Desember 8, 2022

Jakarta: Sejumlah artikel di Kanal Nasional Medcom.id menjadi yang terpopuler sepanjang Kamis, 17 November 2022. Mulai dari penetapan tersangka kasus gagal ginjal akut yang menewaskan ratusan anak di sejumlah wilayah Indonesia hingga cara pengendalian penularan covid-19.

Berikut tiga berita terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id:

1. PT Afi Farma dan CV Samudra Chemical Jadi Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut

Bareskrim Polri menetapkan dua korporasi sebagai tersangka dalam kasus gagal ginjal akut yang menewaskan ratusan anak di sejumlah wilayah Indonesia. Kedua korporasi itu adalah PT Afi Farma Pharmaceutical Industries (AF) dan CV Samudra Chemical.
 
“Iya betul (dua korporasi itu ditetapkan tersangka),” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Kamis, 17 November 2022.
 

Dedi mengatakan kedua korporasi diduga melakukan tindak pidana memproduksi obat atau mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar dan atau persyaratan keamanan, khasiat/kemanfaatan dan mutu. Jenderal bintang dua itu menyebut penetapan tersangka dilakukan setelah memeriksa 41 saksi.
 
Selengkapnya baca di sini

2. PT Afi Farma dan CV Samudra Chemical Terancam Denda Rp2 Miliar

Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri menetapkan PT Afi Farma Pharmaceutical Industries dan CV Samudra Chemical sebagai tersangka korporasi kasus gagal ginjal akut. Kedua perusahaan itu terancam denda miliaran rupiah.
 
“Denda paling banyak Rp2 miliar,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Kamis, 17 November 2022.
 
Dedi mengatakan kedua korporasi diduga melakukan tindak pidana memproduksi obat atau mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar dan atau persyaratan keamanan, khasiat/kemanfaatan dan mutu. Penetapan tersangka dilakukan setelah memeriksa 41 saksi.
 
Selengkapnya baca di sini

3. Kendalikan Penularan, Pencegahan Covid-19 Mesti Masif

Guru Besar Mikrobiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Amin Soebandrio mengatakan pencegahan covid-19 harus dimasifkan. Supaya penularan virus itu bisa terkendali.
 
“Cegah jangan sampai tertular dan jangan sampai menjadi sumber penularan bagi orang lain,” kata Amin dalam keterangan tertulis, Kamis, 17 November 2022.
 

Amin mengatakan pandemi covid-19 belum usai. Virusnya masih bersirkulasi di sekeliling kita meski dampaknya tanpa gejala atau bergejala ringan.


Selengkapnya baca di sini
 

(AZF)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.