Desember 6, 2022

Nusa Dua: Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di hari kedua, Rabu, 16 November 2022, menghasilkan pernyataan bersama berupa Deklarasi Pemimpin atau Leaders’ Declaration. Terdapat 52 poin dalam deklarasi ini, termasuk seputar perang Rusia-Ukraina.
 
Menurut negara-negara anggota G20, agresi Rusia di Ukraina sejak Februari lalu telah berimbas buruk terhadap perekonomian global.
 
“Kami menekankan kembali posisi nasional kami dalam berbagai fora lain, termasuk di DK PBB dan Majelis Umum PBB, yang mengecam keras agresi Federasi Rusia terhadap Ukraina, dan meminta Rusia menarik semua pasukannya tanpa syarat dari Ukraina,” demikian tertulis di poin ketiga Leaders’ Declaration G20.


“Sebagian besar negara anggota mengecam perang di Ukraina, dan menekankan bahwa konflik tersebut telah menimbulkan penderitaan besar bagi manusia serta memperburuk kerapuhan ekonomi global.”
 
Dalam konteks ekonomi, dampak buruk perang Rusia meliputi memperlambat pertumbuhan, meningkatkan inflasi, mengganggu rantai pasokan, memperburuk ketahanan energi dan pangan, serta meningkatkan risiko stabilitas finansial.
 
G20 menyadari ada beberapa pandangan berbeda seputar situasi terkait perang Rusia di Ukraina. Namun semua sepakat bahwa perang tersebut harus segera diakhiri karena berdampak buruk terhadap banyak hal.
 
“Kami mengakui bahwa G20 bukan forum untuk menyelesaikan isu keamanan, tapi kami mengakui bahwa isu keamanan dapat memiliki konsekuensi signifikan terhadap perekonomian global,” ungkap Leaders’ Declaration G20.
 
Para pemimpin G20 juga menekankan pentingnya menegakkan hukum internasional dan sistem multilateral untuk menjaga perdamaian dan stabilitas. Ini termasuk membela semua Tujuan dan Prinsip dalam Piagam PBB dan mematuhi hukum humaniter internasional, termasuk perlindungan warga sipil dan infrastruktur dalam konflik bersenjata.
 
“Penggunaan atau ancaman penggunaan senjata nuklir tidak dapat diterima. Penyelesaian konflik secara damai, upaya mengatasi krisis, serta diplomasi dan dialog, sangat penting. Era saat ini tidak boleh menjadi era peperangan,” tutur Leaders’ Declaration G20.
 
Baca:  Pemimpin G7 Gelar Rapat Darurat di Sela KTT G20, Kecam Serangan Rusia
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id.
 

(WIL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.