Desember 6, 2022

SURYA.CO.ID – Berikut syarat ikut upacara Hari Pahlawan di Balai Kota Surabaya bersama Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Syarat ikut upacara Hari Pahlawan yang berlokasi di Balai Kota Surabaya diumumkan melalui unggahan Instagram @surabaya, Senin (7/11/2022).

Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengadakan upacara memperingati Hari Pahlawan pada 10 November mendatang.

Jadwal upacara Hari Pahlawan di Balai Kota Surabaya diselenggarakan mulai pukul 07.30 WIB.

Sama seperti tahun sebelumnya, lokasi Upacara Hari Pahlawan 2022 digelar di Halaman Balai Kota Surabaya di Jalan Walikota Mustajab No 59.

Yang membedakan adalah tahun ini Pemkot Surabaya mengizinkan masyarakat khususnya warga Surabaya untuk berpartisipasi dalam upacara Hari Pahlawan 2022.

Namun, tak sembarang orang bisa langsung mengikuti upacara Hari Pahlawan, sebab calon peserta harus melakukan pendaftaran secara online.

Adapun syarat yang harus dipenuhi ketika mengikuti upacara Hari Pahlawan di Balai Kota Surabaya, adalah sebagai berikut:

  • Memakai pakaian bertema perjuangan (bukan baju/kaos loreng)
  • Dalam kondisi sehat selama mengikuti upacara

Khusus Hari Pahlawan

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berencana menggratiskan naik Bus Trans Jatim sehari penuh pada Hari Pahlawan 10 November 2022.

“Insya Allah nanti tanggal 10 November 2022, tarif Bus Trans Jatim digratiskan untuk masyarakat. Pembebasan tarif selama satu hari penuh ini merupakan layanan dari Pemprov Jatim untuk memperingati Hari Pahlawan,” jelas Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (7/11/2022) pagi.

Gubernur Khofifah berharap masyarakat bisa memanfaatkan momen ini semaksimal mungkin. Dengan harapan minat masyarakat menggunakan transportasi umum Bus Trans Jatim akan semakin meningkat sehingga mengurangi kepadatan kendaraan, menjaga keamanan berkendara dan juga tentunya lebih hemat.

“Berdasarkan data Dinas Perhubungan Jatim, untuk saat ini rata-rata pengguna angkutan massal Trans Jatim ini 3.500 sampai 4.000 penumpang per hari. Dengan adanya pembebasan tarif di Hari Pahlawan ini diharapkan shifting masyarakat dari roda dua ke angkutan umum bertambah,” harapnya.

Lebih lanjut Khofifah menerangkan bahwa bus Trans Jatim dilengkapi dengan fasilitas keamanan. Di mana setiap armada Bus Trans Jatim telah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang menunjang keamanan berkendara.

Seperti teknologi AI yang terpasang di beberapa komponen, yang meliputi MDVR, CCTV, driver safety monitoring (DSM), advanced driver assistance system (ADAS), indicator R-Watch, touch panel dan reverse camera.

Perangkat seperti DSM ini dapat memberikan driver behavior analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi. Begitu juga adanya perangkat ADAS dan indicator R-Watch dapat memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan atau jika terjadi potensi tabrakan depan.

“Silakan memanfaatkan layanan Bus Trans Jatim. Busnya nyaman dan aman. Juga sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih,” ujar Khofifah.

Sebagai informasi, Bus Trans Jatim diluncurkan pada pertengahan Agustus lalu. Sejak itu sebanyak 22 armada bus Trans Jatim beroperasi. Moda transportasi ini berangkat pulang pergi (PP) dari Terminal Porong Sidoarjo, Bus Trans Jatim Koridor I ini melintasi rute tujuan Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih, Sidoarjo, dan berakhir di Terminal Bunder Gresik.

Di hari-hari biasa, Bus Trans Jatim bisa dimanfaatkan masyarakat dengan tarif yang sangat terjangkau. Untuk umum Rp 5.000, sedangkan pelajar sekolah atau santri Rp2.500. Selamat menyambut Hari Pahlawan 10 November 2022. 


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.