Desember 4, 2022


Liburan memang menjadi salah satu solusi yang cukup ampuh untuk mengurangi rasa penat dan jenuh dari rutinitas sehari-hari. Berlibur juga dianggap mampu untuk mengembalikan energi dan semangat dalam dirimu.

Dengan mengambil cuti beberapa hari untuk liburan, kamu bisa kembali bekerja dengan lebih semangat, sehingga akan memberikan hasil yang maksimal dalam setiap task yang diberikan.

Liburan yang asyik tentu saja traveling ke suatu tempat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Namun, traveling memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika tujuannya ke luar negeri, biayanya bisa lebih mahal lagi.

Liburan Asyik dan Hemat dengan Menggunakan Kartu Kredit

Agar bisa mewujudkan impian berlibur ke destinasi favorit, terkadang seseorang rela menyisihkan sebagian uangnya untuk menabung. Hal ini dilakukan, mengingat pengeluaran selama liburan memang cukup besar.

Namun, ada kalanya karena alasan tertentu, seseorang memutuskan untuk menggunakan kartu kredit saat liburan. Dibanding harus menabung.

Meski kelihatannya cukup boros dan akan menambah utang baru, tetapi liburan dengan menggunakan kartu kredit juga bisa menghemat pengeluaran loh!

Simak yuk cara menggunakan kartu kredit untuk memangkas biaya liburanmu agar lebih hemat di bawah ini :

1. Gunakan miles untuk tiket pesawat

Ada yang belum tahu apa itu miles? Jadi miles dan poin itu sebenarnya seperti cashback, tapi dalam bentuk yang berbeda. Biasanya miles dan poin diberikan oleh maskapai, hotel atau bank penerbit kartu kredit.

Miles ini fungsinya mirip seperti uang, yang bisa digunakan untuk membeli produk lainnya, misalnya tiket pesawat atau kamar hotel dan berbagai produk lainnya.

Dengan memanfaatkan miles dan poin dari kartu kredit, kamu bisa menukarkan untuk mendapatkan potongan khusus, bahkan gratis untuk membeli tiket pesawat hingga akomodasi hotel, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

2. Gunakan point reward untuk belanja

Tips liburan hemat berikutnya adalah dengan memanfaatkan point reward yang telah terkumpul selama kartu kredit aktif. 

Coba cek berapa jumlah total point reward yang kamu miliki. Mungkin saja jumlahnya sudah mencapai ratusan ribu atau bahkan jutaan. 

Dengan point reward tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk berbelanja atau makan di restoran selama berlibur. 

Namun sebelumnya pastikan tempat belanja atau restoran tersebut adalah merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit, agar kamu bisa menukarkan point reward.

3. Manfaatkan promo dan diskon untuk pesan hotel

Biasanya bank penerbit kartu kredit bekerja sama dengan banyak e-commerce untuk pemesanan hotel dan tiket pesawat. Misalnya saja tiket.com ataupun Traveloka. 

Maka dari itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan berbagai promo atau diskon spesial untuk memesan kamar hotel atau membeli tiket pesawat.

Kamu juga bisa memanfaatkan program promo atau diskon spesial yang diberikan oleh hotel atau maskapai untuk pembayaran dengan kartu kredit tertentu. Jika kartu kredit kamu termasuk salah satunya, kamu bisa memanfaatkannya.

Kartu Kredit Bukan untuk Foya-foya. Manfaatkan Secara Bijak!

Meski kartu kredit bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi dengan mudah, termasuk liburan, tetapi sangat dianjurkan agar kamu bisa menggunakannya sebijak mungkin.

Artinya ketika kamu berbelanja atau transaksi dengan kartu kredit, maka kamu harus bertanggung jawab untuk membayar tagihannya atau cicilan yang muncul di kemudian hari.

Sehingga nantinya utang kamu tidak menumpuk dan tidak akan membebankan finansial kamu, apalagi yang penghasilannya pas-pasan. 

Jika kamu terlanjur memiliki kartu kredit, gunakanlah secara bijak dan tepat. Misalnya untuk keperluan yang sangat urgent, seperti biaya rumah sakit atau biaya tidak terduga lainnya.

Demikian informasi yang Akubisnis.com bisa bagikan. Semoga artikel tentang tips liburan hemat dengan kartu kredit bisa bermanfaat sekaligus mengedukasi penggunaan kartu kredit yang tepat.

Artikel ini bersumber dari www.akubisnis.com.