendukung terwujudnya kawasan Malang Medical Tourism.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.