Desember 5, 2022

Makassar: Tim Sar gabungan pencarian bencana longsor menemukan korban terakhir yang beberapa hari ini dicari di Desa Lonjoboko, Kecamatan Parangloe. Korban tersebut bernama Muh. Royan, 6, dan ditemukan 16 kilometer dari lokasi longsor.
 
Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, Djunaidi, mengatakan penemuan korban terakhir bencana tanah longsor ditemukan sekitar pukul 20.15 Wita.
 
“Jenazah korban ditemukan sekitar 16 kilometer dari lokasi kejadian,” kata Djunaidi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 20 November 2022.
 

Djunaidi menjelaskan korban ditemukan di dekat pintu air Bendungan Bili-bili Gowa. Korban ditemukan setelah hari kelima Tim Sar Gabungan melakukan pencarian.


“Atas penemuan ini, total ada 7 korban yang dinyatakan meninggal dunia akibat tanah longsor,” jelasnya.
 
Ia mengungkapkan setelah ditemukan oleh Tim Sar Gabungan, korban langsung dievakuasi untuk kemudian diserahkan ke DVI Polda Sulawesi Selatan untuk diperiksa. Penemuan anak Muh. Royan merupakan korban terakhir yang dinyatakan hilang saat longsor terjadi.
 
“Dengan hasil ini maka seluruh korban yang dilaporkan hilang telah ditemukan,” ungkapnya.
 
Djunaidi mengungkapkan pencarian selama lima hari melibatkan puluhan Tim Sar Gabungan berbagai unsur dari Basarnas, Polri, TNI, Pemda Gowa hingga Pemrpov Sulsel, serta organisasi potensi sar lainnya ikut memberi dukungan dalam pencarian.
 
Selain itu, dua alat berat ekskavator digunakan untuk membuka akses dan memindahkan material longsor di lokasi kejadian untuk membantu pencarian. Pihaknya juga berbelasungkawa kepada seluruh keluarga korban.
 
“Semoga diberi kekuatan dan kesabaran dan kepada seluruh unsur tergabung, diucapkan terima kasih atas dedikasinya selama lima hari dalam mencari dan mengevakuasi seluruh korban,” ujarnya.
 
Sebelumnya dari data yang ada longsor di Kabupaten Gowa terjadi di dua lokasi yakni Dusun Kunyika dan Dusun Borong Sapiria, Desa Lonjoboko, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa. Akibat bencana itu ada tujuh korban meninggal dunia.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

 
 

(DEN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.