Desember 4, 2022


Saat ini, memiliki kartu kredit bukan lagi perkara sulit. Apalagi hampir setiap bank menawarkan promo kartu kredit yang menarik, serta proses pembuatannya yang terbilang cukup mudah. Terdapat banyak jenis kartu kredit, lengkap dengan beragam fitur menarik yang layak untuk kamu pertiimbangkan.

Meski fitur dan fasilitas kartu kredit yang ditawarkan sangat menarik, akan tetapi kamu harus pertimbangkan matang-matang, apakah kamu telah siap untuk menggunakan kartu kredit atau belum.

Jangan sampai nanti kamu mengalami masalah dalam membayar tagihan setiap bulannya, hanya karena belum siap untuk memiliki dan menggunakan kartu kredit ini.

Kebiasaan Buruk yang Wajib Dihindari Sebelum Punya Kartu Kredit

Simak apa saja kebiasaan buruk yang wajib dihindari sebelum punya kartu kredit berikut ini :

1. Pelupa

Kamu pelupa? Sebaiknya pikir matang-matang sebelum membuat kartu kredit. Pasalnya orang pelupa sangat rentan meninggalkan kartu kredit tanpa disengaja. Misalnya saja kartu kredit tergeletak begitu saja di meja kasir setelah bertransaksi. 

Jika kartu kredit jatuh ke tangan orang lain, bisa saja digunakan tanpa sepengetahuanmu. Jika sudah begini, kamu yang akan mengalami masalah dan kerugian finansial. Kamu yang harus membayar tagihan bulanan, sementara kamu tidak pernah melakukan transaksi apapun.

2. Tidak Disiplin

Setelah melakukan transaksi, kamu wajib membayar atau melunasi tagihan kartu kredit. Kamu juga harus membayar tepat waktu, atau sebelum jatuh tempo penagihan. Langkah ini sangat penting dilakukan, agar kamu tidak kena sanksi dan denda atas keterlambatan pembayaran.

Namun jika kamu tidak disiplin dalam membayar tagihan, atau kamu sering membayar tagihan melewati jatuh tempo, maka bukan hanya membayar denda keterlambatan dan bunga atas tagihan saja, tetapi juga akan mempengaruhi skor kredit kamu.

3. Ceroboh

Jika kamu orang yang ceroboh, dikhawatirkan kamu tidak bisa menjaga kartu kredit dengan baik. Karena kecerobohanmu, bisa saja kartu kredit hilang atau tertinggal di suatu tempat. Lalu kartu kreditmu digunakan oleh orang lain untuk bertransaksi dalam jumlah yang besar.

Perlu kamu ingat, kartu kredit merupakan alat pembayaran yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi. Layaknya kartu debit atau uang tunai, maka kartu kredit juga wajib disimpan dengan baik. Semua transaksi yang terjadi di kartu kreditmu adalah tanggung jawabmu.

4. Lapar Mata

Belanja pakaian atau kebutuhan lifestyle merupakan hal yang wajar. Namun jika kamu keseringan belanja dalam nominal yang sangat besar, maka kamu termasuk orang yang kurang bijak dalam mengelola dan mengatur keuangan. Kebiasaan ini tentu akan berpengaruh pada kondisi finansialmu.

Apalagi jika kamu belanja memborong pakaian menggunakan kartu kredit. Cara ini dianggap sebagai pemborosan. Padahal kamu tidak benar-benar membutuhkannya. Kamu hanya tertarik dengan model pakaian yang bagus dan sedang tren. Belum lagi godaan diskon yang kadang bikin terlena.

Kebiasaan buruk ini hanya akan menyulitkanmu ketika akan membayar tagihan bulanan. Apalagi jika penghasilanmu pas-pasan. Sementara kamu memborong pakaian hanya karena gengsi dan ingin pamer. Ini suatu kesalaha yang fatal!

5. Tidak Cermat dalam Bertransaksi

Salah satu kegunaan dari kartu kredit adalah untuk memberikan kamu kemudahan dalam bertransaksi ketika terdesak, misalnya saat membayar biaya rumah sakit. Cermat dalam bertransaki menggunakan kartu kredit, tentu akan memberikanmu keuntungan.

Namun sebaliknya, ketika kamu tidak memperhatikan tingkat urgensi penggunaan kartu kredit, maka sikap ini hanya akan membuat kondisi finansialmu tambah sulit. Semua ini terjadi hanya karena kamu asal pakai kartu kredit, tanpa memahami apa saja fitur dan penawaran kartu kredit itu sendiri.

Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit

Keberadaan kartu kredit bukan hanya untuk dipakai asal-asalan saja. Atau berfoya-foya membeli ini itu, tanpa memikirkan tagihan nantinya. Kartu kredit akan menguntungkan jika digunakan dengan tepat dan bijak.

Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan ingin membuat kartu kredit, pikirkan baik-baik, apakah kamu siap untuk menggunakannya atau malah sebaliknya. Gunakan kartu kredit dengan bijak, agar kamu bisa menikmati berbagai manfaat yang ada dari kartu kredit. Selain itu agar tidak mengancam kondisi finansialmu.

Namun jika kamu pikir tidak terlalu membutuhkannya, maka sebaiknya hindari dan jangan sekali-kali mengajukan kartu kredit. Hidup tanpa utang itu jauh lebih bahagia. 😊

Semoga bermanfaat.

Artikel ini bersumber dari www.akubisnis.com.