Desember 6, 2022

Apa keuntungan dan kerugian ikut asuransi Prudential? Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan saat kamu akan membeli produk asuransi. Selain mengetahui keuntungannya, kamu juga harus mengetahui kerugian yang mungkin dialami.

Salah satu perusahaan asuransi yang cukup terkenal adalah Prudential. Untuk itu, kamu sebaiknya tahu apa saja keuntungan dan kerugian ikut asuransi Prudential.

Keuntungan utama membeli asuransi adalah bisa memproteksi finansial kamu dari risiko-risiko yang mungkin muncul di masa depan.

Sehingga, kamu tidak perlu pusing memikirkan hal tersebut karena risiko tersebut akan dicover oleh pihak asuransi.

Namun, dibalik manfaat asuransi yang besar, ada juga kerugian yang mungkin akan kamu alami, misalnya mendapatkan manfaat yang tidak sesuai dengan perjanjian polis, sulitnya melakukan klaim asuransi, padahal sudah memenuhi syarat, dan lain sebagainya.

Sebagai gambaran dan pertimbangan kamu, berikut ini ulasan yang berkaitan dengan keuntungan serta kerugian mengikuti asuransi Prudential.  

Kerugian ikut asuransi Prudential

Mengutip dari laman prudential.co.id, berikut ini beberapa kerugian ikut asuransi Prudential yang sering dialami nasabah dan penjelasannya. 

1. Tidak mendapatkan apa-apa hingga masa asuransi habis

Kerugian ikut asuransi Prudential yang sering dikeluhkan oleh nasabah adalah tidak mendapatkan apa-apa hingga masa asuransi tersebut habis, padahal selalu membayar premi secara rutin selama bertahun-tahun. 

Mereka merasa bahwa belum pernah melakukan klaim asuransi sama sekali tetapi tidak mendapatkan pengembalian premi atau manfaat lainnya 

Berdasarkan penjelasan Prudential, fungsi asuransi sendiri adalah sebagai proteksi risiko-risiko kerugian yang mungkin dialami.

Jadi, ketika kamu membayar premi asuransi setiap tahunnya, bisa dibilang uang yang kamu keluarkan tersebut untuk berjaga-jaga apabila risiko buruk menimpa.

Yang menjadi masalah, tak sedikit orang yang beranggapan bahwa membeli asuransi sama dengan menabung.

Jadi, ketika tidak terpakai, kita bisa mendapatkan pengembalian premi asuransi. 

Padahal, membeli asuransi seharusnya termasuk ke dalam pos pengeluaran karena memang fungsinya untuk memproteksi finansial.

Dengan begitu, kamu tidak akan merasa rugi. Hidup juga jadi merasa lebih tenang karena finansial kamu akan tetap aman.

2. Tidak mendapatkan keuntungan dari asuransi unit link

Kerugian yang juga sering dialami nasabah Prudential yakni tidak mendapatkan keuntungan padahal sudah mengikuti asuransi unit link. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika fungsi asuransi hanyalah sebatas melindungi saja. Meskipun memang ada embel-embel investasi dalam produk unit link.

Menurut Prudential, premi yang dibayarkan untuk asuransi unit link sebagian digunakan sebagai proteksi dan beberapa bagiannya digunakan untuk investasi. Jadi, tidak semua premi dibayarkan untuk investasi.

Oleh sebab itu, ketika masa asuransi unit link sudah habis, maka nominal yang akan kamu dapatkan tentunya tidak sebanyak premi yang sudah dibayar, karena sebagiannya digunakan untuk proteksi. 

Apalagi ketika kamu melakukan cuti premi tetapi manfaat proteksi masih berjalan, maka pihak asuransi akan memotongnya dari nilai investasi yang sudah disetorkan.

Sehingga, nilai investasi pun bisa menurun karena digunakan untuk membayar cuti premi tersebut. 

Selain itu, investasi yang ada pada unit link juga fluktuatif mengikuti pasar keuangan. Bisa saja investasi kamu sedang menurun, sehingga nominal yang didapatkan tidak sesuai dengan harapanmu.

Keuntungan ikut asuransi Prudential

Terlepas dari kerugian yang dialami, asuransi Prudential juga memiliki banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Berikut ulasannya.

1. Ada inner limit

Jika kamu membeli asuransi kesehatan Prudential, kamu akan mendapatkan manfaat inner limit atau yang biasa disebut limit penggantian. Inner limit yakni adanya pembatasan total tagihan rumah sakit setiap melakukan rawat inap. 

Jadi, ketika kamu sakit dan harus menjalani rawat inap, kamu tidak perlu khawatir terkena limit tahunan karena ada inner limit

2. Ada pengembalian premi

Beberapa produk asuransi Prudential memberikan pengembalian premi. Namun memang, kamu tetap harus membaca ketentuan dan persyaratannya, ya.

Sebab, biasanya nominal pengembalian premi bergantung pada kinerja investasi yang dilakukan. JIka investasi bagus, maka kemungkinan pengembalian premi dengan nominal banyak bisa kamu dapatkan. 

3. Masa perlindungan lama

Dibandingkan dengan produk asuransi lain, Prudential memiliki kelebihan yakni memberikan masa perlindungan yang cukup lama mencapai 75 tahun. 

