Desember 6, 2022

SURYA.CO.ID – Sholawat Busyro adalah bacaan sholawat yang di jazahkan oleh Habib Seggaf bin Hasan Baharun.

Adapun keutamaan Sholawat Busyro adalah jika membacanya 41 kali dengan penuh keyakinan, dapat melancarkan rezeki, melancarkan urusan, mengabulkan segala hajat.

Dianjurkan membaca Sholawat Busyro setelah Sholat Subuh.

Berikut Lirik Sholawat Busyro dan Artinya.

اَللّهُمَّ صَلِّى وَ سَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَاحِبِ اْلبُشْرَى صَلاَةً تُبَشِّرُنَابِهَا وَأَهْلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَجَمِيْعِ مَشَايِخِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَطَلَبَتَنَا وَطَالِبَاتِنَا مِنْ يَوْمِ هَذَا اِلى يَوْمِ اْلآخِرَةِ

ِAllahumma Sholli wa sallim ala sayyidina muhammadin sohibil busyro sholatan tubassiruna bihaa wa ahlana wa awlaadanaa wa jamii’a masya’khinaa wa muallimiinaa wa tholabatanaa wa tholibatinaa min waumina hadza ilaa yaumil akhiroh

Artinya: Ya Allah berikanlah sholawat dan salam kepada Nabi Kita Muhammad Sosok Pembawa Kabar gembira, dengan sholawat yang memberikan kami kabar gembira untuk kami keluarga kami, anak anak kami, dan seluruh masyayikh kami, guru guru kami, murid murid / santri kami, santriwati kami, dari hari ini hingga hari akhir.

Keutamaan Membaca Sholawat lainnya

Membaca Sholawat merupakan perintah Allah SWT.

Dalam Surat Al Ahzab yaitu surat ke 33, ayat 56 dijelaskan perintah Allah SWT agar seluruh makhluk membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Arab-Latin: Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Membaca sholawat dipahami sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan tertinggi kepada Nabi Muhammad SAW.

Untuk itu membaca sholawat dinilai sebagai amalan ibadah, dan menambah ketakwaan pada Allah SWT.

Selain itu, membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW mempunyai banyak keutamaan lainnya.

Dijelaskan dalam hadist, bahwa membaca sholawat juga menghapuskan keburukan.

Hadist riwayat Imam Thabrani, Imam An-Nasai, dan Imam Al-Bazzar dari Abu Burdah bin Nayar, Rasulullah bersabda, “Siapa yang bershalawat kepadaku dari umatku shalawat secara ikhlas dari hatinya, Allah SWT akan bershalawat untuknya 10 kali shalawat, menaikkan derajatnya 10 kali, mencatat untuknya 10 kali kebaikan, dan menghapuskan untuknya 10 keburukan.”


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.