Desember 8, 2022

RSIA Asih memberikan pelayanan yang berfokus pada kesehatan ibu dan anak, khususnya bagi pasien yang tinggal di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan.

Rumah sakit ini berlokasi di Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasinya cukup strategis, sehingga memungkinkan kamu untuk melakukan pengobatan di rumah sakit ini dengan mudah.  

Sebelum berkunjung ke rumah sakit, mungkin kamu ingin tahu lebih dalam mengenai kredibilitas dan layanan di rumah sakit ini. 

Namun, melalui postingan instagramnya, RSIA Asih mengumumkan bahwa akan berhenti beroperasi mulai 30 Juni 2022 lalu. Tapi, tenang saja, hal ini bukan berarti RSIA Asih akan benar-benar tutup secara permanen, melainkan akan kembali hadir dengan wajah baru.

Dikabarkan RSIA Asih akan berganti nama menjadi RS JWCCasih di mana RSIA Asih berganti manajemen yakni di The JWCC.

Dikabarkan RS JWCCasih atau dikenal dengan RSIA Asih akan mulai beroperasi kembali di pertengahan bulan Juli 2022. Rumah sakit ini khusus didekasikan untuk perempuan dan juga anak-anak.

Profil RSIA Asih

Rumah sakit ibu dan anak ini sudah beroperasi sejak tahun 1977 dan tergolong sebagai rumah sakit tipe B. Secara khusus, rumah sakit ini dikenal sebagai rumah sakit yang memiliki pengalaman dalam bidang ginekologi reproduksi, fetomaternal, dan pediatri atau spesialis anak.

Sejak tahun 2019, rumah sakit ini telah memperoleh akreditasi dengan bintang lima untuk untuk survei akreditasi. Akreditasi ini diberikan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Visi

Rumah sakit ini memiliki visi agar bisa menjadi rumah sakit khusus ibu dan anak terkemuka melalui pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna, penuh kasih sayang, dan fokus pada keselamatan dan kenyamanan pasien guna menciptakan manusia berkualitas, sehat jiwa dan raga. 

Misi

Sementara, untuk misinya, rumah sakit ini bermisi agar bisa menjadikan rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan pilihan masyarakat di bidang obstetri, ginekologi, dan pediatri secara preventif, kuratif, rehabilitatif, dan promotif yang berkesinambungan. 

Dan juga untuk menjadikan rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan yang dipercaya masyarakat karena dikelola secara Good Corporate Governance dengan mengaplikasikan manajemen risiko yang baik dan benar guna menjamin mutu dan keselamatan pasien. 

Alamat RSIA Asih Jakarta Selatan

  • Alamat: Jalan Panglima Polim I Nomor 34, Kebayoran Baru, Melawai, Kota Jakarta Selatan, Kode Pos 12760
  • Email: [email protected]
  • Telepon: (021) 2700 610/09
  • WhatsApp: 0811-8474-006

Layanan rawat jalan poliklinik 

Salah satu jenis layanan utama yang tersedia di RSIA Asih adalah layanan poliklinik, yaitu layanan pengobatan rawat jalan yang terspesialisasi. Ada beberapa layanan poliklinik di rumah sakit ini, antara lain:

1. Poliklinik anak

Layanan poliklinik anak, sesuai namanya, ditujukan untuk memberikan pelayanan rawat jalan secara mumpuni bagi pasien anak. Layanan di poliklinik ini dipandu oleh tenaga medis profesional yang memiliki spesialisasi di bidang pediatri atau pengobatan anak. 

2. Poliklinik kebidanan dan kandungan

Sebagai rumah sakit ibu dan anak, rumah sakit ini juga menyediakan pelayanan pada bidang kebidanan dan kandungan. Poliklinik kebidanan dan kandungan merupakan salah satu layanan rawat jalan di rumah sakit ini. 

3. Poliklinik fertilitas

Di poliklinik fertilitas, pelayanan kesehatan difokuskan pada panduan bagi pasangan yang sedang merencanakan untuk memperoleh keturunan. Layanan ini akan melibatkan pemeriksaan serta diagnosa untuk melacak penyebab masalah kesuburan dan cara untuk mengatasinya. 

4. Poliklinik Fetomaternal

Fetomaternal adalah pelayanan spesialis yang mengatasi masalah pada masa kehamilan, misalnya gangguan perkembangan janin. Selain itu, pelayanan ini juga ditujukan bagi pasien kehamilan risiko tinggi. 

