Desember 6, 2022


Saya masih ingat betul, memasuki pertengahan Mei 2020 lalu, saya harus menerima kenyataan pahit. Saat itu pihak manajemen hotel tempat saya bekerja memutuskan untuk menutup operasional hotel. Imbasnya, saya dan ratusan karyawan lainnya harus kehilangan pekerjaan.

Hal ini membuat saya terpukul dan lemas seketika. Apalagi mencari pekerjaan baru saat ini sangat sulit. Ditambah lagi jumlah pengangguran terus saja bertambah sejak pandemi. Pastinya akan menjadi tantangan berat bagi saya ke depannya nanti.

PHK dari Hotel
Semua berkas ini wajib dikembalikan ke perusahaan


Penyebab ditutupnya hotel ini karena tingkat hunian yang sangat rendah, sementara biaya perawatan tetap harus berjalan. Daripada harus menanggung biaya operasional yang sangat besar, sementara tidak ada tamu yang menginap, operasional hotel pun ditutup.

Pandemi Corona Mengubah Nasib

Teman-teman semua mungkin sudah bisa menebak ya. Penyebabnya adalah pandemi Corona yang menyerang ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Pandemi menyebabkan perekonomian di seluruh dunia menjadi lumpuh untuk beberapa saat serta memporakporanda berbagai sektor kehidupan manusia, termasuk industri hotel dan pariwisata yang dinilai paling parah.

Selain saya, banyak orang yang bernasib sama dengan saya. Harus kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian. Bahkan tidak sedikit juga pebisnis yang terpaksa harus gulung tikar.

Mengubah Tulisan Menjadi Cuan

Selama belum mendapatkan pekerjaan baru, saya memanfaatkan internet sebaik mungkin untuk mencari penghasilan tambahan.

Saya pikir, potensi bisnis online rupanya bakal menjanjikan saat pandemi seperti ini. Bahkan setelah pandemi berakhir pun akan tetap eksis.

Untuk memulai bisnis online memang tidak mudah, apalagi jika sebelumnya tidak punya pengalaman. Namun kalau tidak dicoba, kita tidak akan pernah tahu hasilnya bukan?

Sebenarnya ada banyak cara mencari uang melalui internet, mulai dari berjualan online, membuka jasa pembuatan website, jasa design grafis, jasa menulis artikel & backlink dan lain sebagainya.

Konten Kreator


Saya sendiri berinisiatif untuk memonetisasi beberapa blog milik saya. Nantinya dengan blog tersebut, saya menawarkan jasa product review. Biasanya saya mengajukan tawaran ke beberapa klien melalui email. Jika dirasa cocok, maka tawaran saya diterima.

Kelihatannya mudah, tetapi pada kenyatannya cukup sulit. Tidak jarang tawaran saya ditolak klien, dengan alasan produk yang mereka jual tidak sesuai dengan kriteria blog yang mereka cari. Atau harga yang saya tawarkan tidak cocok menurut mereka, serta berbagai alasan lainnya.

Namun terkadang ada juga klien yang langsung menghubungi saya untuk diajak kerja sama melalui email atau langsung di WhatsApp.

Seiring berjalannya waktu, saat ini jumlah klien saya semakin bertambah. Artinya blog-blog saya mulai kebanjiran order product review, content placement maupun link placement.

Pemasaran secara online semakin digemari oleh para pebisnis. Apalagi saat ini hampir setiap orang memiliki sebuah ponsel yang terhubung dengan internet, sehingga jadi lebih mudah untuk mengakses segala sesuatunya secara online.

Itulah sebabnya mengapa banyak pebisnis online yang juga memasarkan produknya melalui blog atau website, selain media sosial tentunya.

Selain tawaran job langsung dari klien, saya juga mendaftarkan blog-blog saya ke beberapa platform influencer yang sudah populer, seperti Rajabacklink, Vira, Intelifluence dan Sosiago.

Bersama IndiHome Membangun Bisnis Digital

Sekarang eranya serba online, apalagi sejak pandemi, banyak bisnis dilakukan dari mana saja, termasuk dari rumah sekalipun. Contohnya saja bisnis digital yang saat ini sedang saya rintis.

Setelah 17 tahun bekerja di industri perhotelan, saya memutuskan untuk mencoba peruntungan dengan menjadi seorang kreator konten. Kelihatannya sangat menyenangkan, jika kita bisa bekerja sesuai dengan passion. Ini yang sempat terpikirkan oleh saya waktu itu.

