Desember 5, 2022

Perjalanan setiap orang meniti karir tentu berbeda-beda. Ada orang yang berjuang untuk mencapai profesi tertentu, seperti dokter, pengacara, polisi dan lainnya, dan ada orang yang meniti karir dengan membangun bisnis yang diidamkan dari nol. Pada artikel ini, Anda akan mendapati berbagai tips memilih rekan bisnis yang tepat untuk sebagai langkah awal membangun bisnis. 

Yup, membangun bisnis tentu bukan hal yang  mudah. Mulai dari memikirkan akan berbisnis di bidang apa, sasarannya siapa, bagaimana menjalankannya, konsep apa yang akan digunakan, hingga memiliki rekan bisnis yang dapat dipercaya. 

Memilih partner atau rekan bisnis adalah salah satu hal krusial yang perlu dilakukan dengan tidak sembrono. Layaknya jodoh, memilih rekan bisnis tentu perlu dilakukan dengan berbagai pertimbangan agar bisnis yang dijalankan tidak kAndas di tengah jalan.  Rekan bisnis hadir agar cara pAndang Anda terhadap sesuatu dapat dilihat dalam perspektif lain. 

Dengan adanya rekan bisnis, Anda dapat memiliki teman bertukar pikir, sinergi modal dan tenaga, memperluas relasi, dan lainya. 

Dalam memilih rekan bisnis, tak jarang orang yang memilih teman dekat, kerabat, pasangan atau sekedar kenalan saja. Namun terlepas dari siapa dan apa hubungannya dengan Anda, perlu digaris  bawahi bahwa penilaian memilih rekan bisnis haruslah objektif agar penilaian yang dihasilkan tidak bias. 

Untuk menilai mana rekan yang dapat Anda percaya untuk menjadi partner yang baik, berikut ini beberapa tips memilih rekan bisnis yang tepat. 

Tips memilih rekan bisnis yang tepat

Beberapa tips memilih rekan bisnis yang tepat bagi Anda yang ingin memulai bisnis dan menjadi wirausaha yang hebat akan disajikan dalam uraian berikut ini. 

1. Jujur dan bertanggung jawab

Tips memilih rekan bisnis yang tepat pertama adalah memastikan bahwa orang yang ingin Anda ajak membangun bisnis adalah orang jujur dan bertanggung jawab. Anda bisa melihat kesehariannya dan menilai bagaimana orang tersebut menyelesaikan amanah yang pernah diberikan kepadanya. 

Ingat, bahwa berbisnis adalah pekerjaan dengan resiko yang tinggi. Menjadi seorang wirausaha artinya harus siap dengan berbagai tantangan. Ada kalanya Anda mungkin memperoleh keuntungan yang besar, ada kalanya Anda akan mengalami kerugian yang tidak sedikit. Rekan bisnis tentu harus selalu ada di setiap proses jatuh bangun bisnis yang dijalankan.

Tak jarang sebuah bisnis hancur sebab rekan yang diajak membangun bisnis membocorkan rahasia atau informasi internal usaha, sehingga tentu rekan yang jujur sangat penting dimiliki. Tanggung Jawab yang diemban tentu haruslah dijalankan sebaik mungkin agar bisnis yang dijalankan bisa sukses dan dikenal banyak orang. 

2. Saling terbuka satu sama lain

Saling terbuka satu sama lain dalam satu tim bisnis harus dilakukan. Sebelum memilih seseorang menjadi rekan, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa orang tersebut dapat Anda ajak bicara dan terbuka atau tidak. Sebab dalam berbisnis, setiap rekan tentu harus saling terbuka dan saling percaya. 

Informasi penting dalam sebuah usaha perlu diketahui para pemilik bisnis tersebut agar tidak ada yang merasa dicurangi dan Anda dapat membuat keputusan bersama yang dapat mengembangkan bisnis Anda. 

3. Memiliki tujuan, visi dan misi yang sama

Tips memilih rekan bisnis yang tepat selanjutnya adalah Anda dan rekan Anda memiliki tujuan, visi serta misi yang sama. Kesamaan persepsi terhadap apa yang hendak dicapai dan apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapainya menjadi hal penting untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 

Bayangkan saja jika Anda dan rekan bisnis Anda memiliki tujuan berbeda, pasti bisnis yang Anda jalankan tidak akan berkembang bahkan kAndas di tengah jalan. Hal ini karena langkah-langkah yang seharusnya Anda lakukan tidak terarah dan asal jalan saja. 

4. Profesional dalam bekerja

Dalam pekerjaan apapun, seseorang yang profesional tentu menjadi sosok ideal yang dibutuhkan. Dalam hal ini, teman yang akan dijadikan rekan bisnis dapat memisahkan masalah pribadi dan masalah kerjaan agar keduanya tidak terganggu. 

Sebab, tak jarang ditemui, ada orang yang sulit memisahkan masalah kerjaan dan pribadi sehingga pekerjaan yang dihasilkan berantakan dan tidak memberikan hasil yang baik. Mood yang mudah berubah tentu akan mengganggu pekerjaan.

5. Memiliki relasi yang luas

Saat berbisnis, relasi tentu menjadi hal penting yang perlu dimiliki. Dengan relasi yang luas, bisnis yang Anda jalankan akan lebih mudah berkembang sebab wilayah yang dapat dijangkau lebih bervariasi.  Bahkan, Anda akan lebih mudah mendapatkan investor untuk mempercepat keberlangsungan bisnis Anda. 

6. Berpikir terbuka

Tips memilih rekan bisnis lainnya adalah memilih orang yang memiliki pikiran terbuka, artinya, orang tersebut dengan senang hati dapat menerima masukan dan kritikan dan selalu berusaha memperbaiki apa yang dianggap masih kurang. 

Masukan dan kritikan yang diterima menjadi evaluasi tersendiri yang dapat membuat bisnis yang dijalankan semakin baik dari waktu ke waktu. Selain dapat menerima kritikan, pilihlah rekan yang dapat memberikan masukan dan kritikan dan dapat menyampaikannya dengan baik yah.

7. Memiliki keinginan untuk belajar yang tinggi

Berbisnis dan memulai usaha adalah pekerjaan yang tidak ada hentinya. Anda harus terus belajar agar tidak tertinggal dari orang lain. Memiliki rekan bisnis yang memiliki keinginan untuk terus belajar adalah sebuah anugrah yang tentu harus disyukuri. Dengan terus belajar, bisnis yang dijalankan akan terus berkembang dan tidak hanya stagnan dalam satu pencapaian tertentu. 

Itulah beberapa tips memilih rekan bisnis yang tepat yang dapat Anda gunakan agar tak menyesal dan bisnis yang dijalankan dapat terus berkembang dan sukses.



Artikel ini bersumber dari dewabiz.com.