Desember 5, 2022

SURYA.CO.ID – Sholat Tahajud adalah ibadah sholat sunnah yang memiliki keutamaan dapat mengangkat derajat ke tempat terpuji, adapun tata cara mengerjakannya adalah malam hari setelah tidur, dan dianjurkan membaca surat pendek yang dianjurkan.

Adapun salah satu dalil keutamaan Sholat Tahajud adalah sebagai berikut:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya, “Pada sebagian malam, tahajudlah sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji,” (Surat Al-Isra ayat 79).

Sholat Tahajud Membaca Surat Pendek Apa?

Ustadz Abdul Somad menyampaikan saat mengerjakan Sholat Tahajud, umat Islam dapat memililih bacaan-bacaan pendek sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Allah SWT berfirman dalam Surat Muzammil, bahwa surat pendek yang dibaca dalam Sholat Tahajud sebaiknya yang mudah, menurut kemampuan masing-masing individu.

Simak berikut ulasan lengkapnya, terkait surat pendek untuk Sholat Tahajud.

“Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwa engkau (Muhammad) berdiri (sholat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersamamu. Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menentukan batas-batas waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur’an; Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit, dan yang lain berjalan di bumi mencari sebagian karunia Allah; dan yang lain berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur’an dan laksanakanlah sholat, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Muzammil ayat 20).

Surat Al Ikhlas

Ustadz Abdul Somad menjelaskan salah satu surat pendek  yang dianjurkan adalah Surat Al Ikhlas.

Surat Al Ikhlas itu serupa dengan sepertiga Alquran. Sehingga membaca Surat Al Ikhlas saat sholat tahajud seperti menghatamkan Alquran.

“Bagi yang sanggup betul-betul hatam, hatamkan Alquran. Bagi yang tidak sanggup ia tetap tahajud dan baca qulhullah (Surat Al Ikhlas),” kata Ustadz Abdul Somad dikutip dari ceramahnya yang diunggah akun Jalan Hijrah pada 6 Maret 2021.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.