Desember 6, 2022

Jakarta: Banyak orang bermimpi bekerja dan meniti karier di luar negeri. Namun, mewujudkan mimpi itu tidak mudah, tapi jelas tidak mustahil.
 
Kemajuan teknologi internet bisa membantu Sobat Medcom mempersiapkan diri dan mencari pekerjaan di luar negeri. Apa saja yang perlu dilakukan untuk mulai mewujudkan mimpi meniti karier di luar negeri?
 
Berikut tips yang bisa jadi pilihan untuk mulai mencari pekerjaan di luar negeri dikutip dari laman ef.co.id:

1. Bangun relasi

Pertama-tama, bangun jaringan melalui kolega kerja, koneksi, dan relasi. Hal ini akan mempermudah Sobat Medcom mencari pekerjaan di luar negeri. Bergabunglah dengan grup di media sosial yang memiliki minat terhadap karier serupa dengan kamu.


Lalu, buat profil menarik di media sosial, seperti LinkedIn. Di sana, Sobat Medcom bisa membahas mengenai minat, pengalaman, dan target.

2. Cari kerja sesuai minat

Sobat Medcom juga bisa mulai mencari pekerjaan di LinkedIn atau media sosial lainnya. Sobat Medcom bisa mulai dengan pekerjaan lepas/freelance untuk menambah pengalaman yang bisa meningkatkan nilai CV kamu.
 
Klien yang puas akan pekerjaan kamu juga bisa jadi koneksi untuk mencari pekerjaan di luar negeri. Apabila ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang kamu, tak ada salahnya juga untuk mulai melamar. Siapa tahu berhasil.

3. Meniti karier di dalam negeri

Sebelum meniti karier di luar negeri, Sobat Medcom juga bisa mulai dengan meniti karier di dalam negeri. Pengalaman di perusahaan multinasional tidak hanya akan meningkatkan nilai CV, tapi juga membantu memperluas koneksi. Selain itu, bukan tidak mungkin perusahaan tempat kamu bekerja memberikan kesempatan bekerja di luar negeri.

4. Digital nomad

Istilah digital nomad alias pengembara digital jadi populer belakangan ini. Pekerjaan, seperti penulis, blogger, fotografer, dan desainer yang bisa dikerjakan dari mana saja tanpa harus datang ke kantor biasanya jadi pilihan digital nomad ini.
 
Sobat Medcom juga bisa mencoba melakukan hal ini untuk mencapai mimpi bekerja di luar negeri. Sobat Medcom bisa pindah ke luar negeri sebagai pengembara digital sambil mencari pekerjaan di negara yang diinginkan. Apabila memang sudah merasa nyaman menjadi seorang digital nomad, kamu bebas bekerja dari mana saja.

5. Agensi kerja

Agensi kerja di luar negeri atau PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia) membantu kamu mencari kerja sekaligus memberikan jaminan perlindungan dan bantuan hukum, sehingga kamu akan merasa lebih aman dan nyaman.
 
Tapi, tentu kamu harus memilih agensi kerja yang tepat dan kredibel. Pastikan PJTKI yang dipilih telah terdaftar di Dinas Tenaga Kerja Pusat dan memiliki sertifikasi Depnaker. Selain itu, Sobat Medcom harus cermat memperhatikan kontrak perjanjian penempatan yang ditandatangani.
 
Dari pilihan yang disebutkan di atas, langkah mana yang lebih menarik? Selain menentukan langkah untuk meniti karier di luar negeri, tentu saja Sobat Medcom harus mempersiapkan diri untuk memahami hal yang diperlukan untuk bekerja di luar negeri.
 
Pelajari syarat dan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk bekerja di negara yang diinginkan, seperti visa, paspor, dan lain-lain. Jangan sampai mimpi kamu buyar hanya karena masalah visa saja.
 
Selain itu, kemampuan berbahasa asing adalah salah satu keahlian yang harus dimiliki. Misalnya, apabila ingin bekerja di Jerman, tentu kemampuan berbahasa Jerman adalah nilai tambah penting.
 
Kemampuan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional juga tak boleh terlupakan. Nilai TOEFL atau IELTS yang baik akan sangat menguntungkan.
 
Bekerja di luar negeri adalah mimpi yang tidak mustahil terwujud. Asalkan kamu siap dan mengambil langkah yang tepat, kamu pasti bisa mewujudkan mimpi ini.
 

 

(REN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.