Desember 8, 2022


Berbicara mengenai investasi memang seolah tidak ada habisnya. Instrumen atau produk investasi terus mengalami perkembangan dan semakin beragam. Jenis investasi juga semakin canggih dan cukup mudah dilakukan. Salah satu jenis investasi yang ingin Akubisnis.com bahas adalah investasi mata uang kripto.

Lantas apa itu mata uang kripto? Mata uang kripto atau cryptocurrency berasal dari dua suku kata, yakni “cryptography” yang artinya kode rahasia dan “currency” yang berarti mata uang. 

Mata uang kripto merupakan mata uang digital atau virtual yang telah dilengkapi dengan sistem perlindungan kriptografi yang terdiri dari sandi-sandi rahasia yang berfungsi untuk menjaga dan melindungi keamanan mata uang digital tersebut. 

Mata uang kripto juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi, misalnya pembayaran atau transfer dari satu orang ke orang lainnya secara online. Mata uang kripto juga bisa ditukar menjadi mata uang lainnya, seperti Dollar, Yen, Rupiah dan berbagai mata uang lainnya.

Jenis-jenis Mata Uang Kripto

Investasi mata uang kripto saat ini menjadi instrumen investasi yang mulai populer dan digemari di Indonesia, terutama di kalangan anak muda. Di Indonesia sendiri ada begitu banyak jenis mata uang kripto. 

Masing-masing instrumen investasi mata uang kripto tentu memiliki tingkat risiko yang berbeda. Selain itu juga sebagian besar kripto memiliki nilai yang sangat kecil serta potensi yang tidak jelas.

Jenis Mata Uang Kripto Paling Populer


Bahkan sebagian besar pengamat merekomendasikan para investor untuk tetap berpegang pada kripto yang populer, yakni Bitcoin dan Ethereum.

Seperti dikutip dari CoinMarketCap.com (data per 15 Maret 2022), berikut adalah jenis mata uang kripto atau cryptocurrency yang populer, dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar :

1. Bitcoin (BTC)

Nilai kapitalisasi pasar : 901 miliar dolar AS

Bitcoin adalah mata uang kripto yang paling pertama hadir dan hingga saat ini masih sangat populer. Mata uang Bitcoin masih menjadi koin rujukan ketika orang-orang berbicara mengenai mata uang digital.

Bitcoin kali pertama dikenalkan pada 2009 lalu oleh yang mengaku bernama Satoshi Nakamoto. Pembuatnya masih sangat misterius dan tidak ada yang tahu apakah itu nama orang, kelompok atau perusahaan. Harga Bitcoin telah bergerak secara roller-coaster sejak saat itu.

2. Ethereum (ETH)

Nilai kapitalisasi pasar : 472 miliar dolar AS

Jenis mata uang kripto selanjutnya adalah Ether atau Ethereum merupakan mata uang digital yang berasal dari open-source dan menjadi platform perangkat lunak terdesentralisasi yang juga menciptakan mata uang kripto Ether (ETH).

3. Tether USDT

Nilai kapitalisasi pasar : 76 miliar dolar AS

Tether biasa disebut juga stablecoin, karena terikat dengan nilai aset tertentu, dalam hal ini dolar AS. Adapun nilai tukar Tether sebesar 1 dolar AS per koinnya. 

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan Tether sebagai media ketika ada pedagang yang beralih dari satu jenis kripto ke kripto lainnya. Namun, tidak sedikit juga yang mengkhawatirkan Tether karena tidak didukung secara aman oleh dolar AS yang disimpan sebagai cadangan, melainkan menggunakan bentuk utang tanpa jaminan jangka pendek.

4. Koin Binance (BNB)

Nilai kapitalisasi pasar : 94 miliar dolar AS

Jenis mata uang kripto satu ini diterbitkan oleh Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia. Mata uang yang diberi nama Koin Binance ini, awal kehadirannya dibuat sebagai token untuk melakukan pembayaran perdagangan yang didiskon. 

Hingga kini, Koin Binance bisa digunakan untuk melakukan pembayaran serta pembelian berbagai barang dan juga jasa.

5. USD Coin (USDC)

Nilai kapitalisasi pasar : 41 miliar dolar AS

Mata uang kripto yang satu ini terbilang sebagai koin yang stabil. Maka dari itu bisa dikatakan jika setiap USD Coin didukung oleh 1 dolar AS atau aset yang setara dengan nilainya yang ditahan pada beberapa rekening bank yang teregulasi oleh institusi-institusi finansial AS.

