Desember 5, 2022


Belakangan ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi semakin meningkat. Bahkan asuransi menjadi kebutuhan finansial yang dianggap wajib bagi sebagian besar masyarakat. Dengan membeli produk asuransi, akan meminimalisir beragam risiko yang muncul di masa mendatang, khususnya yang berkaitan dengan kondisi finansial.

Hal ini bisa kita lihat dari salah satu produk asuransi kesehatan misalnya, maka seseorang bisa mendapatkan jaminan fasilitas kesehatan yang baik, sekaligus biaya perawatan akan ditanggung oleh perusahaan penyedia asuransi.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Tidak hanya itu saja, kita juga harus teliti memilih perusahaan asuransi yang terpercaya, kredibel, profesional dan memiliki reputasi yang baik. 

Salah satu perusahaan asuransi yang ingin Akubisnis.com ulas dan rekomendasikan adalah Asuransi Sinar Mas. Agar lebih memahami apa saja produk Asuransi Sinar Mas serta berapa biaya preminya, simak yuk ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas merupakan asuransi yang sudah dikenal di Indonesia. Perusahaan Sinar Mas telah berdedikasi selama bertahun-tahun dalam menyediakan layanan produk asuransi kepada masyarakat.

Sejarah Asuransi Sinar Mas


PT Asuransi Sinar Mas telah berdiri sejak 27 Mei 1985 dengan nama awal adalah Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta. Lalu pada 1991, Perusahaan asuransi ini resmi mengganti namanya menjadi PT Asuransi Sinar Mas.

Untuk meningkatkan bisnis serta kualitas layanannya, PT Asuransi Sinar Mas diketahui bekerja sama dengan beberapa perusahaan internasional, di antaranya Munich, Hannover, Swiss, Marein dan lainnya, hingga pada akhirnya berhasil meraih berbagai prestasi.

Kepercayaan yang tinggi dari masyarakat ini, lantas membuat PT Asuransi Sinar Mas mampu terus berkembang hingga sekarang. Bahkan hingga saat ini, telah memiliki lebih dari 185 jaringan kantor cabang/pemasaran/marketing point di seluruh Indonesia.

Mengenal Produk Asuransi Sinar Mas

Kualitas layanan yang diberikan oleh Sinar Mas, telah berhasil mendapatkan kepercayaan di masyarakat. Setelah lebih dari 35 tahun mendedikasikan layanannya kepada masyarakat, Asuransi Sinar Mas tentunya memiliki beragam produk yang sangat cocok untuk berbagai kalangan.

Mari kita lihat, apa saja produk asuransi dari Sinar Mas, berikut ini :

1. Asuransi Kecelakaan dan Kesehatan

Nasabah bisa memilih beberapa jenis produk asuransi ini, yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dari nasabah itu sendiri.

Misalnya untuk asuransi kecelakaan, maka kita bisa memilih produk Simas Personal Accident, sebagai perlindungan diri dari risiko kecelakaan ketika melakukan aktivitas, baik di rumah, kantor maupun saat sedang dalam perjalanan.

Jenis perlindungan yang diberikan meliputi riskio luka, cacat permanen hingga kematian.

Produk lainnya adalah Simas Sehat Gold yang ditujukan untuk nasabah yang jatuh sakit atau mengalami kecelakaan dan membutuhkan perawatan rumah sakit. Dengan memilih produk asuransi ini, nasabah bisa mengalihkan beban finansial dari biaya pengobatan kepada perusahaan asuransi.

Ada lagi produk asuransi dengan manfaat yang lebih besar, yaitu Simas Sehat Executive. Lalu ada lagi produk asuransi untuk memberikan perlindungan terhadap potensi biaya rawat inap maupun kecelakaan, maka bisa memilih produk asuransi bernama Simas Sehat Income.

2. Asuransi Mobil (Kendaraan)

Tidak hanya untuk memberikan jaminan perlindungan diri sendiri saja, asuransi juga memiliki produk yang bisa memberikan jaminan perlindungan terhadap kendaraan, salah satunya adalah mobil. Pun demikian dengan Asuransi Sinar Mas yang juga memiliki produk asuransi untuk kendaraan.

Nama dari produk asuransi yang dimaksud adalah asuransi mobil. Nasabah yang memilih produk asuransi ini bisa menentukan sendiri periode pertanggungan antara 1 bulan hingga 1 tahun, dengan pilihan jaminan perlindungan gabungan atau comprehensive, maupun TLO.

