Desember 5, 2022

Probolinggo: Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Jawa Timur mengenalkan program pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren (ponpes) ke ribuan santri di Ponpes Tarbiyatul Islam, Probolinggo, Sabtu, 19 November 2022. Kegiatan itu sekaligus mengonsolidasikan dukungan untuk Ganjar Prabowo maju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
 
“Agenda Gema Sholawat dan Doa Bersama hari ini memang kami fokuskan pada program Ganjar Pranowo, yakni pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren,” kata Koordinator Wilayah (Korwil) SDG Jawa Timur Huriyahi dalam keterangannya, Minggu, 20 November 2022.
 
Huri -sapaannya- menerangkan terobosan program yang dilakukan Ganjar merupakan solusi atas persoalan yang dihadapi beberapa ponpes di Jawa Tengah. Sehingga santri bisa memiliki keterampilan kewirausahaan setelah mengenyam pendidikan di ponpes.


“Sebelum kegiatan akbar ini kami mulai, kami sudah memberikan pelatihan dan pendampingan wirausaha sesuai dengan program yang saat ini dilakukan Pak Ganjar di Jateng,” ungkap Huri.
 
Dia berharap para santri di Jawa Timur, khususnya Probolinggo bisa merasakan kinerja Ganjar Pranowo melalui kehadiran relawan SDG. Huri menerangkan para santri telah mulai mengimplementasikan hasil pelatihannya dengan membuka peluang usaha.

Berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag), Jawa Timur memiliki santri paling banyak, yakni 564.299 orang. Angka itu menyumbang sebesar 34 persen dari total 1,64 juta santri di ponpes se-Indonesia per September 2022.
 
“Tentu saja ini menjadi suatu basis komunitas yang cukup besar, mengingat Pak Ganjar juga memprioritaskan program bagi para santri,” kata dia. 
 
Dia mengaku potensi dan peluang dari para santri sangat besar. Pihaknya, kata Huri, akan terus melakukan kegiatan untuk mengasah keterampilan santri sekaligus memperkuat jaringan program Ganjar Pranowo. 
 
“Saya targetkan minimal 90 persen lah dari total santri memilih Pak Ganjar berdasarkan respon dan animonya sendiri saya sangat yakin,” jelas dia.
 
Selain itu, SDG Jawa Timur juga gencar melakukan kegiatan lainnya. Antara lain  memberikan bantuan sembako, bantuan pendidikan bagi anak yatim piatu, serta bantuan untuk majelis taklim di Jawa Timur. 
 

(LDS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.