Desember 8, 2022

SURYA.CO.ID – Inilah profil Timnas Spanyol, yang bakal tampil di Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, berdasar hasil drawing Piala Dunia 2022, Timnas Spanyol masuk dalam Grup E bersama tiga grup lainnya yakni, Costa Rica, Jerman, dan Jepang.

Sementara itu, untuk pertandingan pertama Spanyol di Piala Dunia 2022, akan berlangsung pada, Rabu (23/11/2022) waktu setempat, melawan Costa Rica.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Prediksi Calon Bintang di Tiap Grup, Ada Min-jae Kim dari Korsel

Sebelum memulai pertandingan pertama, berikut profil Timnas Spanyol.

Melansir Wikipedia, Timnas Spanyol memiliki beberapa julukan seperti, La Roja (Si Merah), La Furia Roja (Murka Merah), atau La Furia Espanola.

Saat ini, Timnas Spanyol dilatih oleh Luis Enrique.

Spanyol telah memenangkan Piala Dunia FIFA 2010, Euro 2008, dan Euro 2012, sehingga menjadi tim pertama dan satu-satunya yang telah memenangkan tiga turnamen internasional besar dari FIFA berturut-turut.

Pada bulan Juli 2008 Spanyol naik ke puncak Peringkat Dunia FIFA untuk pertama kalinya dalam sejarah tim, menjadi negara keenam ke atas peringkat ini, dan negara pertama ke atas peringkat tanpa sebelumnya memenangkan Piala Dunia FIFA.

Antara November 2006 dan Juni 2009 Spanyol tidak terkalahkan selama 35 pertandingan berturut-turut sebelum kalah dari Amerika Serikat tanggal 24 Juni 2009 pada Piala Konfederasi FIFA 2009.

Spanyol yang sekarang terkenal dengan gaya permainan tiki-taka, yang membuat tim ini menjadi sebuah kekuatan yang dominan di persepak bolaan dunia.

Pada tanggal 1 Juli 2022 tim nasional Spanyol membuat sejarah sepak bola ketika mengalahkan Italia 4-0 di final Euro 2012 dengan gol dari Fernando Torres, Juan Manuel Mata, Jordi Alba, dan David Silva di Kiev Olimpiyskiy Stadium.

Spanyol menjadi tim pertama yang memenangkan dua Kejuaraan Eropa berturut-turut, dan tim sepak bola Eropa pertama yang memenangkan tiga turnamen besar berturut-turut (Euro 2008, Piala Dunia 2010 dan Euro 2012).

Dengan prestasi ini, banyak analis sepak bola, pemain, dan penggemar yang sama-sama menganggap bahwa inkarnasi ini menjadi salah satu tim internasional terbesar yang pernah ada.

Sayangnya secara mengejutkan, Spanyol yang datang dengan status sebagai juara bertahan di Piala Dunia 2014, tidak mampu lolos dari babak grup. Akhirnya Spanyol merosot ke peringkat puluhan di Peringkat Dunia FIFA.

Baca juga: LIVE Opening Ceremony Piala Dunia di SCTV, Ada Konser Kick Off Jamrud, Setia Band, dan Nablla


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.