Desember 6, 2022

Jakarta: Selama seminggu terdapat berita-berita yang mencuri perhatian pembaca setia Medcom.id di kanal ekonomi. Berita-berita tersebut mayoritas berasal dari acara perhelatan G20, seperti lembaga investasi Tiongkok yang menanamkan modal Rp1,86 triliun ke Kimia Farma hingga Indonesia akan terima USD20 juta dari negara-negara maju untuk menghentikan operasional PLTU.
 
Lalu, yang tidak kalah menjadi perhatian pembaca adalah keputusan GoTo yang melakukan PHK 1.300 karyawan.
 
Berikut berita selengkapnya: 

1. Lembaga Investasi Tiongkok Tanam Modal Rp1,86 Triliun ke Kimia Farma

 Lembaga investasi Tiongkok, Silk Road Fund (SRF) bersama Indonesia Investment Authority (INA) resmi menginvestasikan pengembangan industri kesehatan di Indonesia melalui PT Kimia Farma Tbk (KAEF) dan PT Kimia Farma Apotek (KFA) senilai Rp1,86 triliun.
 
Baca berita selengkapnya di sini. 

2. Presidensi G20 Luncurkan Global Blended Finance Demi Tutupi Gap Pembiayaan Program SDGs

Presidensi G20 Indonesia meluncurkan Global Blended Finance Alliance (GBF) dengan berbagai mitra untuk menutup kesenjangan pembiayaan pencapaian program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).
 
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan GBF akan mampu membangun kapasitas antarnegara, sektor swasta, dan filantropi, untuk melakukan pembiayaan campuran yang lebih baik.
 
Baca berita selengkapnya di sini. 
 




Baca juga: Pinjaman USD500 Juta dari ADB Langsung Masuk ke Kas Negara

3. Indonesia Bakal Terima USD20 Juta dari Negara Kaya untuk Hentikan Operasional PLTU

Negara-negara kaya berjanji untuk mengumpulkan setidaknya USD20 miliar untuk membantu menghentikan Indonesia dari batu bara. Anggaran itu akan guna netralitas karbon pada 2050, satu dekade lebih awal dari yang direncanakan.
 
“Amerika Serikat, Jepang, Kanada, dan enam negara Eropa lainnya telah menandatangani perjanjian dengan Indonesia di sela-sela KTT G20 di Bali untuk memastikan transisi sektor listrik yang adil dari ekonomi Indonesia yang bergantung pada batu bara,” kata pernyataan yang dirilis oleh Dewan Gedung Putih.
 
Baca berita selengkapnya di sini. 

4. Indonesia Bawa Oleh-Oleh Rp125 Triliun Komitmen Investasi dari G20

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan Indonesia berhasil mengantongi sekitar USD8 miliar (setara Rp125 triliun dengan kurs Rp15.600) komitmen investasi dari rangkaian perhelatan KTT G20 tahun ini.
 
Baca berita selengkapnya di sini. 

5. GOTO PHK 1.300 Karyawan

 PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan melakukan perampingan dengan melakukan penyesuaian jumlah karyawan. Sekitar 1.300 karyawan akan mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).  
 
“Sehubungan dengan hal ini, Perseroan dengan berat hati juga telah menyampaikan kepada seluruh karyawan grup GOTO pada hari ini, Perseroan harus mengambil keputusan yang sulit untuk melakukan perampingan karyawan yang akan berdampak kepada 1.300 orang atau sekitar 12 persen dari total karyawan tetap grup GOTO,” jelas pengumuman yang disampaikan secara langsung dalam pertemuan town hall yang dipimpin CEO Grup GOTO Andre Soelistyo.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 

(ANN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.