Desember 4, 2022

Jakarta: Spotify meluncurkan fitur isolasi audio satu tombol bertajuk Podcast Audio Enhancement, di aplikasi Spotify Anchor untuk kreator podcast. Fitur ini membutuhkan satu tekanan tombol di aplikasi Anchor.
 
Mengutip Engadget, menekan tombol tersebut akan meredam suara di latar belakang, menjadikan suara kreator lebih terdengar. Dengan demikian, jika ingin merekam episode terbaru di lingkungan yang berisik, kreator dapat melakukannya, meski efektivitas fitur ini belum dapat dipastikan.
 
Selain itu, aplikasi Anchor memungkinkan kreator untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur secara manual selama pemutaran rekaman untuk membandingkan hasil. Spotify bukan satu-satunya perusahaan teknologi besar yang berinvestasi di ranah isolasi suara, karena kemajuan AI mampu menghasilkan filtrasi lebih baik tanpa mikrofon dinamis yang mahal.


Sebagai contoh, Zoom dan Google Meet menawarkan teknologi peredaman suara di latar belakang dalam aplikasi rapat virtual karyanya. Namun, upaya Spotify meningkatkan audio ke titik cukup baik untuk dirilis sebagai podcast dinilai sedikit lebih sulit dibandingkan hanya menjernihkan audio di panggilan video.
 
Setelah menghadapi krisis PR Joe Rogan pada awal tahun ini, Spotify terus memacu diri untuk menjadikan platform karyanya sebagai layanan lengkap terkait produksi dan pengalaman mendengarkan podcast.
 
Upaya Spotify ini dimulai pada tahun 2017 lalu dan diakselerasi dalam beberapa tahun setelahnya, terutama karena podcast terbukti kian menguntungkan. Layanan streaming musik ini mengakuisisi perusahaan penerbit, mencapai kesepakatan yang sekarang sudah tidak berlaku dengan Obama dan memanfaatkan alat produksi online seperti Soundtrap.
 
Spotify mengakuisisi Anchor pada tahun 2019 senilai USD150 juta (Rp) dan sejak saat itu, perusahaan asal Swedia ini memanfaatkan layanan Anchor untuk memudahkan dan menyederhanakan proses produksi podcast.
 
Sebelumnya, Spotify baru saja mengumumkan versi baru dari aplikasi watchOS untuk Apple Watch. Sebagian besar peningkatan yang diusung update ini terkait visual dengan animasi yang mendapatkan perhatian terbesar.
 
Tab Your Library kini berisi seluruh musik dan podcast kesukaan, serta musik yang telah diunduh. Sampul album berukuran lebih besar diyakini Spotify akan membantu pengguna menavigasikan Your Library secara lebih baik, dengan animasi lebih halus.
 

(MMI)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.