Desember 5, 2022

SURYA.CO.ID, PAMEKASAN – Kecelakaan antara mobil Xenia dan pikap di Jalan Raya Tlanakan, Pamekasan, Selasa (8/11/2022) pagi, membawa korban mantan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur, Mohammad Amin (50). Amin mengalami kecelakaan itu ketika dalam perjalanan menuju Mojokerto untuk menjemput anaknya.

Amin meninggal dunia setelah mobil Daihatsu Xenia M 1312 AA, yang dikendarainya bertabrakan dengan pikap M 8030 XD sekitar pukul 05.30 WIB. Warga Dusun Talang, Desa Talang, Kecamatan Seronggi, Sumenep itu meninggal dalam perjalanan menuju RSU Slamet Martodirjo, diduga akibat benturan kepala saat duduk di jok depa, dengan luka di dahi, lengan dan kaki.

Sementara sopirnya, Ahmad Hidayatur Rosi (29), yang masih bertetangga dengan korban, hanya mengalami luka ringan. Sedangkan mobil yang ditumpangi korban, bagian depan ringsek dan kaca depan retak.

Kondisi mobil pikap yang disopiri Abdul Fatah (54), warga Dusun Ombul IV, Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, juga tidak lebih baik. Hanya, Fatah mengalami luka ringan, termasuk ketiga penumpangnya asal warga Dusun Ombul II, Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

Kanit Lakalantas Polres Pamekasan, Ipda Bambang Budiyanto, kepada SURYA, mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan dan saksi di lapangan, mobil korban melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Pamekasan hendak mendahului mobil yang berjalan di depannya.

Kemudian di saat bersamaan, mobil pikap mengangkut ikan basah tujuan Pasar 17 Agustus, datang dari arah barat. Sehingga diduga mobil korban mendahului terlalu ke kanan jalan, sehingga tabrakan tidak terhindarkan.

“Kecelakaan ini, diduga karena sopir mobil yang ditumpangi korban kurang hati-hati. Di saat pandangan di depan tidak bebas, mobil korban berusaha mendahului mobil lain,” kata Bambang.

Sukma Firdaus salah seorang anggota Bawaslu Pamekasan mengatakan, berdasarkan keterangan keluarganya, saat itu korban hendak menjemput anak nomor dua yang mondok di Pacet, Mojokerto. Setelah itu rencananya korban langsung ke Pasuruan untuk memenuhi undangan Bawaslu Pasuruan, sebagai narasumber mengenai Pemilu.

Sukma yang ditemui di bagian Lakalantas Polres Pamekasan menyatakan, sebelum jadi ketua Bawaslu Jatim, periode 2017 – 2022, korban juga pernah menjabat Ketua Panwaslu Sumenep.

“Tahun lalu, korban juga mengalami kecelakaan lalu lintas di Sampang. Mobil dinas Bawaslu Jatim yang dikendarainya menabrak mobil pikap dan sepeda motor yang sedang parkir di pinggir jalan. Saat itu korban selamat dan mengalami luka di kaki,” ujar Sukma. ****

 


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.