November 26, 2022

Nusa Dua: Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi bersama Kementerian BUMN melalui Yayasan BUMN Untuk Indonesia menyelenggarakan Malam Anugerah Kemanusiaan sebagai wujud apresiasi pemerintah atas berbagai aksi filantropi dalam penanggulangan covid-19. Anugerah yang diberikan kepada perseorangan, perusahaan swasta dan BUMN itu berlangsung di ajang O20, side event dari KTT G20, di Hotel Merusaka, Nusa Dua, Bali.
 
“Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, kami mengapresiasi peran, sumbangsih, dedikasi, dan perhatian para donatur lalu sehingga Indonesia mampu melewatinya dan dinilai dunia sebagai negara yang sukses melawan pandemi,” ucap Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan tertulis, Sabtu, 19 November 2022.
 
Hal senada juga dinyatakan Menteri BUMN Erick Thohir. Dukungan yang diberikan BUMN dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti pemerintah pusat, daerah, swasta, serta masyarakat menjadi kunci dari keberhasilan Indonesia bertahan dalam tiga tahun terakhir.


“Anugerah yang kami berikan hari ini, tentu tidak sebanding dengan perhatian, bantuan, dan dukungan yang bersama kita lakukan selama pandemi. Saya berterima kasih, dan ini membuktikan dengan gotong royong kita yakin bisa menghadapi apapun tantangan,” ujar Erick.
 

Pemberian Anugerah Kemanusiaan ini diberikan kepada 14 pengusaha (individu) yang pada saat itu memberikan donasinya melalui Yayasan BUMN Untuk Indonesia. Tak hanya itu, pemberian Anugerah kemanusiaan ini juga diberikan untuk 15 perusahaan BUMN dan lima perusahaan Swasta yang telah berkontribusi terhadap penanganan pandemi covid-19, yaitu kepada PT PLN, PT Bank Negara Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
 
Selanjutnya PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian, Mind.id, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau IFG, PT Pupuk Indonesia (Persero) atau PIHC, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Perkebunan Nusantara III (Persero)/Holding Perkebunan Nusantara sebagai penerima Anugerah Kemanusiaan perusahaan BUMN. Lalu, PT Hutchison 3 Indonesia, PT Grab Indonesia, PT Bank CTBC Indonesia, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, dan Hippindo sebagai penerima Anugerah Kemanusiaan perusahaan Swasta.
 
Selain itu, Yayasan BUMN Untuk Indonesia juga memberikan bantuan alat kesehatan sebanyak 14 unit ventilator kepada Pemerintah Provinsi Bali melalui Kepala BNPB Suharyanto, yang nantinya akan disebarkan ke beberapa rumah sakit di Provinsi Bali agar dapat membantu dalam penanganan covid-19 ini.
 
Sementara itu, Ketua Yayasan BUMN untuk Indonesia Harjawan Balaningrat sangat mengapresiasi atensi  pemerintah yang selalu memberikan kepercayaan kepada Yayasan BUMN untuk Indonesia dalam mendukung program penanganan bencana, pemberian bantuan, dan program pembangunan lainnya.
 
“Ragam aksi yang telah kami lakukan diantaranya, kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendapatkan alat kesehatan dari Tiongkok, Amerika Serikat, dan negara-negara lain, membantu operasional Wisma Atlet, dan menyelenggarakan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di enam kota,”  pungkas Harjawan.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 

(HUS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.