Desember 8, 2022

Taipei: Seorang pria Taiwan yang secara sukarela berperang di Ukraina tewas di medan perang, kata kementerian luar negeri di Taipei. Pria bernama Tseng Sheng-kuang itu diyakini sebagai warga pertama Taiwan yang tewas dalam konflik Rusia-Ukraina.
 
Kemenlu Taiwan mengatakan bahwa seorang komandan lapangan Ukraina telah mengonfirmasi kematian Tseng yang berusia 25 tahun. Tseng diketahui sempat berperang bersama batalion tentara sukarelawan.
 
Penyebab kematian Tseng tidak disebutkan pihak kementerian, tetapi media Central News Agency (CNA) melaporkan bahwa pria itu terluka dalam pertempuran di kota timur Luhansk dan meninggal akibat kehabisan darah.


“Kami menyampaikan belasungkawa mendalam kepada warga kami yang mengorbankan hidupnya dalam perang di Ukraina. Kami juga memberikan penghormatan atas semangatnya membantu Ukraina dalam membela kebebasan dan demokrasi,” kata Kemenlu Taiwan, dikutip dari laman The Straits Times, Minggu, 6 November 2022.
 
Taiwan akan membantu keluarga Tseng dalam pengaturan perjalanan ke Ukraina untuk keperluan identifikasi jenazah.
 
Istri Tseng mengatakan kepada CNA bahwa suaminya pergi ke Ukraina pada Juni lalu. Komunikasi terakhir berlangsung pada 23 Oktober, saat Tseng mengatakan dirinya akan memulai misi selama lima hari.
 
Selang beberapa waktu, istri Tseng menerima kabar yang dikirim dari ponsel seorang rekan. Disebutkan bahwa Tseng terluka dalam pertempuran, dan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.
 
Sang istri menggambarkan Tseng sebagai “seorang pria jujur ??dengan rasa keadilan yang kuat.”
 
Sebagian masyarakat Taiwan bersimpati kepada Kyiv sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari lalu. Banyak warga Taiwan memiliki kesamaan dengan Ukraina, terutama terkait dengan potensi terjadinya invasi oleh Tiongkok.
 
Tiongkok mengeklaim Taiwan sebagai bagian dari Negeri Tirai Bambu yang sewaktu-waktu dapat ditarik kembali ke daratan utama. Taiwan khawatir apa yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina dapat juga dilakukan Tiongkok suatu saat nanti.
 
Menurut media lokal, saat ini ada sekitar 10 warga Taiwan yang sedang berperang di Ukraina sebagai tentara sukarela.
 
Baca:  2 Warga AS Tewas dalam Pertempuran di Donbas Ukraina
 

(WIL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.