Desember 8, 2022

Jakarta: Sejumlah pemuda, milenial, hingga mahasiswa yang tergabung dalam relawan Orang Muda Ganjar (OMG) DKI Jakarta memberikan bantuan lahan pertanian untuk puluhan petani kota di Kampung Sumur, Duret Sawit, Jakarta Timur, pada Sabtu, 12 November 2022. Lahan itu dalam bentuk green house.
 
Koordinator Wilayah OMG DKI Jakarta Abel Thoriq mengatakan lahan seluas 132 meter persegi itu diberikan untuk petani kota yang mayoritas juga bekerja sebagai pemulung di Jakarta. Nantinya, lahan itu dapat dimanfaatkan para petani untuk menanam berbagai jenis sayuran maupun buah-buahan. 
 
“Memberdayaan petani kota diharapkan mampu menjawab tantangan krisis pangan khususnya di daerah perkotaan, khususnya di DKI Jakarta,” ujar Abel di Duren Sawit, Sabtu, 12 November 2022. 


Selain penyerahan lahan, OMG DKI Jakarta juga membagikan hasil panen petani yang sudah mereka beli ke masyarakat sekitar di Duren Sawit. Sedikitnya 700 paket sayuran dibagikan para relawan.
 
Abel menyebut kegiatan itu bertujuan membantu masyarakat sekaligus mengkampanyekan pertanian yang bebas pestisida. Sebab, operasional pertanian di green house akan terbebas dari pestisida, sehingga panen yang dihasilkan lebih aman untuk dikonsumsi. 
 
“Hasil pertanian nantinya juga sebagian kita bagikan kepada masyarakat sekitar. Kita harap kegiatan pemberdayaan petani kita ini juga ada di kota-kota lain, selain di Jakarta,” ujar dia. 

Abel menjelaskan  kegiatan yang dilakukan para relawan merupakan representasi dari sosok Ganjar Pranowo. Dia menerangkan Ganjar merupakan pemimpin yang sangat peduli pada sektor pertanian. 
 
“Sosok Pak Ganjar sendiri seperti kita tahu sangat fokus pada pertanian. Dia sering kasih bantuan ke para petani. Misal saat kenaikan BBM kemarin, Pak Ganjar memberikan insentif bantuan untuk para petani yang terdampak,” kata Abel.
 
Sebelumnya, aksi serupa juga dilakukan di wilayah Kembangan, Jakarta Barat. Ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya dilakukan OMG DKI Jakarta.
 
“Ke depannya, kami akan terus melakukan pemberdayaan petani kota di wilayah lainnya di Jakarta. Kita sudah berdiskusi dengan para perwakilan petani, dan menargetkan aksi ini akan dilakukan di 25 titik di berbagai wilayah di Jakarta,” jelas dia.
 

(LDS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.