Desember 5, 2022

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Industri kosmetik di Indonesia terus berkreasi d itengah pemulihan ekonomi pasca pandemi covid 19 untuk bisa kinerja-nya tetap terjaga.

Termasuk di tengah kekuatiran turunnya daya beli masyarakat saat ini, membuat industri harus kreatif menyediakan produk.

Salah satu industri kosmetik di Surabaya, PT Vitapharm, mengaku harus agresif dalam menyediakan produk baru untuk menghadapi kondisi pasar yang ada saat ini.

“Kami dalam kondisi apapun harus kreatif dalam menyediakan produk yang diminati pasar. Sehingga kinerja tetap terjaga positif,” kata Hermin Harsono Pjs Direktur PT Vitapharm, di sela kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Viva Cosmetics di Surabaya, Rabu (9/11/2022).

Hermin mengatakan, bahkan saat pandemi pun, kebutuhan produk kosmetik tetap diminati pasar. Hanya memang produknya berbeda.

Tidak lagi produk dekoratif atau make up, tapi produk skincare atau perawatan kulit.

“Selama pandemi lalu, poduk yang sebelum pandemi covid-19 tidak menjadi andalan dan memberi kontribusi besar menyodok menjadi penyumbang omset penjualan perusahaan saat pandemi,” jelas Hermin.

Produk skincare selama pandemi mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Trend perawatan kulit mengalami pertumbuhan bagus.

Kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan melawan pandemi covid-19 menjadi faktor utama meningkatnya penjualan produk skincare untuk perawatan.

“Sepanjang tahun industri kosmetik terus bertumbuh. Bahkan sejak pandemi Maret 2020, industri komsetik tetap tumbuh dengan adanya perubahan kontribusi produk dalam omset penjualan perusahaan,” ungkap Hermin, didampingi Yusuf Wiharto Direktur Distribusi Viva Cosmetics Indonesia Timur.

Hermin memaparkan, saat ini persaingan pasar produk kosmetik semakin ketat. Mulai dari produk industri rumahan hingga produk impor, dengan banyak merek yang beredar di pasaran.

Untuk menghadapi semua itu, Viva terus melakukan inovasi dengan mengeluarkan produk sesuai kebutuhan konsumen.

“Produk baru untuk skincare dan dekoratif yang banyak diriis tahun ini. Ada 15 produk yang sudah dikeluarkan Viva di sepanjang tahun 2022 ini,” jelas Hermin.

Sementara terkait kegiatan Rakernas yang digelar di Hotel Four Points by Sheraton di Pakuwon Mall, bertujuan untuk mengetahui kinerja tahun berjalan, dan proyeksi tahun ke depan.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.