5. Poliklinik Gizi

Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, diperlukan asupan gizi yang cukup. Layanan Poliklinik Gizi di RSIA Asih meliputi pemeriksaan status gizi serta konsultasi dengan ahli gizi. 

Layanan penunjang medis

Selain layanan poliklinik, rumah sakit ini juga dilengkapi dengan berbagai layanan medis penunjang. Beberapa di antaranya seperti: 

1. Unit Gawat Darurat (UGD)

Di rumah sakit, UGD adalah tempat bagi para pasien yang memerlukan pertolongan darurat karena kondisi yang mengancam jiwa. UGD ini beroperasi selama 24 jam dan didukung dengan fasilitas ambulans. 

2. Apotek

Apabila kamu ingin menebus obat resep dari dokter, kamu bisa mengunjungi layanan apotek di RSIA Asih. Apotek ini menerima layanan untuk penyediaan, peracikan, serta pemberian obat bagi pasien. 

3. Laboratorium

Ada juga layanan laboratorium yang disediakan guna mendukung proses pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan darah, urin, genetik, hormon, patologi, imunologi, anatomi, dan lain sebagainya. 

Fasilitas rawat inap di RSIA Asih

Bukan hanya layanan rawat jalan, rumah sakit ini juga menyediakan fasilitas rawat inap bagi pasien yang memerlukan perawatan lebih komprehensif. Kamar perawatan rawat inap di rumah sakit ini dibagi ke dalam beberapa jenis kamar. 

Jenis kamar Kapasitas Tarif kamar
Kelas 2 3 pasien Rp245 ribu
Kelas 1 2 pasien Rp440 ribu
VIP Standard 1 pasien Rp800 ribu
VIP Medium 1 pasien Rp850 ribu
VVIP 1 pasien Rp950 ribu
SVIP Ibu 1 pasien Rp975 ribu
Suite 1 pasien Rp1,3 juta

Masing-masing kamar tersebut dilengkapi dengan fasilitas penunjang perawatan, seperti AC, TV, tempat tidur, meja nakas, lemari, serta kamar mandi. Semakin tinggi tingkat serta tarif kamarnya, maka semakin banyak juga fasilitas tambahan yang diberikan. 

Daftar di atas merupakan daftar kamar untuk rawat inap baik bagi pasien dewasa maupun anak-anak. Selain kamar rawat inap, perlu diperhatikan juga bahwa ada beberapa ruang perawatan yang disediakan untuk menunjang perawatan ibu dan anak.

Beberapa ruang penunjang itu meliputi kamar bayi untuk bayi yang baru dilahirkan, Intensive Care Unit (ICU), kamar isolasi, dan ruang operasi.

Selain itu, ada juga beberapa fasilitas medis tambahan berupa kamar bedah atau kamar operasi, serta layanan radiologi yang meliputi rontgen dan USG

Apakah RSIA Asih bisa menerima pasien BPJS?

Sayangnya, untuk saat ini, RSIA Asih belum menerima pasien BPJS Kesehatan. Jadi, untuk berobat ke RSIA Asih, kamu harus menggunakan uang pribadi sendiri.

Namun, tak perlu khawatir karena RSIA Asih menerima beberapa asuransi kesehatan jika kamu ingin berobat di sini. Kamu bisa membeli asuransi kesehatan terbaik di Lifepal, ya.

Pentingnya memiliki asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan penting dimiliki untuk membantu meringankan finansial kamu dari biaya pengobatan, mulai dari konsultasi, rawat jalan, rawat inap, hingga operasi. 

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu akan lebih tenang karena biaya-biaya rumah sakit sudah dicover oleh perusahaan asuransi.

Selain asuransi, jangan lupa juga untuk mempersiapkan dana darurat, ya. Dana darurat ini dilakukan sebagai upaya berjaga-jaga apabila nantinya ada kebutuhan yang mendesak. 

Hitung besaran dana darurat dengan kalkulator berikut ini. 

Tips dari Lifepal! RSIA Asih memiliki layanan medis khusus untuk ibu dan anak yang cukup lengkap. Apabila kamu tinggal di daerah Kebayoran Baru, kamu bisa berobat di RSIA Asih agar tidak terlalu jauh. 

Lengkapi juga proteksi finansialmu dengan asuransi kesehatan agar biaya berobat tidak membebani. Jangan tunggu sakit baru membuat asuransi kesehatan, sebab akan berpengaruh pada manfaat pertanggungan yang kamu terima nanti. 

Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa langsung menanyakan pada ahlinya di Tanya Lifepal!

Pertanyaan seputar RSIA Asih

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.