Desember 8, 2022

Jakarta: Memasuki musim penghujan dan cuaca ekstrim membuat dinding rumah menjadi lebih lembap. Akhirnya, pertumbuhan jamur lebih cepat di dinding. Jamur yang meluas di rumah bisa menjadi berbahaya lho, sobat.

Alasannya adalah beberapa spesies jamur menghasilkan mikotoksin, zat yang menyebabkan sakit kepala, masalah pernapasan, dan bahkan kerusakan pada sistem saraf. Selain itu jamur juga bisa memakan benda mati seperti kayu, tembok, karpet, dan benda lain yang pada dasarnya merupakan bagian dari rumah.

Nggak mau kan rumahmu habis dimakan jamur? Simak 5 faktor penyebab pertumbuhan jamur di area dinding rumah kamu dan cara mengatasinya.

Faktor penyebab pertumbuhan jamur pada dinding:

 

1. Air dalam pondasi

Waspadai penumpukan air di sekitar dasar rumahmu, karena bisa menyebabkan masalah mendasar pada bangunan jika terdapat banyak air.
 

2. Banjir

Banjir adalah penyebab lain pada pertumbuhan jamur. Rumah akan basah dan mungkin butuh waktu berminggu-minggu untuk mengeringkannya. Artinya, ada risiko besar tumbuhnya jamur. Ingatlah bahwa jamur hanya membutuhkan dua puluh empat jam sebelum pertumbuhan terjadi.
 

3. Atap Bocor

Kebocoran di atap seperti pipa yang bocor di loteng mungkin tidak terdeteksi sampai jamur tumbuh. Perhatikan bintik-bintik air terutama di langit-langit tepat sebelum loteng, sebelum dindingmu menjadi korban.
 

4. Pipa bocor

Air yang bocor dari pipa adalah penyebab paling umum tumbuhnya jamur. Kebocoran terburuk adalah jenis yang tidak bisa dilihat, seperti di atas langit-langit atau di dalam dinding.
 

5. Kelembapan buruk

Rumah yang berventilasi buruk adalah risiko jamur. Ventilasi yang kurang menciptakan kantong-kantong udara lembab dan stagnan yang akan mendorong tumbuhnya jamur. Hal ini perlu untuk menjaga tingkat kelembaban yang seimbang untuk diedarkan ke luar.
 

Bagaimana caranya membersihkan dinding rumah yang terdapat jamur?

Ketika ada jamur di dalam dinding, kamu tidak akan benar-benar tahu seberapa luas kerusakannya sendiri. Menghilangkan jamur dari dalam dinding tanpa bantuan profesional juga bisa menyebabkan masalah pada kesehatan.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan jamur di area dinding adalah dengan memanggil bantuan profesional. Karena tanpa mereka jamur akan lebih sulit dideteksi dan seberapa rusak bangunan yang sudah termakan jamur.

Langkah kedua adalah jika kamu ingin mengobati dinding rumah sendiri, kamu masih bisa melakukannya jika tembok rumahmu baru lembap dan belum banyak jamur yang berkembang. Namun, bila ukuran jamur sudah melebihi 10 kaki, ada baiknya untuk menelpon bantuan profesional.

Nandhita Nur Fadjriah

 
(FIR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.