November 30, 2022

Jakarta: Hasil survei Indekstat Indonesia menunjukkan pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir unggul dalam simulasi Pilpres 2024. Duet Ganjar-Erick memperoleh elektabilitas sebesar 32 persen.
 
“Dalam beberapa skenario simulasi pasangan, Ganjar cenderung unggul terhadap pasangan lainnya ketika berpasangan dengan Erick Thohir,” kata Deputi Direktur Eksekutif Indekstat, Rikola Fedri.
 
Menurut survei, duet Ganjar-Erick mengalahkan duet Menteri Pertahanan Prabowo Subianto-Ketum PKB Muhaimin Iskandar yang memperoleh elektabilitas sebesar 26,7 persen dan duet Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono dengan angka 22,9 persen. 


Dalam simulasi tersebut, para simpatisan PDI Perjuangan di Indonesia solid mendukung pasangan Ganjar-Erick menjadi pemimpin Indonesia meneruskan tongkat estafet Jokowi-Ma’ruf Amin. Pasangan ini mendapatkan dukungan sebesar 64.2 persen dari simpatisan partai bergambar banteng tersebut.
 
Survei Indekstat juga menampilkan pasangan Ganjar-Erick unggul di lima wilayah Indonesia yaitu Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Dari kelima  wilayah tersebut disederhanakan menjadi tiga yakni Jawa, Bali Nusa dan Maluku Papua.
 
Di Jawa dan Bali Nusa, Ganjar-Erick tidak terkejar dengan elektabilitas sebesar 39,1 persen dan 46,7 persen. Kemudian pasangan Prabowo-Muhaimin dan Anies-AHY kompetitif di pulau Jawa dengan masing-masing elektabilitas 25,9 persen dan 22,5 persen.
 
Sedangkan untuk Bali Nusa, elektabilitas Prabowo–Muhaimin hanya di angka 10 persen dan Anies-AHY di angka 21,7 persen. Sementara di wilayah Maluku Papua, Ganjar-Erick semakin jauh meninggalkan pesaingnya dengan elektabilitas sebesar 36,7 persen disusul Prabowo-Muhaimin serta Anies-AHY dengan elektabilitas sebesar 30 persen dan 23,3 persen.
 
Indekstat juga membedah perolehan suara Ganjar-Erick di Pulau Jawa. Duet tersebut terlihat unggul mutlak di daerah Jateng dengan elektabilitas sebesar 71,2 persen dan di Jatim unggul bersaing bersama pasang Prabowo-Muhaimin di angka 36,3 persen dan 30 persen.
 
“Indekstat juga mengungkapkan referensi dari pemilih Ganjar-Erick adalah 64,2 persen dari pendukung PDI Perjuangan,” kata Fedri.
 

(ALB)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.