Desember 4, 2022

Raleigh: Warga Amerika Serikat (AS) memberikan suara hari ini, Selasa, 8 November 2022, dalam pemilihan paruh waktu. Pemungutan suara menjadi kunci karena selain menentukan komposisi anggota DPR, sepertiga anggota senat, legislatif dan gubernur.
 
Pemilu kali ini juga akan menunjukkan yang akan mengambil alih peluang lebih besar untuk pemilihan presiden di Negeri Paman Sam. Apakah Demokrat atau Republik?
 
Dalam dua tahun terakhir, Demokrat telah memegang mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat. Meski demikian, saat ini popularitas Demokrat menurun, memungkinkan mereka kehilangan mayoritasnya sekarang.


Hari ini, tercatat ada 435 kursi di DPR, 35 dari 100 kursi di Senat yang akan diperebutkan. Ketika berbicara tentang pemungutan suara, orang-orang di sini memulai dengan yang paling penting, paling menentukan, paling krusial, hingga mungkin terpolarisasi.
 
Demokrasi Negeri Paman Sam juga dipertaruhkan dalam pemilihan paruh waktu atau midterm election. Ekonomi menjadi fokus utama kampanye kedua partai, Demokrat dan Republik. Sedangkan isu lain yang mengikuti adalah aborsi, keamanan perbatasan dan imigrasi.
 
“Ada inflasi yang serius dan orang-orang menanggapinya. Saya pikir aborsi akan menjadi faktor utama, terutama bagi kaum demokrat,” kata David Graham, staf penulis The Atlantic kepada media asing.
 
Sementara itu, terkait dengan pemilih muda, Graham percaya bahwa partisipasi pemilih muda sangat penting bagi para demokrat.
 
“Partisipasi pemilih muda tidak banyak dalam pemilihan paruh waktu. Demokrat benar-benar telah melakukan upaya untuk menjangkau mereka dan mengubahnya. Tidak jelas bagi saya apakah itu akan berhasil atau tidak, tetapi jika orang-orang muda tidak muncul, para demokrat dalam masalah,” tambahnya.
 
Pemilihan paruh waktu diadakan setiap dua tahun – di tengah masa jabatan presiden, dan dianggap sebagai referendum tentang kepala negara saat ini.
 
Dua tahun terakhir, pekerjaan pemerintahan Presiden Joe Biden telah dipermudah karena mayoritas di kedua kamar. Namun, kali ini prediksi Demokrat kalah di DPR dan pertarungan sengit memperebutkan Senat. 
 
Biasanya sentimen di masing-masing negara bagian diketahui, meskipun ada beberapa negara bagian yang dianggap sebagai swing state. Untuk tahun ini, negara bagian yang masih belum menentukan pilihannya adalah Arizona, Georgia, Pennsylvania, Nevada.
 
Jika Demokrat “memegang Kongres”, Biden akan dapat melanjutkan rencananya untuk memerangi perubahan iklim, memperluas cakupan program medis pemerintah, menyelesaikan kasus dengan hak aborsi, memperketat undang-undang tentang membawa dan memiliki senjata. Namun, jika ternyata Partai Republik mengambil kendali – semua ini tidak akan terjadi.
 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

(FJR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.