Bisnis Digital Bersama IndiHome


Saya pribadi sudah berlangganan IndiHome sejak awal 2020, karena saat itu saya merasa kebutuhan akan internet semakin tinggi. Apalagi saya berniat untuk mengembangkan bisnis digital, pastinya membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Awalnya saya hanya menggunakan paket data internet biasa. Namun setelah saya coba hitung-hitung, biayanya malah lebih mahal. Belum lagi saya khawatir saat sedang mengerjakan project, tiba-tiba saya kehabisan kuota.

Makanya saya memutuskan untuk berlangganan IndiHome saja, sebelum saya mengalami hal di atas.

Hingga tulisan ini dibuat, Hendra Digital (www.hendradigital.com) telah memiliki 4 blog yang telah dimonetisasi untuk bisnis, yaitu :

  • www.misterunik.com (Lifestyle dan Kesehatan)
  • www.blogmashendra.com (Lifestyle, Tekno dan Edukasi)
  • www.susahsinyal.com (Lifestyle dan Tekno)
  • www.akubisnis.com (Lifestyle dan Bisnis)

Manfaat Internet Cepat dari IndiHome

IndiHome selalu hadir dengan fitur-fitur paling update serta konsisten menyuguhkan layanan berkualitas yang mampu memanjakan pelanggan.

Manfaat Internet Cepat dari IndiHome

Sebagai pengguna IndiHome, saya merasakan langsung manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk pengembangan bisnis digital saya.

Berikut adalah beberapa manfaat lainnya yang juga saya rasakan :

1. Menjaga quality time bersama keluarga

Selama pandemi Corona, saya dan kedua anak saya lebih banyak menghabiskan waktu bersama di rumah. Kebetulan mereka juga belajar dari rumah saja. Sebagai hiburan, biasanya kami saling Mabar game online atau sekedar nonton YouTube melalui smart TV.

Berkat koneksi internet yang memadai, kami jadi lebih betah di rumah. Secara tidak langsung, IndiHome telah membantu menjaga serta meningkatkan quality time bersama keluarga saya di rumah.

2. Produktivitas jadi lebih meningkat

Semenjak terhubung dengan koneksi internet cepat dan stabil, saya jadi lebih semangat untuk membuat konten. Terutama jika ada project melalui Zoom Meeting, koneksinya tetap kencang dan tanpa putus-putus.

Selain menulis artikel, saya juga jadi lebih mudah mengerjakan project lainnya, seperti membuat konten untuk media sosial atau membuat desain grafis.

3. Akses informasi tanpa batas

Selama anak-anak sekolah PJJ alias Pembelajaran Jarak Jauh, mereka tetap akan mendapatkan tugas dari sekolah. Untuk menemukan jawabannya, biasanya kami mengandalkan informasi melalui browsing internet.

Lain lagi dengan istri saya yang semakin kreatif mengolah berbagai aneka resep masakan melalui YouTube. Hal ini juga memudahkan saya dalam mencari berbagai referensi dari internet untuk mengolah artikel.

4. Komunikasi tetap terjalin meski dilakukan online

Kebutuhan komunikasi tetap berjalan dengan baik berkat koneksi internet yang stabil. Kami sekeluarga jadi lebih mudah berkomunikasi melalui fitur video call maupun telepon melalui WhatsApp. 

Kualitas sambungan komunikasi berjalan dengan lancar dan stabil, meski terpisah dengan jarak yang cukup jauh.

Meski tahun 2020 lalu kami tidak bisa mudik, tetapi komunikasi dan silaturahmi secara online tetap terjalin dengan sanak famili di kampung.

5. Membantu meningkatkan keamanan di lingkungan sekitar

Selain saya, ternyata sebagian besar tetangga juga sama-sama memasang WiFi IndiHome. Kebetulan, di perumahan saya tinggal, hanya jaringan internet dari IndiHome saja yang paling bagus.

Untuk meningkatkan keamanan lingkungan, warga perumahan berinisiatif memasang CCTV di beberapa blok yang dikoneksikan ke WiFi.

CCTV di Komplek Perumahan
CCTV di dekat rumah lebih mudah mengawasi kondisi sekitar melalui aplikasi BARDI di ponsel


Salah satu CCTV terpasang di depan rumah saya dan koneksi internetnya nebeng dari WiFi saya. Kamera pengawas telah terpasang, kini warga perumahan jadi lebih mudah memantau kondisi di sekitar rumah melalui aplikasi di ponsel.

Keunggulan IndiHome Sebagai Penyedia Layanan Internet

Indonesia Digital Home atau biasa disingkat IndiHome merupakan salah satu produk layanan provider dari Telkom Group (PT Telkom Indonesia Persero). 

