November 26, 2022

Phnom Penh: Pertemuan resmi pertama para pemimpin ASEAN setelah hampir tiga tahun saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41 sedang berlangsung di Phnom Penh, Kamboja. Sebelumnya pertemuan tersebut diadakan secara virtual sejak 2020 karena pandemi covid 19.
 
Hal penting terjadi pada Kamis, 9 November 2022, ketika Kyiv menandatangani perjanjian dengan ASEAN, karena berusaha untuk membangun lebih banyak dukungan dan kemitraan internasional pada saat mencoba untuk menjaga diri dari pasukan Rusia di teluk. Perjanjian tersebut merupakan prasyarat bagi negara-negara yang mencari kemitraan formal dengan ASEAN, serta menyoroti saling menghormati kemerdekaan, integritas teritorial dan penolakan penggunaan kekuatan.
 
Melansir dari The Straits Times, Jumat, 11 November 2022 bahwa isu-isu yang berkaitan dengan perang Rusia-Ukraina diperkirakan akan memenuhi selama KTT yang dipandu Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di Phnom Penh. Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Perdana Menteri China Li Keqiang juga akan bertemu dengan para pemimpin ASEAN.


Pertemuan tersebut, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, juga akan fokus pada penanganan krisis yang sedang berlangsung di kawasan ini – gejolak di Myanmar.
 
ASEAN telah memperjelas pendiriannya setelah kudeta militer Februari 2021 dengan melarang kepala junta Min Aung Hlaing dan Menteri Luar Negerinya Wunna Maung Lwin untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi ASEAN. Hanya perwakilan non-politik yang diundang ke beberapa pertemuan ini.
 
Blok negara Asia Tenggara itu juga menyusun rencana perdamaian lima poin konsensus pada April 2021 untuk mengendalikan kekerasan di Myanmar, yang telah menewaskan ribuan warga sipil. Tetapi sedikit kemajuan yang telah dicapai pada lima poin ini, yang mencakup segera diakhirinya kekerasan di negara ini, dialog di antara semua pihak terkait dan penyediaan bantuan kemanusia
 
Pada Kamis 10 November 2022, Perdana Me, ia bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di sela-sela KTT, melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Kedua pemimpin menegaskan kembali prioritas bersama mereka dalam mempromosikan pemulihan ekonomi dan pengembangan sumber daya manusia.
 
Upacara penutupan KTT ASEAN ke-40 dan 41 dan pertemuan terkait ditetapkan pada Minggu, 13 November 2022 bersamaan dengan penyerahan kepemimpinan ASEAN ke Indonesia untuk 2023. Ini akan diikuti oleh KTT G20 di Bali dan kemudian Asia -Pertemuan Kerjasama Ekonomi Pasifik di Bangkok, Thailand. (Mustafidhotul Ummah)
 
 

(FJR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.