Desember 8, 2022

Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menyambut baik rilis Badan Pusat Statistik (BPS) terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2022 sebesar 5,72 persen secara tahunan (yoy). Pertumbuhan ekonomi tersebut adalah capaian positif di tengah ancaman resesi global.
 
“Saya tentu menyambut baik pertumbuhan ekonomi kita sebagaimana dirilis BPS di kuartal III tumbuh 5,72 persen. Ini prestasi kita semua, pemerintah, masyarakat, dan semuanya di tengah ancaman resesi global,” tuturnya, dilansir dari keterangan tertulisnya, Kamis, 10 November 2022.
 
Pria yang akrab disapa Gus Mulaimin ini mengingatkan nilai positif perekonomian Indonesia tidak boleh hanya dirasakan oleh kalangan menengah ke atas, namun harus merata di setiap lapisan masyarakat.


Dirinya mengakui indikator sukses pembangunan saat ini bukan hanya dilihat pada nilai positif pertumbuhan ekonomi. Lebih dari itu indikator keberhasilan pembangunan adalah ketika kesejahteraan dan kebahagiaan dinikmati secara merata oleh setiap warga bangsa.

“Yang lebih penting adalah bahwa pertumbuhan ekonomi itu harus berkualitas, menetes ke bawah, dinikmati seluruh lapisan masyarakat, serta mampu mengajak melakukan mobilitas vertikal menikmati setiap nisbah pembangunan,” ucapnya.
 
“Indikator suksesnya pembangunan itu bukan hanya karena pertumbuhan ekonomi, bukan hanya keberhasilan pembangunan infrastruktur, tetapi juga dilihat dari kesejahteraan dan kebahagiaan warganya secara merata,” tambahnya.
 
Ia menambahkan, kebahagiaan dulu tidak dipercaya sebagai indikator keberhasilan sebuah pembangunan oleh ilmu sekularistik, tapi sekarang berbalik. Disampaikannya, semakin bahagia seseorang atau kelompok, semakin terindikasi sukses.
 
“Nah, modal kebahagiaan itu harus dimiliki semua lapisan masyarakat, mau yang kaya, yang setengah kaya, yang di kota yang di desa semuanya harus bahagia. Selama warga bangsa kita bahagia, saya yakin pembangunan nasional sukses,” pungkasnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id.
 

(ABD)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.