Beberapa produk juga ada yang memberikan keuntungan, yakni pembayaran premi asuransi hanya 10 tahun dan mendapat manfaat hingga 75 tahun.

4. Ada kartu PHS

Sebagai informasi, kartu PHS merupakan kartu dari Prudential yang bisa digunakan untuk melakukan pengobatan di rumah sakit rekanan Prudential hanya dengan menunjukan kartunya saja. 

Jadi, kamu tidak perlu mengajukan dokumen klaim, karena semuanya sudah dibayarkan secara cashless. Cukup praktis. 

5. Bisa melakukan pengobatan di luar negeri

Untuk kamu yang membeli asuransi kesehatan Prudential, kamu bisa melakukan pengobatan hingga ke luar negeri, loh! Kamu bisa melakukannya di negara mana saja, kecuali Jepang dan Kanada. 

Produk asuransi Prudential

Untuk saat ini, produk unggulan asuransi Prudential adalah asuransi jiwa dengan asuransi kesehatan sebagai rider (manfaat). Berikut ulasannya.

1. PRULink Generasi Baru

Manfaat:

  • Uang pertanggungan minimal Rp200 juta dan ada tambahan 100 persen dari UP jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan sebelum usia 70 tahun
  • Tambahan investasi sebesar 5% dari premi berkala untuk 10 tahun pertama dan 10 persen untuk tahun berikutnya
  • Ada banyak manfaat rider yang bisa dipilih
  • Bebas memilih jenis investasi

2. PRULink Capital Account

Manfaat: 

  • Mendapat santunan meninggal dunia karena kecelakaan atau sakit
  • Santunan jika mengalami penyakit yang tergolong dalam 34 penyakit kritis
  • Pertanggungan hingga usia 99 tahun
  • Ada 7 pilihan dana investasi

3. PRULink Investor Account

Manfaat: 

  • Manfaat santunan untuk risiko meninggal dunia sebesar 125 persen dari premi tunggal
  • Uang pertanggungan yang didapat hingga Rp25 miliar jika tertanggung cacat tetap total dan tetap
  • Ada pilihan syariah
  • Ada banyak pilihan investasi

4. PRULink Assurance Account

Manfaat: 

  • Ada santunan meninggal dunia dan cacat tetap serta manfaat investasi
  • Pertanggungan hingga usia 99 tahun
  • Ada pilihan asuransi syariah
  • Ada fasilitas withdrawal
  • Premi minimal Rp400 ribu per bulan

5. PRUMy Child

Manfaat: 

  • Asuransi jiwa yang memberikan pertanggungan khusus untuk ibu dan calon bayi selama kehamilan
  • Manfaat kelainan bawaan anak
  • Manfaat komplikasi pada ibu saat kehamilan dan setelah melahirkan
  • Manfaat perawatan inkubator untuk bayi
  • Manfaat pertanggungan jiwa jika anak lahir dengan cacat total dan tetap atau jika anak meninggal dunia

6. PRUCritical Benefit 88

Manfaat:

  • UP hingga 100 persen jika tertanggung terkena salah satu dari 60 kondisi kritis tingkat akhir
  • UP sebesar 10 persen atau maksimal 200 juta jika tertanggung melakukan perawatan angioplasti
  • UP sebesar 100 persen jika tertanggung terkena risiko meninggal dunia
  • UP sebesar 100 persen jika tertanggung masih hidup hingga akhir masa pertanggungan
  • UP sebesar 200 persen jika tertanggung meninggal karena kecelakaan sebelum usia 70 tahun

Untuk informasi lengkap terkait produk Prudential lainnya, kamu bisa langsung mengeceknya di Lifepal, ya dan dapatkan diskon hingga 25%!

Tips dari Lifepal! Sebelum membeli asuransi, sebaiknya kamu membaca polis dengan seksama hingga paham.

Jika memang ada kata-kata yang tidak dimengerti, jangan ragu untuk meminta penjelasan hingga kamu benar-benar paham.

Pastikan menjadikan asuransi sebagai proteksi ya, bukan investasi atau tabungan.

Jadi, ketika premi asuransi tidak kembali, kamu tidak merasa dibohongi karena fungsi asuransi memang sebagai proteksi.

Simak pula ulasan mengenai saldo Prudential bisa diambil, dan juga cara tutup polis Prudential di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Apa pentingnya memiliki asuransi mobil?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, memiliki asuransi itu penting, yakni sebagai proteksi apabila kamu sewaktu-waktu mengalami risiko yang tidak diinginkan. 

Dengan memiliki asuransi, kamu akan merasa tenang karena tidak lagi memikirkan biaya-biaya. Semuanya akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Namun, perlu diperhatikan lagi saat memilih asuransi, pastikan pilih asuransi sesuai dengan kemampuan kamu dan sesuai dengan budget, ya. 

Cek juga bagaimana kesehatan keuangan perusahaan asuransi yang akan kamu beli. Jika nilai RBC kurang dari yang sudah ditentukan OJK, maka perusahaan asuransi tersebut bermasalah dan sebaiknya dihindari.

Biaya servis mobil dan perawatan juga tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar kerugian ikut asuransi Prudential

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.