Desember 6, 2022

Jakarta: Direktur Utama (Dirut) Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Rakhmadi Afif Kusumo, mengatakan bahwa timnas Indonesia bisa menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk Piala AFF 2022.
 
“Insyallah (bisa digunakan untuk AFF). Kami sudah berkontak dengan PSSI,” kata Rakhmadi di SUGBK, Jakarta seperti dilansir Antara, Selasa (8/11/2022).
 
Dia melanjutkan, Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi sudah meninjau SUGBK dan tinggal menunggu inspeksi dari Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).


“AFF harus melihat langsung karena mereka memiliki standar untuk stadion yang mirip dengan FIFA. Kalau lolos (verifikasi), SUGBK bisa menjadi kandang Indonesia di Piala AFF 2022,” tutur Rakhmadi.
 
Sebelumnya, PSSI menyatakan ada enam stadion Piala Dunia U-20 2023, termasuk SUGBK, yang sedang dipersiapkan untuk menyambut Piala AFF 2022 serta kegiatan-kegiatan lain pada bulan ini. Oleh karena itu, stadion-stadion tersebut tidak bisa digunakan dalam beberapa waktu belakangan ini.
 
Rakhmadi sepakat, renovasi stadion memerlukan waktu setidaknya enam bulan sebelum penyelenggaraan turnamen supaya maksimal. Terlebih, Piala Dunia U-20 dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni tahun depan.
 
Namun, khusus untuk SUGBK, Rakhmadi menegaskan tetap aman dipakai untuk Piala AFF pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023 lantaran renovasinya nyaris selesai atau hanya perlu perbaikan kecil soal pagar pembatas di dalam stadion dan peningkatan kecepatan sambungan internet ruang media.
 
“Kami sudah curi start. Piala Dunia U-20 ini kan tadinya bakal digelar pada 2021. Jadi, kami sudah merapikan dan meningkatkan kualitas rumput serta memperbaiki saluran air sejak jauh-jauh hari,” ujar Rakhmadi.
 
Pada Piala AFF 2022, Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam. Tak seperti edisi sebelumnya yang bergulir terpusat karena pandemi covid-19, Piala AFF kali ini kembali menggunakan format kandang-tandang.
 

Semua tim akan saling berhadapan satu sama lain sebanyak dua kali pada fase grup dan dua tim terbaiknya (juara grup & runner-up) berhak melaju ke semifinal. Indonesia sendiri sudah dijadwalkan untuk menghadapi Kamboja pada 23 Desember dan Thailand pada 29 Desember. (ANT)

 

(KAH)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.