6. XRP (XRP)

Nilai kapitalisasi pasar : 39 miliar dolar AS

Sebelum berganti nama menjadi XRP, awalnya koin digital ini dikenal sebagai Ripple dan diproduksi pada 2012 lalu. XRP bisa digunakan untuk membayar transaksi dan ditukar ke dalam banyak mata uang yang berbeda.

XRP juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi lintas batas dan menggunakan mekanisme tanpa kepercayaan untuk memfasilitasi pembayaran.

7. Terra / Luna

Nilai kapitalisasi pasar : 24 miliar dolar AS

Terra merupakan sebuah platform yang membantu mendukung beerbagai stablecoin berdasarkan mata uang nyata, seperti dolar ataupun euro. Melalui berbagai cara teknis dan dukungan kontrak pintar, Terra juga turut membantu menstabilkan harga stablecoin. Adapun nama mata uangnya diberi nama Luna.

8. Cardano (ADA)

Nilai kapitalisasi pasar : 42 miliar dolar AS

ADA merupakan platform besutan dari pendiri Ethereum, yang juga telah menggunakan kontrak pintar dan memungkinkan manajemen identitas. Mata uang kriptonya diberi nama Cardano.

9. Solana (SOL)

Nilai kapitalisasi pasar : 53 miliar dolar AS

Jenis mata uang kripto yang terakhir adalah Solana yang diluncurkan pada Maret 2020 dan menjadi mata uang kripto yang baru dan cepat dalam menyelesaikan transaksi dan kekokohan keseluruhan platform skala web. Penerbitan mata uang digital SOL hanya dibatasi 480 juta koin saja.

Cara Investasi Cryptocurrency

Setiap investor mata uang kripto bisa melakukan aktivitas jual beli aset melalui exchange. Fungsi exchange ini mirip seperti marketplace, platform yang sama-sama mempertemukan pembeli dan penjual hingga transfer aset kripto. Transaksi aset kripto terjadi antara para member atau pedagang anggota exchange tersebut.

Jika transaksi di bursa saham, maka investor harus melewati broker terlebih dulu sebagai perantara. Namun tidak dengan transaksi di aset kripto di exchange, di mana investor mata uang kripto tidak harus melalui broker dalam setiap melakukan transaksi.

Untuk menyimpan aset digital atau aset kripto bisa dilakukan melalui “wallet“. Sama halnya seperti kita menyimpan uang di dalam dompet atau menyimpan uang secara online di dompet digital.

Investasi Mata Uang Kripto di Indodax

Mengenal Indodax (Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange)

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba investasi Bitcoin, kamu bisa menggunakan platform Indodax, baik melalui website resmi atau bisa mengunduhnya di ponsel. Indodax sendiri merupakan sebuah aplikasi investasi mata uang kripto Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange yang direkomendasikan.

Indodax (PT Indodax Nasional Indonesia) merupakan sebuah perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli aset digital terbesar di Indonesia.

Indodax resmi berdiri sejak 2014 yang telah aktif melayani lebih dari 4 juta member yang tersebar di lebih dari 80 negara dan menyediakan lebih dari 160 jenis aset kripto yang siap untuk diperjualbelikan.

Indodax menyediakan beberapa jenis pelayanan untuk para pengguna, yaitu :

Jual beli aset kripto

  • Pengguna bisa membeli aset kripto dengan cara deposit melalui semua bank lokal Indonesia ataupun menjual aset kripto dengan mengkonversikannya menjadi Rupiah secara cepat.

Biaya trading dan persentase penarikan 0%

  • Member bisa menikmati keuntungan yang lebih banyak dengan biaya trading dan persentase penarikan mulai dari 0%.

Transaksi 24 jam

  • Pengguna bisa melakukan berbagai transaksi jual beli aset kripto 24 jam non-stop, bahkan saat hari libur sekalipun.

Kamu bisa mengecek harga Bitcoin secara real-time di Indodax secara lebih mudah dan cepat, kapan saja dan di mana saja. Menariknya lagi, para member bisa meningkatkan skill trading aset digital melalui Indodax Academy.

Semoga bermanfaat. 

Artikel ini bersumber dari www.akubisnis.com.