Desember 6, 2022

SURYA.CO.ID – Sosok penyebar video Urip Saputra saat beraksi menjadi mayat hidup lagi di Bogor kita menjadi buruan polisi. 

Penyebar video aksi Urip Saputra ini terancam dijerat pidana karena menyebarkan informasi yang tidak benar alias hoax. 

Menurut Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin jika penyebar video Urip Saputra memiliki tujuan menyebarkan berita yang tidak benar, maka bisa dikenakan hukuman.

“Sedang didalami siapa, kalau memang itu dengan menyebarkannya menimbulkan sesuatu yang merugikan khalayak atau merugikan seseorang atau subjek hukum lain bisa saja itu berpotensi menjadi sebuah perbuatan pidana,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (17/11/2022).

Menurut Iman, hal itu dilakukan untuk meluruskan isu yang tengah berkembang di tengah masyarakat agar tidak menerima informasi yang tidak benar, sehingga berasumsi yang tidak tidak ke pemikiran lain irasional.

Baca juga: TABIAT Urip Saputra Mayat Hidup Lagi Palsu di Bogor Dibeber Ketua RT, Kisahnya Disorot Media Asing

Selain memburu penyebar video, saat ini, Polres Bogor tengah mencari keberadaan Urip Saputra (40), pria yang sempat mengaku hidup lagi setelah mengalami kematian.

Tak hanya Urip, sang istri juga tengah diburu polisi.

Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Yohannes Redhoi Sigiro mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah meminta keterangan kurang lebih dari 10 saksi yang berkaitan dengan kejadian tersebut.

“Untuk kejadian tersebut, kami sampai saat ini masih mengadakan penyelidikan, sudah beberapa saksi yang kami periksa, antara lain sopir ambulans sejumlah dua orang. Kemudian dari pihak hotel di mana tempat dia berangkat dari Jakarta Selatan dua orang, kemudian dari saksi warga setempat yang pada saat itu ikut menyambut dan menurunkan peti serta menyaksikan membuka peti,” katanya, Jumat (18/11/2022).

Seperti diketahui, keberadaan Urip Saputra hingga kini masih misterius. 

Tak cuma misterius, Urip Saputra yang selama ini tinggal di Perumahan Ambar Telaga Residence 2, Mekarsari, Rancabungur, Kabupaten Bogor, juga dikenal tertutup. 

Hal ini diakui Abdul, Ketua RT 1/1 Desa Mekarsari, tempat tinggal Urip Saputra. 

Abdul mengaku sampai saat ini belum bertemu dan mengenal Urip meski pria viral berusia 41 tahun itu tinggal di lingkungannya. 

Bahkan, menurut Abdul, sejak tinggal di lingkungannya, Urip belum melapor padanya. 


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.