3. Asuransi Penjaminan

Produk Asuransi Sinar Mas yang berikutnya adalah asuransi penjaminan, yang mana asuransi ini bisa memberikan manfaat perlindungan kepada pebisnis maupun pelaku industri. 

Ada beberapa macam asuransi penjaminan, sebagai berikut :

  • Bid Bond, produk yang fokus pada proses kerja sama dalam berbisnis. Bid Bond mampu memberikan jaminan oblige di saat principal mengundurkan diri dan tidak melanjutkan kontrak kerja sama lagi, serta menanggung kerugian sesuai dengan maksimal nilai jaminan.
  • Performance Bond, produk ini menjamin kesanggupan principal ketika melaksanakan pekerjaan sesuai dengan kontrak dan menjamin oblige jika principal gagal melakukan tugasnya. Asuransi ini akan menangggung perkiraan biaya agar bisa melanjutkan pekerjaan yang perlu diselesaikan oleh bisnis sesuai nilai jaminan.
  • Advance Payment Bond, prosedur memberikan uang muka kepada principal untuk memberikan kelancaran pembiayaan pekerjaan atau kontrak. Produk asuransi yang satu ini menjamin oblige jika principal mampu mengembalikan DP yang telah diterimanya sesuai ketentuan kontrak.

Selain ketiga produk asuransi penjaminan di atas, masih ada beberapa jenis lainnya, mulai dari Maintenance Bond, Custom Bond, Excise Bond, Kontra Bank Garansi dan Asuransi Kredit

Pilihan produk asuransi yang beragam ini, tentunya bisa memberikan kemudahan kepada nasabah untuk memilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhannya.

4. Asuransi Tanggung Gugat

Produk asuransi yang satu ini memiliki beberapa kriteria jaminan perlindungan, mulai dari public liability, product liability, workmens compensation, comprehensive general liability dan directors & officers liability.

5. Asuransi Simas Engineering

Jaminan perlindungan ini fokus pada risiko kerugian yang disebabkan oleh aktivitas pekerjaan yang berhubungan dengan bidang teknik. Misalnya saja pembangunan bendungan, pembangunan pabrik, jalan raya, jembatan, maupun gedung.

Melalui produk asuransi Simas Engineering, nasabah akan mendapatkan jaminan perlindungan finansial mengenai pekerjaan teknik atau proyek tidak terganggu meskipun terdapat kerugian atau kerusakan dari objek yang ditanggung.

6. Produk Asuransi Kebakaran & Huru-hara

Sinar Mas juga memiliki produk asuransi yang bisa menjamin aset bisnis maupun aset pribadi dari risiko kebakaran maupun huru-hara. Adapun jenis perlindungan yang ditawarkan adalah Simas Ruko, Business Interruption, Property All Risks, Growing Tree Insurance, Homeowner Simas Rumah Hemat dan Asuransi Kerusuhan & Huru-hara.

Besaran Biaya Premi Asuransi Sinar Mas

Lalu, berapa biaya premi dari Asuransi Sinar Mas?

Mengenai hal ini, tentunya Asuransi Sinar Mas memiliki jumlah nominal premi yang berbeda-beda tergantung dari jenis perlindungan yang dipilih. 

Untuk mengetahui berapa biaya premi produk-produk Sinar Mas, bisa langsung menghubungi pihak Sinar Mas, baik melalui website resminya di maupun kantor cabangnya.

Alamat Kantor Pusat Asuransi Sinar Mas

Jika ingin mendatangi langsung kantor pusat Asuransi Sinar Mas, maka bisa mencatat alamatnya di bawah ini :

Plaza Simas, Jl. KH Fachrudin No. 18, Tanah Abang, Jakarta 10250
Telp. 021 2918 9999 (Hunting)
Telp. 021 5050 9888 (Hunting)
WA Pembayaran Premi : 0881 117 6644 (Office Hour)
WA Notifikasi Polis 0881 234 0900 (Office Hour)

Dengan informasi yang didapatkan, tentu akan memberikan detail berapa jumlah premi yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Sekaligus informasi mengenai manfaat perlindungan dan jaminan risiko yang didapatkan dari produk asuransi yang dipilih oleh nasabah.

Demikian informasi mengenai perusahaan Asuransi Sinar Mas serta produk-produk asuransi yang ditawarkan.

Semoga bermanfaat.

Artikel ini bersumber dari www.akubisnis.com.