Desember 4, 2022

Palembang: Relawan Ganjar Milenial Sumatra Selatan menggaet ratusan mahasiswa dan milenial masuk dalam barisan pendukung gerakan Ganjar Pranowo Presiden 2024. Mereka hadir dalam kegiatan “Saatnya Kolaborasi, Gerakan Milenial Jaga Kebersihan & Wujudkan Ketahanan Pangan Masyarakat”
 
Kegiatan dengan gotong royong bersih-bersih sampah di area bersejarah cagar budaya Sumsel, Benteng Kuto Besak. Aksi sosial itu juga menyasar rumah ibadah seperti masjid di area Ponpes Tadabbur Al-Quran, Kelurahan Sukajaya, Sukarame, Palembang. 
 
Selain itu, Ganjar Milenial juga menebar 100 bibit ikan nila di tambak umum Kelurahan 1 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 1, Kota Palembang sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat. Gerakan ini menjadi bagian dari sosialisasi figur Ganjar Pranowo.


“Kegiatan ini terinspirasi dari sosok ayah Ganjar yang selalu menggaungkan kebersihan, gotong royong kemudian juga beliau selalu mengedepankan tentang program ketahanan pangan se-Jateng,” ucap Koordinator Wilayah Ganjar Milenial Sumsel, Rudianto Widodo di Benteng Kuto Besak, Kota Palembang, Minggu, 20 November 2022.
 
Dodo -sapaan akrabnya- menerangkan sejumlah gagasan dan inovasi Ganjar yang mengedepankan gotong royong di antaranya rumah tidak layak huni (RTLH), listrik murah, satu OPD satu desa, bantuan modal, dan pengembangan usaha. Program tersebut diluncurkan demi mengentaskan kemiskinan di Jateng.

Dia melanjutkan Ganjar juga terus menggalakan upaya ketahanan pangan. Salah satunya dengan mendorong optimalisasi kekayaan alam daerah yang dapat diubah menjadi beragam olahan pengganti beras. Adapula infrastruktur penunjang ketahanan pangan seperti program 1.000 embung ala Ganjar.
 
Sejak 2016 hingga kini, program itu telah menghasilkan 1.135 embung. Ribuan embung itu untuk kebutuhan pengairan air bersih ke rumah tangga, pertanian, dan irigasi masyarakat. 
 
“Dan sosok Ganjar juga menginspirasi, figur Ganjar yang sangat kharismatik, berwibawa, selalu menjadi inovasi, dan merangkul milenial. Sehingga inilah yang menjadi alasan kami mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024,” jelas Dodo.
 
Ganjar Milenial berkomitmen terus menjaring aspirasi dari seluruh lapisan masyarakat, khususnya kalangan mahasiswa dan milenial. Hal itu untuk mewujudkan Ganjar Presiden 2024.
 
“Ganjar Milenial Sumsel akan menujukkan kegiatan positif lain yang kemudian menjadi tolak ukur referensi kalangan milenial mahasiswa dan pemuda khususnya di Sumsel,” terang Dodo.

Salah satu milenial asal Palembang, Nadia, mengaku kagum terhadap sosok Ganjar lantaran berpengalaman dalam pemerintahan. Nadia ingin, program merangkul milenial seperti Hetero Space diperluas ke seluruh Indonesia untuk menumbuhkan jiwa enterpreneur.
 
“Harapan kami, semoga Ganjar menjadi Presiden dan terus merangkul milenial dan mahasiswa agar selalu aktif, kreatif, inovatif, dan mampu mandiri,” kata Nadia.
 
Kaum muda yang terlibat juga melakukan konvoi motor sebagai aksi solidaritas. Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah unsur organisasi milenial seperti Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kota Palembang (IPNU), Forum Mahasiswa Palembang (FORMABANG), Komunitas Pencinta Alam (KPA ATLAS), serta Gerakan Milenial Nusantara Sumatra Selatan (GMN).
 

(LDS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.