Desember 5, 2022

Pelaku UMKM memang disarankan untuk memiliki website sendiri. Dikarenakan di zaman yang serba memanfaatkan internet. Jadi sangat penting bagi pelaku UMKM untuk mempunyai website yang memuat produk mereka.

Adanya website dapat meningkatkan kredibilitas usaha. Orang-orang akan menyimpulkan bisnis Anda sebagai bisnis yang terpercaya. Melalui website, para konsumen juga dapat melihat apa saja produk yang Anda jual.

Website dapat diisi sebagai toko online yang sangat dipercaya. Apa jadinya UMKM jika tidak ada dukungan dari website ? lantas dari mana konsumen akan mengetahui produk Anda? namun, sangat disayangkan di Negara ini banyak UMKM yang belum memanfaatkan website sepenuhnya.

Hal ini diakibatkan oleh masalah finansial serta rendahnya pembelajaran dalam membuat website. Bisa dibayangkan jika keuntungan suatu UMKM kecil. Maka tentunya tidak akan mau membuat website. Apalagi notabennya website membutuhkan hosting.

Alasan Penggunaan Website Bagi UMKM

Ada sejumlah alasan mengapa pemakaian website untuk UMKM ini begitu penting. Berikut ini informasi lebih lengkapnya:

1. Upaya Meningkatkan Kredibilitas

Di zaman yang serba digital. Banyak orang yang mencari informasi lewat internet. Dari informasi bisnis, politik bahkan harga produk. Jika UMKM tidak memiliki website yang memudahkan konsumen mencari produk. Pastinya UMKM tidak akan dikenal dan diindahkan banyak orang.

Jika sudah begini, sangat sulit UMKM untuk bisa berkembang. Maka dari itu diperlukan website, dimana pelaku UMKM mempunyai situs resmi untuk mengunggah produknya. Selain itu UMKM juga disarankan untuk memiliki social media agar para konsumen bisa mudah melihat produk apa saja yang dijual.

Website akan memberikan sebuah informasi mengenai apa saja yang hendak dicari pelanggan. Tidak hanya itu, adanya website juga akan memperbaiki kredibilitas bisnis Anda. Melalui perencanaan yang dilakukan secara mantap, maka Anda akan mampu menemukan apa yang dibutuhkan para pelanggan.

Tentunya kelebihan ini akan membuat para pengunjung menjadi puas. Website akan memberikan citra yang baik dan mampu menarik berbagai konsumen manapun. Maka dari itu buatlah website yang profesional dan responsive.

2. Menghemat Pembiayaan

Website bisa disebut sebagai investasi dalam jangka panjang. Jika UMKM Anda memiliki website, Anda tidak perlu melakukan promosi lewat media cetak seperti koren, pamphlet dan lainnya.

Cukup taruh produk Anda dalam website dan sebarkan ke media sosial. Dengan begitu banyak konsumen akan melihat produk Anda. Jika dibandingkan dengan memasang iklan, event dan lainnya. mempromosikan produk di website jauh lebih murah.

Anda bisa mengira siapa target konsumen Anda mellaui traffic data pengunjung. Tentunya hal ini akan sangat penting dalam menentukan desain produk yang hendak dibuat. Selain itu meskipun Anda tidak terlalu paham dengan website.

Anda bisa menyewa jasa maintenance untuk mengupgrade website. Anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang akan dikeluarkan. Semuanya jauh lebih murah jika dibandingkan menyewa jasa periklanan atau lainnya.

3. Dapat Memberikan Informasi Ke Pelanggan

Jika Anda menggunakan website sebagai salah satu jenis kebutuhan Anda. Maka Anda bisa melakukan perubahan dalam hal yang mendesak sekalipun. Anda tinggal membuka website dan memperbarui informasi seputar produk atau toko online Anda.

Cara ini jauh lebih praktis dibanding Anda menyewa periklanan di media. Kenyataannya, website adalah media yang paling pas dalam menyebarkan informasi. Selain karena banyak orang yang menggunakan smarthphone dan mencari sesuatu lewat internet. Adanya website juga mampu menjadi perantara informasi antara pebisnis dan pelanggan.

Anda bisa membuat postingan berupa harga, promosi, sumber daya dan lainnya. pastinya informasi yang Anda sampaikan akan awet. Sangat berbeda dengan surat atau iklan cetak yang mudah rusak.

Anda juga bisa menambahkan konten berupa video di youtube, tik tok dan lainnya. jangan lupa selalu menyebarkan setiap kegiatan di media sosial. Agar semua orang bisa melihat dan mengenal produk Anda lebih jauh.

4. Kemudahan dalam Mengakses Website

Website sangat berbeda dengan toko offline. Para pengunjung bisa mengakses toko online di website dua puluh empat jam, kapanpun dan dimanapun berada. Tidak seperti di toko offline yang hanya buka di jam tertentu.

Melalui cara ini Anda secara tidak langsung mampu meningkatkan kenyamanan konsumen. Para konsumen tetap bisa mencari dan melihat-lihat produk jika toko offline Anda sudah tutup.

Tidak hanya itu terdapat juga fitur pemesanan yang akan diatur dalam website. Jadi para pelanggan dapat memesan barang yang mereka inginkan. Serta melakukan transaksi pembayaran barang tersebut.

5. Mampu Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Website mampu menjadi nilai plus dalam meningkatkan pelayanan pelanggan. Jika Anda mendesain website dengan unik dan fast respon. Maka banyak konsumen yang menyukai website Anda.

Tentunya hal ini akan meningkatkan pengalaman belanja sehingga para konsumen akan mengunjungi website Anda kembali. Pastikan semua hal-hal terkait produk terinformasi dengan lengkap.

Misalnya Anda menjual pakaian, maka Anda bisa menambahkan kain dan sebagainya. Informasi yang detail akan membuat pelanggan makin yakin membeli produk Anda.

Manfaat Website Bagi Bisnis

Ada sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan jika  menggunakan website. Diantaranya:

1. Mampu Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Ketika Anda mempunyai website yang memuat bisnis. Itu bisa menjadi peluang untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Sehingga orang akan menganggap bahwa bisnis Anda adalah bisnis terpercaya bukan bisnis abal-abal.

2. Menjadi Media Informasi

Website mampu menjadi media informasi seputar bisnis Anda. Melalui website Anda bisa mencantumkan beberapa kondisi seperti produk, harga, cara penggunaan, bahan dan lainnya.

3. Menjadi Sarana Promosi

Website juga mampu menjadi sarana promosi bagi bisnis. Anda bisa mengunggah produk yang Anda jual di website. Melalui cara ini secara tidak langsung, Anda mempromosikan produk Anda kepada pengunjung.

Itu dia alasan pentingnya menggunakan website pada pelaku UMKM. Anda tidak bisa menganggap remeh website dikarenakan manfaatnya yang sangat lumayan. 

Jadi tunggu apa lagi, segera buat website untuk UMKM Anda sekarang juga.



Artikel ini bersumber dari dewabiz.com.