Keunggulan IndiHome

IndiHome menyuguhkan beberapa paket layanan kepada masyarakat, di antaranya sebagai berikut : 

  • Telepon rumah (voice)
  • Internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet)
  • Layanan televisi interaktif (Usee TV)

IndiHome secara resmi diluncurkan pada tahun 2015 dan menjadi bagian dari program utama Telkom Indonesia. Ini berarti sudah berjalan lebih dari 7 tahun melayani kebutuhan internet masyarakat Indonesia.

Berikut adalah keunggulan yang dimiliki oleh IndiHome :

1. Koneksi internet yang cepat dan stabil

Sebagai internetnya Indonesia, IndiHome memang dikenal memiliki koneksi internet yang andal. Bahkan jaringannya telah menembus berbagai wilayah di Indonesia. Jadi saya rasa IndiHome ini bakalan cocok bagi teman-teman yang selalu bekerja mengandalkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

IndiHome menggunakan teknologi internet fiber optic, sehingga memiliki kecepatan yang lebih tinggi, bahkan mampu melakukan trarnsfer data hingga 100 Mbps. Hal ini tentu jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan jaringan kabel koaksial atau kabel tembaga.

2. Jaringan tidak mudah terganggu

Kelebihan teknologi fiber optik adalah kemampuannya dalam mengirimkan sinyal melalui cahaya, sehingga jaringan dan komunikasinya sangat bisa diandalkan. 

Berbeda dengan kabel tembaga biasa yang masih kaku dan tebal, fiber optik jauh lebih tipis, sehingga membuatnya lebih tahan terhadap kondisi-kondisi ekstrim dan bisa memaksimalkan kecepatan transfer data.

3. Koneksi jaringan yang lebih aman

Kabel fiber optik terbuat dari bahan kaca atau plastik, sehingga tidak mengeluarkan gaya magnetik yang membuatnya lebih aman dari pencurian sinyal. Hal ini akan menjamin jaringan koneksi internet yang jauh lebih aman dibanding kabel tembaga biasa.

Selain itu, IndiHome juga menggunakan perangkat khusus untuk memastikan jaringan informasi yang mengalir melalui jaringan kabel fiber optik tetap aman, termasuk dari serangan cyber.

4. Kapasitas bandwidth yang besar

Teknologi inilah yang mungkin saja disukai oleh pelanggan IndiHome. Pasalnya, berkat kapasitas bandwidth yang besar, membuat pelanggan bisa menggunakan koneksi internet dari beberapa perangkat sekaligus di waktu yang bersamaan.

Tidak hanya itu saja, pelanggan bisa mengunduh atau mengunggah data dengan kecepatan yang tinggi, sehingga pelanggan bisa melakukan banyak hal secara bersamaan, mulai dari streaming film HD, menonton acara TV kabel, mengunduh dan mengunggah video, bermain game online dan lain sebagainya.

5. Bisa membayar tagihan di banyak platform

Simpel! Hal ini yang saya rasakan saat ingin membayar tagihan bulanan IndiHome. Saya pribadi selalu membayar tagihan melalui aplikasi LinkAja.

Teman-teman juga bisa mengecek langsung jumlah tagihan melalui aplikasi myIndiHome. Selain itu juga bisa melakukan pembayaran tagihan melalui :

  • Plasa Telkom
  • Dompet digital : Gopay dan OVO
  • Alfamart dan Indomaret
  • Aplikasi LinkAja
  • Kantor Pos
  • Jaringan ATM (Mandiri, BNI, BRI, BCA)
  • E-commerce, mulai dari TOkopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan lain sebagainya

Konklusi

Layanan internet cepat dan stabil dari IndiHome sangat membantu memudahkan berbagai pekerjaan berbasis internet. Termasuk urusan meningkatkan bisnis secara online.

Semoga saja dengan bisnis digital yang mulai saya rintis bersama IndiHome, bisa terus bertahan dan berkembang. Sehingga nantinya saya bisa merekrut beberapa karyawan untuk menggarap project-project.

Langganan IndiHome


Terima kasih untuk IndiHome yang telah menyediakan layanan internet berkualitas, hingga detik ini saya masih tetap bisa berkarya dan meningkatkan branding di dunia blog.

Demikian pengalaman yang saya rasakan ketika merintis dan mengembangkan bisnis digital bersama IndiHome. 

Semoga saja IndiHome terus meningkatkan kualitas layanannya di seluruh wilayah Indonesia secara merata, sehingga masyarakat dari berbagai daerah bisa sama-sama merasakan manfaat internet.

Artikel ini bersumber dari www.akubisnis.com.